Jasa Backlink AC.ID Edukasi Pelatihan BIM Mau Daftar Kerja di Polandia, Ketahui Hal Ini Dahulu
Whatsapp / Hotline : ‎0811 9691 3000

Bosan bekerja di Indonesia? Atau ingin mencari pengalaman baru menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Luar Negeri? Polandia bisa menjadi negara tujuanmu.

Negara Polandia sendiri memang seringkali merekrut imigran untuk dipekerjakan di negara mereka. Ada alasan tertentu mengapa negara tersebut membutuhkan pekerja migran, termasuk dari Indonesia.

Salah satu yang menjadi alasan mengapa negara Polandia terbuka untuk pekerja imigran adalah karena kebutuhan mereka yang tinggi untuk berbagai sektor pekerjaan, seperti industri, furniture, pertanian, perkapalan, hingga perhotelan.

Hal ini tentu untuk memacu pertumbuhan ekonomi domestik yang ada di Polandia. Sehingga, kesempatan untuk Anda yang ingin bekerja di Polandia pun terbuka lebar.

Dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, sekitar 1 hingga 2 juta pekerja imigran dari berbagai negara pun mengisi lowongan kerja yang ada di Polandia, termasuk Indonesia sendiri.

Para Pekerja Migran Indonesia (PMI) ini pun bersaing dengan banyak negara seperti India, Filipina, Vietnam, Sri Lanka, Bangladesh, dan negara-negara Eropa Timur seperti Ukraina.

Dalam data dari Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), jumlah Pekerja Migran Indonesia yang masuk ke negara Polandia mencapai 789 orang pada tahun 2020.

Jika dilihat tahun sebelumnya, angka masuknya PMI ke Polandia ini mengalami peningkatan. Tahun 2019 sebelumnya diisi oleh 430 orang dan pada tahun 2018 diisi oleh 102 orang.

Kisaran Gaji 

Untuk bekerja di Polandia, tentu gaji yang ditawarkan pun tidak sedikit, mengingat Polandia merupakan negara yang berkembang secara progresif dari tahun ke tahun.

Jika Anda bekerja di Polandia, gaji yang didapatkan dalam satu bulan adalah kurang lebih 7 juta rupiah untuk gaji minimum. Sedangkan untuk gaji maksimum, Anda dapat mendapatkan hingga 127 juta rupiah.

Rata-rata gaji yang didapatkan dalam satu bulan pun cukup besar, yaitu kurang lebih 26 juta rupiah untuk upah minimum. Bahkan, Anda bisa mendapatkan lebih dari 26 juta rupiah di sana dalam satu bulan.

Namun, akan ada perbedaan yang akan dialami oleh PMI wanita di sana. Pasalnya, Polandia menerapkan upah lebih untuk PMI pria.

Karyawan pria di negara tersebut dapat meraup upah 6% lebih banyak daripada upah wanita untuk segala bidang sektor.

Baca Juga: Banyak Prospek Pekerjaan, Wujudkan Kerja di Australia

Polandia juga menawarkan kenaikan gaji yang signifikan, lho. Dalam 17 bulan, karyawan di Polandia akan mendapatkan kenaikan gaji sekitar 8% dari gaji awal mereka.

Di Polandia sendiri terdapat gaji upah minimum per jam. Dalam satu jam kerja, karyawan di Polandia akan mendapatkan sekitar 166 ribu rupiah.

Namun, karyawan dengan gaji bulanan akan memiliki perbedaan dengan karyawan dengan gaji harian. Pasalnya, karyawan dengan gaji bulanan akan terbebas dari lembur, sementara karyawan dengan gaji harian belum tentu.

Gaji untuk bekerja di perusahaan pemerintah dan swasta pun akan berbeda pula. Perusahaan pemerintah Polandia menawarkan gaji lebih tinggi sebanyak 7% jika dibandingkan dengan perusahaan swasta mereka.

Perlu dicatat bahwa gaji di dalam setiap bidang dan kota pun berbeda-beda, ya.

Rincian Biaya Hidup 

Rincian Biaya Hidup di Polandia

Jika sudah mengetahui gaji di Polandia, maka saatnya Anda mengetahui biaya hidup yang kira-kira dikeluarkan saat tinggal di Polandia.

Tempat Tinggal

Sudah pasti Anda membutuhkan tempat tinggal selama bekerja di Polandia. Imigran biasanya tinggal di apartemen-apartemen dengan harga yang hemat.

Untuk menyewa apartemen, biasanya perlu mengeluarkan kurang lebih 5 juta rupiah atau sekitar 1.500 hingga 2.000 PLN.

Jika ingin lebih hemat, Anda dapat berbagi kamar dengan teman kerja untuk mendapatkan biaya yang lebih murah lagi.

Namun, tidak jarang bahwa tempat tinggal disediakan percuma oleh perusahaan. Perlu dicatat bahwa tidak semua perusahaan memberikan benefit ini.

Biaya Makan dan Minum

Untuk keperluan makan dan minum, biasanya warga menggocek kantong sekitar 12 hingga 15 PLN atau sekitar 40 hingga 50 ribu rupiah dalam sehari.

Namun, jika Anda ingin lebih hemat lagi, Anda bisa berbelanja bahan-bahan makanan dan memasaknya sendiri.

Jika memutuskan untuk membeli bahan-bahan makanan, biasanya akan menghabiskan kurang lebih 1 juta rupiah untuk keperluan makan dan minum.

Transportasi

Di Polandia sendiri terdapat beberapa kendaraan seperti kereta, bis, tram, taksi, e-scooter, e-motor, metro, dan juga sepeda.

Polandia sendiri menerapkan sistem berapa lama perjalan yang ditempuh untuk kereta dan taksi. Biasanya menghabiskan 3.4 hingga 4.4 PLN atau kurang lebih 150 ribu dalam 20 hingga 90 menit.

Jika ingin hemat, Anda dapat membeli kartu bulanan dengan harga 110 PLN atau sekitar 370 ribu rupiah per bulan. Untuk 3 bulan pun ada di sekitar 280 PLN atau 935 ribu rupiah.

Utilitas

Tagihan utilitas tentu tidak bisa dihindari kalau Anda memiliki tempat tinggal. Pemakaian utilitas pun berbeda-beda setiap orang yang memakai.

Untuk kebutuhan ini, Anda setidaknya menyisihkan 1,7 juta atau 500 PLN agar selalu dapat dibayarkan. Jika Anda berbagi kamar dengan seseorang, Anda bisa berbagi biaya utilitas pula.

Kebutuhan Komunikasi

Ponsel sudah menjadi barang wajib untuk dimiliki di masa sekarang. Untuk dapat tetap terhubung, Anda wajib memiliki ponsel.

Setidaknya, Anda perlu menyisihkan sekitar 30 PLN atau sekitar 100 ribu rupiah untuk tetap berkomunikasi. Namun, ini tergantung dengan provider masing-masing.

Anda juga dapat memanfaatkan jaringan wifi di sekitar Anda berpijak, seperti tempat kerja, apartemen, ataupun lainnya.

Tantangan Dalam Bekerja 

Tantangan Jika Bekerja di Polandia

Jika Anda berniat untuk bekerja di Polandia, hal-hal yang diperhatikan sebelum memutuskan berangkat pun antara lain:

Perbedaan Budaya

Anda harus mengenali budaya-budaya yang ada di Polandia terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk bekerja di sana.

Pasalnya, Indonesia dan Polandia merupakan negara yang memiliki perbedaan budaya. Sehingga, mengurangi shock culture, Anda diminta mengetahui dan mempelajari budaya di Polandia.

Mempelajari Bahasa Polandia

Sama seperti Indonesia yang menggunakan bahasa utamanya adalah bahasa Indonesia, bahasa Polandia menjadi bahasa ibu di negara tersebut.

Mau tidak mau, Anda harus mengetahui dan mempelajari hingga dapat berbicara secara lancar dengan menggunakan bahasa Polandia.

Kemampuan Beradaptasi

Anda harus mengetahui apakah Anda memang menyanggupi perbedaan di Polandia atau tidak. Pasalnya, adaptasi menjadi hal penting di sana.

Mulai dari budaya, cuaca dan iklim, hingga hal-hal lainnya pun harus dipertimbangkan agar Anda dapat beradaptasi.

Itulah ulasan lengkap mengenai hal-hal jika Anda memutuskan untuk bekerja di Polandia. Hal-hal tersebut dapat dipertimbangkan untuk Anda yang ingin bekerja di Polandia.

Jika Anda berminat untuk bekerja di Polandia, English Bridge akan membantu Anda dengan mengisi form di atas terlebih dahulu.

Semoga dapat membantu Anda yang ingin bekerja di sana dan sampai jumpa di Polandia!

×

Choose One Of Our Team Members

English Bridge Prep Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×