fbpx
Uncategorized

Tempat Kursus SAT di Jakarta

By May 26, 2018 March 16th, 2019 No Comments

Tempat Kursus SAT di Jakarta – Untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri ternyata selain mahir berbahasa Inggris juga harus sedikit banyak menguasai ilmu eksakta dengan baik juga. Beberapa universitas meminta gambaran calon mahasiswanya baik di bidang linguistik (bahasa) maupun matematik. Bagi mereka yang ingin mengambil jurursan matematika atau fisika murni misalnya, mereka diharuskan untuk mengambil sertifikat Scholastic Aptitude Test (SAT) yang dirancang untuk mengetahui sampai sejauh mana kemampuan calon mahasiswa mengerti bidang ilmu pasti meskipun menggunakan bahasa Inggris.

Tempat Kursus SAT

Tempat Kursus SAT di Jakarta

Ada banyak Tempat Kursus SAT di Jakarta yang tersebar di beberapa wilayah, jika anda berminat anda bisa mengunjugi Westwood Prep untuk mengikuti kursus SAT terbaik di jakarta.

Scholastic Aptitude Test (SAT) tidak jauh berbeda dengan TOEFL, TOEIC, IELTS, GRE, GMAT dan jenis ujian berbahasa Inggris lainnya. Ada sesi menulis (writing), ada sesi membaca (reading) dan ditambah dengan sesi matematika (math).

  • Pada sesi menulis (writing), kita akan dihadapkan pada pemecahan masalah, membetulkan kalimat yang salah serta memperbaiki paragraph yang memiliki kesalahan. Selain itu terkadang terdapat bagian yang harus menggunakan nalar dan logika kita dlam emmecahkan suatu masalah. Dari sinilah kita akan dilihat pemahamannya terhadap suatu hal oleh penguji.
  • Pada sesi membaca (reading), kita harus menjawab pertanyaan dari kalimat yang dikosongkan secara tepat. Artikel yang disuguhkan biasanya artikel ilmiah dan teknis sehingga perlu adanya pemahaman dan pembelajaran sebelumnya sebelum meghadapi soal.
  • Sesi matematika akan berisi tentang menganalisa data baik berupa grafik, data primer atau sekunder, probabilitas, notasi fungsi, geometri, sifat garis singgung, manipulasi eksponen, fungsi eksponen, dan rumus aljabar. Tidak semua materi disajikan dengan soal – soal yang sulit, biasanya muncul dalam bentuk sederhana.
Baca Juga  Les bahasa inggris untuk gmat

Secara tidak langsung metode ujian MATH memang terfokus pada minat dan bakat yang terkait dengan matematika. Tidak semua universitas meminta SAT sebagai syarat wajib masuk kampus, namun ada pula yang meminta sebagai syarat dan biasanya universitas yang berbasis teknologi. Ujian SAT terbagi menjadi dua tipe SAT I & SAT II:

  • Scholastic Aptitude Test I (SAT I)

Digunakan untuk syarat masuk universitas yang berbasis teknologi namun calon pelamar tidak memfokuskan pada bidang eksakta saja melainkan hal – hal ilmiah lainnya seperti biologi, Astro fisika, dan lain sebagainya. Sesi ujian meliputi menulis (writing), membaca (reading) dan matematika (math). Untuk sesi matematika soal diambil dari soal matematika dasar tidak menggunakan soal yang rumit.

 

  • Scholastic Aptitude Test II ( SAT II)

Diperuntukan bagi mereka yang ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri dengan jurusan berbasis eksakta seperti matematika murni, sains & teknologi, fisika murni dan sejenisnya. Jika seseorang ingin mengambil jurusan matematika murni sejak menyelesaikan pendidikan di bangku sekolah maka ia tidak perlu lagi mengambil SAT I, melainkan SAT II.

 

Dalam SAT pernah diberlakukan sistem minus untuk jawaban yang salah, namun sudah tidak digunakan lagi. Nilai (skor) yang berlaku pada ujian SAT berkisar antara 200 – 800 dengan rincian skor pada masing – masing sesi : reading 800, writing 800, dan mathematic 800 dengan total keseluruhan 2400.

 

Untuk lembaga pendidikan bahasa asing yang menyediakan Tempat Kursus SAT adalah Westwood Prep yang berlokasi di Jakarta Selatan, Bellagio Mall lantai 3. Westwood Prep satu – satunya lembaga pedidikan bahasa Inggris yang menyediakan program persiapan SAT secara mendalam dengan bimbingan para pengajar yang sudah berpengalaan di bidangnya. Dan membagikan tips – tips cerdas dalam menghadapi ujian SAT di antaranya adalah:

Baca Juga  GRE Test Jakarta

 

  • Tentukan apakah kita membutuhkan SAT I atau SAT II karena akan mempengaruhi sertifikat kita untuk mendaftar di uiversitas.
  • Buka kembali catatan pelajaran matematika atau fisika dasar agar kembali mengingat pelajaran tersebut.
  • Perbanyak referensi soal agar tidak bingung dan memiliki gambaran tentang ujian SAT.
  • Mantapkan diri apakah sudah yakin mengambil ujian SAT dan bukan karena paksaan pihak manapun, murni semata – mata atas keinginan sendiri.
  • Sebab biaya yang dikeluarkan tidak sedikit pertahankan fokus dan niat kita untuk terus belajar agar nilai yang diperoleh benar – benar maksimal.
  • Buatlah strategi. Jika kita unggul dalam bidang menulis maka tingkatkan lebih tinggi lagi agar bidang menulis termaksimalkan dan pasti hasilnya, tetapi jangan lupa juga untuk meingkatkan bidang membaca dan matematika sehingga secara keseluruhan membantu dalam mendongkrak nilai.
  • Jangan lupa untuk beristirahat agar kesehatan kita tetap terjaga.

 

Lama waktu ujian tidak jauh berbeda dengan GRE, GMAT, IELTS dan TOEIC yaitu 3 jam 45 menit. Manfaatkan waktu tersebut dengan tidak tergesa – gesa dalam mengerjakan soal namun juga tangkas mengingat waktu yang disediakan terbatas. Persiapkan dengan matang dan bersungguh – sungguh dalam menegrjakan soal. Biaya yang dikeluarkan tidaklah sedikit jika dibandingkan dengan biaya TOEIC, TOEFL, IELTS, GMAT, GRE dan sejenisnya. Oleh karena itu butuh konsentrasi maksimal saat belajar.

adminmanager

Author adminmanager

More posts by adminmanager

Leave a Reply