fbpx
Uncategorized

Keutamaan mengikuti Kursus IELTS Jakarta

By May 26, 2018 March 16th, 2019 No Comments

Kursus IELTS Jakarta merupakan salah satu persyaratan wajib untuk belajar di luar negeri. Salah satu alasan mengapa universitas di luar negeri menggunakan IELTS sebagai salah satu persyaratan wajib adalah karena bahasa utama kita bukan bahasa Inggris, sehingga pihak Universitas perlu memastikan apakah kita memiliki kemampuan yang diperlukan untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan, khususnya dalam konteks akademis. Beberapa universitas terkemuka di Australia, Selandia Baru, Inggris, Amerika Serikat dan Kanada meminta nilai IELTS sebagai salah satu persyaratan wajib untuk mendaftar. Sudah banyak organisasi telah menggunakan IELTS sebagai persyaratan wajib untuk kemampuan berbahasa Inggris dan menjadikan IELTS sebagai tes yang paling populer di dunia untuk pendidikan tinggi dan migrasi global. Nilai minimal IELTS yang diminta bergantung kepada masing-masing negara dan universitas.

Keutamaan mengikuti Kursus IELTS Jakarta

Terdapat dua jenis IELTS yaitu Academic dan General Training. Jenis Academic ditujukan bagi mereka yang ingin melanjutkan sekolah setingkat perguruan tinggi di negara berbahasa Inggris, sedangkan General Training ditujukan bagi mereka yang ingin melakukan pengalaman kerja atau pelatihan, sekolah menengah atau migrasi ke negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Kedua jenis tes memiliki empat bagian yang sama yaitu Listening, Reading, Writing, dan Speaking, tetapi pada General Training, soal yang diujikan pada bagian Reading dan Writing berbeda dengan jenis Academic. Setiap bagian – Listening, Reading, Writing dan Speaking – memiliki batas waktu yang berbeda untuk dikerjakan, Listening selama 30 menit, Reading selama 60 menit, Writing selama 60 menit, dan Speaking selama 11-14 menit, sehingga total waktu yang diperlukan untuk mengerjakan tes IELTS adalah 2 jam dan 45 menit.

Baca Juga  Mau Kuliah di Amerika serikat? Ikuti Kursus GED

 

Listening, Reading, Writing dilakukan pada hari yang dalam satu waktu tanpa jam istirahat, sedangkan Speaking dapat dilakukan pada hari yang sama atau tujuh hari sebelum atau sesudah tes IELTS dilakukan. Semua nilai tiap bagian akan dihitung untuk mendapat nilai keseluruhan dengan mengambil nilai rata-rata dari empat komponen tes (Listening, Reading, Writing, dan Speaking). Semua bagian memiliki bobot nilai yang sama untuk dihitung menjadi nilai keseluruhan atau overall score. Yang perlu diperhatikan dari nilai IELTS adalah beberapa universitas meminta nilai spesifik untuk bagian tertentu dan bukan hanya nilai keseluruhan. Sebagai contoh, persyaratan IELTS untuk jurusan Bachelor of Medical Science di University of Melbourne adalah minimal 7.0, dengan Reading dan Writing minimal 7.0, dan Listening dan Speaking minimal 6.5. Oleh karena itu apabila calon mahasiswa memiliki nilai keseluruhan 7.0 tetapi nilai Writing adalah 6.5, calon mahasiswa tersebut harus mengikuti tes IELTS lagi untuk memenuhi nilai yang dibutuhkan sesuai dengan persyaratan yang diberikan oleh universitas, dalam hal ini untuk memenuhi nilai Writing yaitu 7.0.

 

Nilai tes IELTS berlaku selama 2 tahun, tetapi kadang-kadang beberapa universitas meminta hasil nilai IELTS dalam 1 tahun terakhir, sehingga sebaiknya tes IELTS dilakukan secepatnya 1 tahun sebelum pendaftaran. Salah satu pertimbangan untuk melakukan tes IELTS dari 1 tahun sebelum keberangkatan atau pendaftaran adalah agar lebih tenang dalam mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan untuk pendaftaran seperti application form, recommendation letter, motivation letter, dan hal-hal lainnya. Selain itu, tes IELTS hanya diadakan sebanyak seminggu sekali umumnya pada hari Sabtu dan hasil IELTS baru keluar kurang lebih 13 hari setelah tes diadakan (biasanya pada hari Jumat; hasil tes dapat dilihat secara online, diambil ke kantor tempat tes IELTS dilakukan, atau dikirim ke rumah). Apabila hasil tes IELTS ternyata belum memenuhi persyaratan, maka kita harus mendaftar tes IELTS di minggu berikutnya dan terkadang cukup sulit untuk mendapat tempat untuk tes IELTS karena hanya ada beberapa lokasi tes IELTS di Indonesia. Oleh karena itu sebaiknya lakukan tes IELTS dari jauh-jauh hari, sebaiknya satu tahun sebelum pendaftaran sebagai safety precaution sehingga rencana untuk mendaftar sekolah atau beasiswa ke luar negeri tidak tertunda karena masalah IELTS.

Baca Juga  Gre preparation jakarta

 

Ada beberapa tempat untuk mengikuti Kursus IELTS Jakarta, Tes IELTS tidak dapat dilakukan di sembarang tempat dan hanya terdapat di tempat-tempat yang terdaftar di website resmi IELTS. Apabila ada lembaga di luar tempat-tempat yang terdapat di website resmi IELTS menawarkan untuk tes IELTS, sebaiknya jangan dipercaya. Selain itu, beberapa lembaga memiliki program IELTS prediction test atau IELTS simulation test yang bukan merupakan tes IELTS resmi sehingga hasilnya tidak dapat digunakan untuk mendaftar sekolah atau beasiswa ke luar negeri. Jangan lupa untuk mendaftar secepatnya karena permintaan untuk tes IELTS sangat tinggi, sementara hanya beberapa tempat yang menyediakan tes IELTS tiap minggunya. Beberapa lembaga yang menyediakan Kursus IELTS Jakarta antara lain adalah Englishbridge

 

adminmanager

Author adminmanager

More posts by adminmanager

Leave a Reply