Jasa Backlink AC.ID Edukasi Pelatihan BIM Kursus SSAT Terbaik di Jakarta dengan Praktik Tes Langsung 
Whatsapp / Hotline : ‎0811 9691 3000

Kursus SSAT Terbaik di Jakarta dengan Praktik Tes Langsung  – Secondary School Admission Test (SSAT) menjadi tes wajib yang harus diikuti siswa kelas 3 sampai 11 yang ingin mendaftar sekolah di Amerika Serikat. 

Apakah anak Anda ingin melanjutkan sekolah di AS? Maka mengikuti kursus SSAT sejak saat ini akan membantu meningkatkan skor. 

Lebih lanjut mengenai SSAT, materi dan bagaimana persiapannya bisa Anda baca sampai akhir. 

Pengertian dan Fungsinya 

Sebelum mendaftar kursus apalagi mendaftar tes perlu kenali dulu apa itu SSAT. Tes ini digunakan sebagai standar penerimaan murid baru untuk mengetahui kemampuannya. 

Apakah siswa tersebut cocok untuk melanjutkan ke SD, SMP dan SMA tersebut atau tidak. Oleh karena itu ada beberapa jenis tes yang akan diujikan yaitu matematika, kemampuan membaca dan keterampilan verbal. 

Tes sendiri dibagi menjadi tiga macam sesuai dengan tingkatan siswa. Tes pertama adalah untuk tingkat dasar yang diikuti kelas 3 sampai 4 yang ingin masuk ke kelas 4-5. 

Baca Juga: Kursus SAT Jakarta Terbaik & Berkualitas Di Sini Tempatnya

Pada tes tingkat menengah diperuntukan kelas 5 sampai 7 yang ingin naik ke kelas 6-8. Tingkat atas adalah tes yang ditujukan untuk siswa kelas 8-11. 

Pengerjaan tes sendiri terdiri dari dua macam yang bisa dipilih yaitu:

  1. Standar, yakni tes yang diadakan pada hari sabtu di seluruh dunia. Peserta harus datang di tempat yang sudah ditentukan. 
  2. Flex, yaitu tes yang diberikan secara individu atau kelompok pada tanggal atau jadwal yang sudah ditentukan seperti di hari Sabtu tadi. 

Penulisan soal tes dilakukan langsung oleh profesional dari tenaga pendidik secara khusus. Setiap soal akan di review secara mendalam untuk tahu apakah tepat digunakan. 

Apabila semua soal sudah terkumpul maka baru akan didistribusikan secara hati-hati sehingga efektif untuk memberikan penilaian kemampuan berbahasa Inggris siswa. 

Mengingat begitu pentingnya dan hati-hati dalam penulisan soal, maka siswa yang ingin mendapatkan skor terbaik harus belajar secara mendalam dan konsisten. 

Diperlukan tempat kursus SSAT terbaik agar bisa membimbing siswa memperoleh skor yang dibutuhkan. 

Format Tes dan Skoring 

Format Tes dan Skoring 

Pada tahapan persiapan tes, penting bagi siswa untuk mengetahui apa saja materi tes yang akan diujikan. Membiasakan diri belajar dengan format tes yang tepat bisa meningkatkan fokus. 

Berikut ini format yang akan diujikan. 

  • Verbal 

Pada format yang pertama pertanyaan yang diberikan seputar sinonim dan analogi. Jenis soalnya sudah disesuaikan dengan usia siswa. 

Tujuan dari pertanyaan sinonim kata adalah untuk mengetes pengetahuan kosakata siswa. Beda dengan pertanyaan analogi yang bertujuan mengetes kemampuan dalam menghubungkan ide dengan logis. 

  • Math 

Selain bahasa, kemampuan menghitung yaitu matematika pun akan jadi salah satu format soal. Beberapa jenis soal yang muncul meliputi matematika dasar, geometri, aljabar, analisis data, fraksi dasar dan masih banyak lagi. 

Semua jenis tes juga sudah disesuaikan dengan tingkatan siswa yang mengerjakan. Pada kursus SSAT materi ini biasanya akan diajarkan secara khusus. 

  • Reading Comprehension

Selanjutnya adalah format soal yang bertujuan untuk mengetes pemahaman bacaan siswa. Oleh karena itu soalnya akan berkaitan dengan ide utama dalam suatu paragraf. 

Siswa juga akan mengerjakan soal  mengenai maksud, sudut pandang dan gaya bahasa yang digunakan dalam bacaan. 

  • Writing Sample 

Kemampuan menulis juga akan diuji dalam SSAT. Bagaimana keterampilan menulis cerita pendek bagi siswa di tingkat dasar. 

Sedangkan siswa tingkat menengah dan atas akan menulis esai dalam tesnya. Materi cara menulis bahasa Inggris pun akan dipelajari di kursus SSAT.

Bagaimana cara menyampaikan ide dalam bentuk tulisan sesuai dengan apa yang akan dites. 

  • Experimental 

Masih ada satu lagi format tes yang akan dikerjakan di bagian akhir yaitu experimental yang isinya pertanyaan campuran. 

Mulai dari verbal sampai dengan reading saja. Hanya saja pada format ini tidak akan masuk ke dalam skoring namun tetap diujikan. 

4 Jenis Penilaian

4 Jenis Penilaian

Setelah mengenal format tes, selanjutnya adalah soal penilaian. Setiap tes selalu memberikan penilaian yang akan jadi tolak ukur kemampuan. 

Ada empat penilaian yang harus diperhatikan yaitu:

  • Penilaian Kuantitatif 

Pada penilaian yang pertama ini akan fokus pada nilai kuantitatif yang juga dibagi sesuai dengan tingkatannya. Khusus tingkat dasar nilainya 300 sampai 600. 

Pada tingkat menengah nilainya 440 sampai 704 sedangkan nilai tingkat atas adalah 500 hingga 800. 

  • Penilaian Verbal 

Pada penilaian tes verbal maka pada tingkat dasar akan memperoleh nilai 300 sampai 600 sedangkan tingkat menengah 410 sampai 710. Nilai pada tingkat atas adalah 500 sampai 800. 

  • Penilaian Pemahaman Membaca 

Pada pemahaman membaca siswa di tingkat dasar bisa memperoleh nilai 300 hingga 600 dan tingkat menengah 400 hingga 710. Siswa tingkat atas penilaiannya 500 sampai 800. 

  • Penilaian Essay 

Sesuai dengan format tesnya, penilaian tidak dilakukan pada format tes ini. Hanya saja salinan hasilnya akan tetap dikirimkan. 

Tips Persiapannya

Tips Persiapannya

Melihat format soal dan penilaiannya siswa tentu harus mempersiapkan diri sebelumnya. Persiapan bisa dilakukan melalui kursus persiapan SSAT dan belajar mandiri di rumah. 

Soal di setiap tes berbeda jadi tidak akan ada bocoran tes dan kemampuan siswa akan benar-benar dinilai. Dalam persiapannya, ada beberapa tips yang bisa diikuti berikut. 

  • Rutin Mengikuti Simulasi Tes 

Membiasakan diri mengerjakan soal sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan akan membantu meningkatkan skoring. 

Salah satunya adalah dengan mengikuti simulasi tes yang kerap diadakan secara independen maupun dari tempat kursus. 

  • Memperbanyak Referensi Belajar

Semakin banyak referensi belajar tentu lebih menguntungkan. Lebih mudah lagi jika mengikuti kursus karena materi belajar sudah disusun dari berbagai macam referensi. 

Siswa tidak akan disulitkan untuk membeli berbagai buku dan harus mempelajarinya satu per satu. 

Referensi ini akan membantu untuk mengenali lebih jauh mengenai pola soal dan tipe soal yang kerap muncul. Tentu saja ditambah dengan latihan-latihan soal. 

  • Mengenali Kelemahan Diri

Sering mengikuti simulasi tes akan mempermudah diri untuk tahu manakah kekurangan yang masih dimiliki. 

Apakah masih kurang dalam format tes reading, matematika, verbal atau justru writing. Mengenali kelemahan diri sendiri mempermudah strategi belajar. 

Anda bisa lebih fokus memperbaiki kelemahan yang sudah dimiliki tersebut. Di saat yang bersamaan Anda masih bisa mereview format tes lain yang sudah dikuasai. 

  • Mengikuti Kelas di English Bridge Prep 

Terakhir adalah dengan mengikuti kelas persiapan SSAT di English Bridge Prep. Melalui kelas khusus, Anda bisa lebih paham mengenai format tes dan praktek simulasi tes. 

English Bridge Prep juga menyediakan instruktur yang profesional dan berkualitas dengan pengalaman mengenai tes SSAT. 

Materi belajar juga telah disusun mengikuti perkembangan tes, sehingga Anda tidak akan memperoleh informasi yang salah mengenai jenis-jenis soalnya. 

Berlatih di English Bridge Prep bisa memberikan jaminan skor yang diperoleh memuaskan. Tertarik untuk mengikuti kursus SSAT di English Bridge Prep? Anda bisa langsung isi formulirnya di atas ini. 

×

Choose One Of Our Team Members

English Bridge Prep Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×