Jasa PBN AC.ID Edukasi Android Belajar Trading Buzzer Cekresi Coworking cyber duniagames forex inspirasi investasi kerja komputer kredit kursus marketing motivasi pajak redaksi reksadana saham server service software sosial media umkm update vlog Website yandex nusa penida Lengkap, Ini Info Lowongan TKI Jepang Lulusan SMA
Whatsapp / Hotline : ‎0811 9691 3000

Jepang menjadi salah satu destinasi pekerjaan bukan hanya karena budaya warga lokalnya yang membuat negara ini menjadi salah satu negara dengan tingkat kedisiplinan yang tinggi.

Namun juga karena kurangnya sumber daya produktif di Jepang, sehingga perusahaan-perusahaan besar yang berproduksi di Jepang tidak memiliki tenaga kerja yang cukup. Salah satu solusinya adalah dengan menerbangkan pekerja dari luar negeri.

Nyatanya, lowongan pekerjaan di Jepang tidak hanya dapat diisi oleh para lulusan sarjana. Bagi kamu yang baru saja lulus SMA atau hanya memiliki ijazah SMA juga memiliki kesempatan yang sama untuk bisa bekerja di Jepang.

Namun tentunya, kultur yang berbeda dengan negara Indonesia membuat para pencari lowongan TKI Jepang harus menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Tidak pernah terlambat, disiplin terhadap waktu adalah salah satunya.

Daftar Informasi Lowongan Kerja TKI 

Daftar lowongan kerja TKI Jepang Lulusan SMA

Lowongan TKI Jepang menjadi salah satu yang paling banyak dicari, sebab Jepang dengan status ekonominya saat ini dinyatakan sanggup memberikan kesejahteraan apalagi bagi TKI yang bermimpi memiliki gaji yang besar.

Beberapa lowongan TKI Jepang yang tersedia adalah:

Perawat

Secara teknis terdapat dua lowongan TKI Jepang sebagai perawat, yakni perawat bagi orang-orang lanjut usia yang disebut sebagai kaigofukushi, dan lowongan TKI Jepang sebagai perawat di rumah sakit atau yang disebut kangoshi.

Salah satu jalur yang dapat ditempuh untuk melamar pekerjaan pada lowongan TKI Jepang sebagai perawat adalah melalui G To G (Government To Government). jalur ini hanya dibuka setahun sekali.

Untuk bisa memenuhi lowongan TKI Jepang yang satu ini, kamu terlebih dahulu menyelesaikan pendidikan di bidang keperawatan dan setidaknya sudah memiliki pengalaman kerja dibidang keperawatan.

Guru bahasa Inggris

Lowongan TKI Jepang sebagai pengajar bahasa Inggris menjadi salah satu yang diminati. Pasalnya, salah satu stereotip yang melekat dengan masyarakat Jepang adalah minimnya orang Jepang yang mampu berbahasa Inggris dengan fasih.

Padahal jika kita telusuri, saat ini bahasa Inggris menjadi bahasa penting yang menjadi penghubung di dunia internasional. Akan sangat sulit berkomunikasi dengan kolega dan teman-teman dari luar negara jika tidak bisa berbahasa Inggris.

Kenyataannya, negara Jepang sendiri menduduki posisi ke 55 dari 100 dunia yang memiliki akreditasi rendah dalam indeks kemahiran berbahasa Inggris.

Selain karena banyak peminatnya, lowongan TKI Jepang untuk pengajar bahasa Inggris tidak memerlukan kualifikasi tertentu dan tidak rumit.

Calon pekerja hanya perlu berasal dari jurusan pendidikan bahasa Inggris, sastra inggris, atau setidaknya pintar dan mahir berbahasa inggris dengan skor ujian kemampuan bahasa inggris (TOEFL/IELTS) yang cukup.

Dan untuk informasi lebih lanjut mengenai kursus TOEFL dan kursus IELTS bisa dilihat disini.

Translator

Lowongan TKI Jepang sebagai penerjemah juga menjadi salah satu yang dicari. Pasalnya, media elektronik seperti jurnalistik, percetakan, televisi, dan lainnya masih membutuhkan jasa penerjemah.

Pekerjaan ini juga tidak memerlukan keterampilan khusus. Cukup dengan mahir dan memahami bahasa Jepang dengan baik. 

Translator juga akan banyak dibutuhkan saat konferensi atau pertemuan antara negara, baik oleh delegasi atau bahkan yang menyertakan pemimpin dunia didalamnya. Biayanya pun tidak main-main.

Karenanya, jika kamu memiliki kegemaran terhadap budaya Jepang, dan bisa memahami bahasa Jepang dengan baik segera ambil peluang ini.

Pegawai hotel

Tidak banyak yang tahu bahwa Jepang adalah salah satu destinasi wisata terbesar di Asia, dengan daya tarik tersebut lowongan TKI Jepang untuk pekerjaan sebagai pegawai hotel terbuka lebar.

Jika kamu banyak menonton vlog orang Indonesia yang berlibur ke Jepang, beberapa dari mereka berhasil merekam momen bersama salah satu pegawai hotel yang ternyata merupakan orang Indonesia.

Syarat dan kualifikasinya pun tidak rumit bahkan terkesan mudah. Lowongan yang dibuka pun sangat banyak sehingga kesempatan diterima akan sangat besar.

Beberapa posisi yang terbuka untuk lowongan TKI Jepang sebagai pegawai hotel adalah:

  • Staff dapur
  • Room cleaner
  • Resepsionis
  • Pegawai administrasi

Ahli komputer/IT

Jepang sebagai negara yang penuh dengan teknologi, bahkan bisa dibilang sebagai yang tercanggih di Asia, tentunya membutuhkan tenaga lebih dari manusia untuk merakit berbagai jenisnya.

Maraknya penggunaan teknologi, mulai dari memesan komputer, membuat perjanjian, membayar parkir bahkan membeli dan memesan makanan juga minuman membuat ahli IT menjadi yang paling dicari saat ini.

Salah satu cara yang ditempuh perusahaan-perusahaan Jepang adalah dengan membuka lowongan TKI Jepang sebagai ahli IT. Tentunya dengan kualifikasi tertentu dan gaji yang menjanjikan.

Pegawai pertanian

Dibalik kemegahan teknologinya, negara Jepang tetaplah seperti negara Asia lainnya yang tidak terlepas dari salah satu bahan pokok dan produksi pertanian.

Bukan hanya karena musim di Jepang yang tidak terlalu mendukung berjalannya sistem pertanian, profesi ini juga terhitung masih sangat sepi peminatnya di Jepang. Sehingga mereka memilih mengimpor tenaga kerja dari luar negeri khususnya Indonesia.

Sarjana pertanian, yang nyatanya masih dipandang sebelah mata di Indonesia bisa memanfaatkan peluang dengan menjadi ahli pertanian di Jepang.

Tak main-main, keuntungan nya bisa didapatkan oleh para ahli pertanian di Jepang adalah tunjangan sebesar 20 juta rupiah setiap bulannya. Bahkan bagi yang mendaftar lewat jalur pemerintah akan mendapatkan modal usaha hingga 70 juta rupiah.

Pekerja pabrik

Tugas yang akan dikerjakan oleh para pekerja pabrik di Jepang memang terkesan besar, seperti mengoperasikan mesin, pekerjaan gudang, dan berbagai pekerjaan fisik lainnya.

Nmun gaji dan tunjangan yang didapatkan terbilang lebih dari cukup untuk ukuran gaji orang Indonesia. Yakni mencapai 20 juta rupiah setiap bulannya.

Selain dari yang disebutkan diatas lowongan TKI Jepang yang terbuka untuk pekerja dari Indonesia adalah:

  • Lowongan di bidang kesehatan
  • Lowongan di bidang restoran dan cook helper
  • Lowongan di bidang graphic designer
  • Lowongan di bidang administrasi
  • Lowongan di bidang konstruksi gedung
  • Lowongan dibidang otomotif

Daftar Kota di Jepang dengan Gaji tertinggi

Dari Tokyo hingga prefektur Shikoku, dengan jumlah gaji yang beragam.

Berikut daftar prefektur di Jepang yang diurutkan berdasar kepada gai dari yang paling tinggi hingga yang paling rendah.

Nama Prefektur Gaji per jam Akumulasi perhari (8 jam kerja) Akumulasi perbulan (perkiraan 30 hari) Jumlah dalam rupiah
Tokyo  907 Yen 7.760 Yen 232.800 Yen 29.000.000
Kanto 700 s/d 900 Yen 5.600 s/d 7.200 Yen 168.000 s/d 216.000 Yen 21.000.000 s/d 27.000.000
Kansai  750 s/d 850 Yen 6.000 s/d 6.800 Yen 180.000 s/d 204.000 Yen 22.500.000 s/d 25.500.000
Chubu  700 s/d 800 Yen 5.600 s/d 6.400 Yen 168.000 s/d 192.000 Yen 21.000.000 s/d 24.000.000
Chugoku  600 s/d 750 Yen 4.800 s/d 6.000 Yen 144.000 s/d 180.000 Yen 18.000.000 s/d 22.500.000
Kyusu dan Okinawa 600 s/d 750 Yen 4.800 s/d 6.000 Yen 144.000 s/d 180.000 Yen 18.000.000 s/d 22.500.000
Tohoku 600 s/d 700 Yen 4.800 s/d 5.600 Yen 144.000 s/d 168.000 Yen 18.000.000 s/d 21.000.000
Shikoku  600 s/d 700 Yen 4.800 s/d 5.600 Yen 144.000 s/d 168.000 Yen 18.000.000 s/d 21.000.000

 

Persyaratan Melamar Kerja 

Persyaratan Melamar lowongan TKI Jepang

Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi bagi para pelamar adalah:

Syarat umum

  • Pelamar merupakan lulusan Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan/sederajat.
  • Pelamar dari lulusan Sarjana/Diploma tiga dari jurusan teknik sipil, arsitektur, teknik elektro, teknik listrik, dan sastra Jepang akan diutamakan.
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Berusia minimal 19 tahun dan maksimal 26 tahun.
  • Tinggi badan pria minimal 160 cm, sementara untuk wanita minimal 155 cm.
  • Tidak menggunakan kacamata (tidak minus) atau memiliki kerusakan pada mata.
  • Tidak bertato dan bertindik.
  • Memiliki postur tubuh yang tegak dan ideal, tidak memiliki riwayat kerusakan pada tulang sebelumnya, tidak pernah menjalani operasi patah tulang/operasi tulang lainnya.
  • Tidak memiliki riwayat penyakit pada organ dalam seperti asma, hepatitis, Tuberculosis, kanker, diabetes, dan lainnya.
  • Tidak memiliki masalah pendengaran.
  • Tidak memiliki penyakit kulit.
  • Postur alat gerak pada bagian kaki normal, tidak berbentuk O, X, atau lainnya.
  • Tidak memiliki riwayat disfungsi organ tubuh.
  • Tidak buta warna.
  • Tidak menggunakan narkoba dan obat-obatan terlarang lainnya.
  • Bersedia mengikuti pelatihan bahasa dan budaya Jepang sampai waktu keberangkatan tiba
  • Belum pernah magang di Jepang sebelumnya.

Syarat administrasi

  • Salinan identitas (Kartu Tanda Penduduk, Akta Kelahiran)
  • Ijazah pendidikan terakhir
  • Sertifikat teknik untuk lulusan diploma, sarjana atau pascasarjana
  • Pas foto terbaru sebanyak 10 lembar
  • Materai sebanyak 3 lembar
  • Application form/surat lamaran kerja
  • Surat izin dari wali/orangtua
  • Surat pernyataan belum pernah berangkat untuk magang ke Jepang

Hak dan kewajiban peserta magang adalah:

  • Berhak untuk mendapatkan persediaan transportasi, baik berbentuk barang seperti sepeda atau uang untuk naik kendaraan umum bagi pekerja yang tinggal jauh dari perusahaan.
  • Berhak untuk mendapatkan asuransi yang meliputi asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan kerja, hingga asuransi kematian.
  • Berhak mendapatkan gaji pokok sebesar 80.000-120.000 Yen atau sekitar 10.000.000 s.d 15.000.000 rupiah.
  • Berhak mendapatkan pesangon setelah selesai kontrak sebesar 500.000-700.000 Yen atau sekitar 62.200.000 s/d 87.100.000 rupiah.
  • Berhak mendapatkan pembiayaan tiket dari Jepang ke Indonesia.
  • Berkewajiban untuk menyelesaikan kontrak kerja selama 3 tahun.
  • Berkewajiban untuk tidak berusaha keluar atau kabur dari program/perusahaan jepang yang merekrut.
  • Berkewajiban untuk mentaati peraturan yang berlaku di perusahaan Jepang terkait.
  • Berkewajiban untuk pulang ke Indonesia setelah masa kontrak berakhir.

Keuntungan Mengambil Peluang 

Keuntungan mengambil peluang dalam lowongan TKI Jepang

  • Peserta yang berhasil menyelesaikan magang selama 3 tahun akan mendapatkan sertifikat keterampilan dari JITCO. JITCO sendiri adalah Japan International Training Cooperation Organization yang berkewajiban mengawasi pelaksanaan pelatihan kepada warga negara asing di Jepang.
  • Peserta yang berhasil menyelesaikan magang dalam waktu 3 tahun akan mendapatkan sertifikat dari IMM Japan. IMM Japan sendiri merupakan kepanjangan dari International Manpower Development of Medium an Enterprises, Japan. 
  • Tugasnya membina sumber daya manusia yang tersedia agar terampil untuk menghadapi perusahaan internasional yang sifatnya kecil dan menengah demi mengembangkan perusahaan tersebut dan berperan serta dalam ekonomi internasional.
  • Semua sertifikat tersebut tidak hanya berlaku di Indonesia melainkan diakui di dunia internasional.
  • Peserta yang telah menyelesaikan magang akan mendapatkan tunjangan modal usaha sebesar 600.000 untuk usaha mandiri yang jika dirupiahkan dengan kurs Yen saat ini yakni 117, maka berjumlah sekitar 70 juta rupiah
  • Peserta berkesempatan mengikuti wawancara dengan perusahaan Jepang yang beroperasi di indonesia untuk ditempatkan dan menjadi karyawan di perusahaan tersebut.

Inilah Kekurangan Kerja di Jepang dan Kelebihan Kerja di Jerman

Persyaratan Untuk Bekerja di Jepang

Halo, jobseeker! Siapa yang masih mencari-cari kerja? Kamu ingin bekerja di Jepang? Bagaimana kalo Kami rekomendasikan negara Jerman untuk Kamu bekerja? 

Lho, memang kenapa harus Jerman? Ternyata ada beberapa hal mengapa bekerja di Jerman lebih baik dari Jepang, lho! Ada banyak kekurangan kerja di Jepang dan kelebihan kerja di Jerman.

Nah, Kamu perlu mengetahui masing-masing dari kekurangan kerja di Jepang dan kelebihan kerja di Jerman, nih. Biar Kamu bisa pertimbangkan kembali untuk bekerja di Jepang.

Kekurangan Kerja di Jepang

Jepang sendiri memang negara yang menjadi tujuan dan impian banyak orang untuk dapat bekerja di sana. Negeri tersebut dinilai negeri yang ulet untuk bekerja.

Siapa sangka bahwa Jepang memiliki banyak kekurangan untuk para Warga Negara Asing (WNA) yang akan tinggal di sana? Mampukah Kamu menghadapi hal-hal tersebut?

Kekurangan kerja di Jepang sendiri antara lain:

  • Wajib Menggunakan Bahasa Jepang

Untuk kerja di Jepang sendiri, Kamu tidak diperkenankan untuk menggunakan bahasa lain selain bahasa Jepang. Kecuali perusahaan menetapkan hal-hal tertentu.

Namun, negara Jepang dikenal dengan tingkat bahasa Inggris yang tidak tinggi. Warga mereka lebih menyukai untuk menggunakan bahasa Jepang.

Jika Kamu tidak dapat berbahasa Jepang, akan sulit sekali berkomunikasi.

  • Jam Kerja Lama

Jepang memang sudah dikenal dengan memiliki jam kerja yang lama, dari pagi hingga malam. Bahkan, karyawan di Jepang bersedia lembur tanpa dibayar.

Namun, tidak semua perusahaan menetapkan hal tersebut. Tetapi, kebanyakan seperti itu. Hal tersebut adalah lumrah.

Nah, dengan adanya hal tersebut, apakah Kamu bersedia memiliki jam kerja yang lama dan bersedia untuk tidak dibayar saat lembur?

Kelebihan Kerja di Jerman

Nah, kalau bekerja di Jerman sendiri, Kamu akan jarang menemukan hal-hal di atas. Jerman sendiri memiliki kelebihan yang ada di kekurangan Jepang.

Dimulai dari warga Jerman yang bisa berbahasa Inggris, sehingga Kamu dapat berkomunikasi dengan mudah. Lalu jam kerja yang telah diatur dengan baik serta uang lembur jika ada lembur.

Jerman juga selalu memperhatikan hak karyawan, mulai dari jam kerja yang hanya 8 jam/hari, jatah cuti hingga 1 bulan, dan juga tunjangan yang cukup untuk mensejahterakan karyawan mereka.

Nah, itu dia kekurangan kerja di Jepang dan kelebihan kerja di Jerman. Jika dibandingkan dengan kedua negara tersebut, terdapat hal-hal yang perlu dipikirkan dua kali.

Terkhususnya jika warga Indonesia yang biasa memiliki jam kerja 8 jam/hari, jika pindah ke Jepang akan memiliki jatah waktu bekerja lebih lama. Melelahkan, bukan?

Maka dari itu, jika Kamu berencana untuk bekerja di luar negeri, negara Jerman dapat menjadi tujuanmu. Karena negara tersebut memiliki banyak kelebihan untuk dinikmati.

Dan banyak sekali program kerja di Jerman yang sangat menarik untuk dicoba mulai dari FSJ Jerman, Ausbildung di Jerman hingga Aupair Jerman.

×

Choose One Of Our Team Members

English Bridge Prep Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×