Jasa Backlink AC.ID Edukasi Pelatihan BIM Mau Kerja di Korea Selatan, Ini Syarat & Cara Daftarnya
Whatsapp / Hotline : ‎0811 9691 3000

Tertarik untuk bekerja di Korea Selatan namun tidak tahu caranya? Simak penjelasan gaji hingga tata cara daftarnya!

Demam K-pop masih menjadi pembicaraan hangat hingga saat ini. Tidak sedikit masyarakat Indonesia mulai tertarik untuk bekerja di negeri ginseng sana. Apakah kamu salah satunya?

Korea Selatan menjadi negara yang seringkali diimpikan para warga Indonesia untuk menjadi tempat tinggal. Jika ingin hidup di Korea Selatan pun memiliki beberapa pilihan: berlibur, sekolah, atau bekerja.

Berkat munculnya Korean Wave, bekerja di Korea Selatan menjadi salah satu dambaan banyak orang di Indonesia. Mulai dari dunia hiburan hingga pariwisata menjadi daya tarik negeri ginseng itu.

Selain bertemu idola atau menikmati hal-hal menarik mengenai budaya atau pariwisata, Korea Selatan juga menawarkan gaji yang cukup besar untuk bekerja di sana.

Sebelum memutuskan untuk bekerja di Korea Selatan, Anda harus mengetahui pekerjaan apa yang akan Anda lakukan di sana.

Daftar Lowongan Pekerjaan 

Pekerjaan di Korea Selatan dan Gajinya

Korea Selatan termasuk ke dalam negara dengan tingkat kelahiran rendah. Biaya hidup di sana bisa dikatakan mahal. Maka dari itu, banyak yang memutuskan untuk tidak memiliki anak.

Dampak dari hal itu pun mengacu kepada ketersediaan tenaga kerja di sana. Korea Selatan tentunya membutuhkan banyak tenaga kerja.

Korea Selatan sendiri memberikan lapangan pekerjaan kepada warga negara asing di beberapa bidang. Dengan begitu, warga negara asing memiliki kesempatan untuk bekerja di sana, termasuk Indonesia.

Berikut merupakan pekerjaan-pekerjaan di Korea Selatan yang dapat diisi oleh warga negara asing:

  • Pariwisata 

Sedang menjadi pusat perhatian mengenai pariwisata, Korea Selatan tentu membutuhkan tenaga kerja pada sektor ini.

Negara ini membutuhkan setidaknya tenaga kerja di bidang perhotelan, pastry, dan juga tour guide. Pekerjaan tersebut akan berhubungan langsung dengan banyak pariwisata di Korea Selatan.

Fakta menariknya, rata-rata tour guide di Korea Selatan pun bisa berbicara bahasa Indonesia. Hal ini menjadi peluang bagi Anda jika ingin menjadi tour guide di sini.

Gaji yang ditawarkan jika Anda bekerja di bidang pariwisata pun cukup tinggi; Anda dapat menghasilkan sebesar 5,000,000 KRW atau setara 60 juta rupiah dalam satu bulan.

  1. Konsultan Bisnis

Pekerjaan ini terkenal dengan gajinya yang tinggi. Tentu Korea Selatan juga menawarkan hal yang sama.

Kemajuan di Korea Selatan pun sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir, membuat negeri itu membutuhkan jasa konsultan bisnis.

Gaji yang ditawarkan jika Anda bekerja sebagai konsultan bisnis di sana pun mencapai 6,113,000 KRW atau setara dengan 76 juta rupiah.

  1. Akuntan

Tidak hanya di Indonesia, bidang akuntansi dan keuangan juga menjadi jenis pekerjaan yang memiliki minat tinggi di Korea Selatan.

Dengan peminat yang tinggi, tidak mengherankan bahwa seorang akuntan memiliki penghasilan yang besar di sana; bahkan, menjadi pekerjaan dengan penghasilan terbesar nomor tiga.

Jika Anda bekerja sebagai akuntan di Korea Selatan, Anda dapat mendapatkan penghasilan sebesar 7,500,000 KRW atau setara dengan 90 juta dalam satu bulan.

Baca juga: Kerja di Jepang: Syarat, Gaji dan Cara Mendaftarnya

  1. Perawat Hewan Peliharaan

Jika Anda penyuka hewan peliharaan, pekerjaan ini sangat cocok untuk Anda!

Tingkat kesibukan warga Korea Selatan pun sangat tinggi. Hal itu membuat perawat hewan peliharaan dibutuhkan di sana.

Meskipun terlihat mudah, pekerjaan ini memiliki nominal tinggi soal gaji. Pendapatan perawat hewan peliharaan pun mencapai 10,100,000 KRW atau sekitar kurang lebih 10 juta rupiah dalam satu bulan.

  1. Teknik Pembangunan

Korea Selatan identik dengan gedung-gedung besar. Hal itu membuat sebagian dari warga asing bekerja di bidang konstruksi dan pembangunan.

Pendapatan seorang yang bekerja di bidang tersebut pun mencapai 9,897,500 KRW atau sekitar 100 juta dalam satu bulan, lho!

  1. Guru

Jika Anda suka mengajar, profesi ini sangat cocok untukmu. Korea Selatan memberikan upah gaji guru dengan layak, lho.

Gaji guru di Korea Selatan sendiri untuk Sekolah Dasar (SD) dapat mencapai US$ 79 ribu atau setara dengan 1,13 miliar dalam satu tahun.

Untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) pun mendapatkan gaji mencapai US$ 78 ribu atau 1,12 miliar dalam satu tahun.

Tidak hanya soal gaji tinggi, jika Anda bekerja sebagai guru bahasa Inggris, Anda akan disediakan tempat tinggal dan juga isi di dalamnya. Menakjubkan, bukan?

Banyaknya lapangan pekerjaan di Korea Selatan membuat warga asing tidak sungkan untuk bekerja di sana, tak terkecuali warga Indonesia.

Sebelum memutuskan untuk bekerja di Korea Selatan, Anda harus mengetahui hal-hal yang tidak asing di negeri ginseng tersebut.

Tips Untuk Bekerja di Korea Selatan

Tips Untuk Bekerja 

Sudah mengetahui ketersediaan lapangan pekerjaan, Anda juga harus mengetahui hal-hal di Korea Selatan sebelum memutuskan untuk bekerja di sana.

Berikut merupakan syarat kerja di korea yang harus dipersiapkan oleh Anda jika memutuskan untuk atau ingin bekerja di Korea Selatan:

  • Mempelajari Bahasa Korea

Korea Selatan termasuk negara yang jarang menggunakan bahasa Inggris. Maka dari itu, Anda harus menggunakan bahasa Korea saat berada di sana.

Bahkan, syarat bekerja di Korea Selatan sendiri pun harus menguasai setidaknya 2 ribu kosakata. Karena bahasa Korea merupakan bahasa utama di negeri ginseng sana.

Kursus bahasa Korea pun telah tersedia di banyak tempat. Anda bisa dengan mudah mencari di Indonesia.

  1. Mengetahui Kultur Korea Selatan

Kultur setiap negara di dunia berbeda, tak terkecuali Korea Selatan. Sebagai calon pekerja, Anda wajib mengetahui kultur apa saja yang ada di Korea Selatan.

Tidak dipungkiri perekrut di sana pun mengutamakan orang-orang yang mengetahui budaya Korea Selatan dengan dalam dibandingkan yang hanya tahu saja.

Baca juga: Ausbildung Perawat Jerman: Syarat, Gaji & Cara Daftarnya

  1. Mengumpulkan Berkas Persyaratan

Bekal untuk pindah bekerja ke negara orang lain pun harus memiliki ekstra dalam menyiapkan banyak hal. Sama seperti berkas-berkas, hal tersebut harus dikumpulkan.

Berkas persyaratan seperti visa kerja dan dokumen lainnya harus dipersiapkan. Pastikan Anda baca dengan teliti mengenai berkas apa saja yang harus dikumpulkan.

  1. Persiapkan Mental dan Fisik

Perbedaan antarnegara pun menjadi salah satu hal yang penting untuk Anda bersiap. Pasalnya, persiapan mental dan fisik akan membantumu bekerja dengan nyaman di sana.

Mulai dari perbedaan musim, waktu kerja, makanan, dan lainnya pun harus diketahui dan dipersiapkan agar saat berada di Korea Selatan, Anda bisa beradaptasi.

Kerja Melalui Program G to G

Kabar baik untuk Anda. Program G to G (Government to Government) bisa membantu kamu untuk mewujudkan bekerja di Korea Selatan. Program resmi ini dibantu pemerintah secara penuh, lho!

Bidang pekerjaan yang ditawarkan dalam program G to G ini pun ada di bidang manufaktur, perikanan, konstruksi, pertanian, dan jasa. Tetapi, Korea Selatan hanya baru membuka pendaftaran di bidang manufaktur dan perikanan saja.

Jika Anda memilih pekerjaan di bidang perikanan, Anda akan bekerja di lokasi perikanan pada bagian pengepakan ikan. Sedangkan, jika Anda memilih pekerjaan di bidang manufaktur, Anda akan ditempatkan di beberapa pabrik: makanan, elektronik, tekstil, besi, baja, dan onderdil mobil.

Gaji yang ditawarkan di program ini pun cukup besar. Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) mengklaim, pekerja migran di Korea Selatan bisa menghasilkan 30 juta rupiah dalam satu bulan.

Proses program G to G pun sangat transparan, mulai dari biaya hingga proses untuk keberangkatan. 

Persyaratan Umum 

Untuk dapat mengikuti program G to G, setidaknya Anda wajib memenuhi kualifikasi berikut:

  • Berusia 18 hingga 39 tahun saat mendaftar
  • Pendidikan minimal SMP/sederajat, namun mengutamakan SMK/SMA
  • Tidak mengalami buta warna, dengan bukti surat keterangan dari dokter (jangka tiga bulan terakhir)
  • Tidak pernah diamputasi/cacat jari
  • Tidak sedang dilarang untuk melakukan perjalanan ke Luar Negeri
  • Belum pernah mendapatkan hukuman sangat berat atau dipenjara
  • Tidak memiliki catatan keberangkatan atau deportasi dari Pemerintah Korea Selatan
  • Tidak memiliki penyakit Tuberkulosis (TBC), Syphilis, dan Hepatitis
  • Memiliki email pribadi yang masih digunakan
  • Memiliki rekening bank aktif atas nama diri sendiri
  • Belum pernah kerja di Korea Selatan dalam kurun lebih dari lima tahun, berlaku untuk penggabungan Visa E-9 dan Visa E-10

Mendaftar Online dan Ujian Dengan Sistem Poin

Jika proses kualifikasi mu sudah memenuhi, maka Anda bisa langsung mendaftar. Ada dua hal yang harus diperhatikan sebelum Anda mendaftar.

Pada laman BP2MI, Anda akan disediakan dua pilihan: CBT umum dan khusus. CBT umum diarahkan untuk calon PMI yang baru pertama mendaftar.

Sedangkan, CBT khusus diarahkan untuk PMI yang sudah pernah ke Korea Selatan dan ingin bekerja di Korea Selatan.

Untuk mendaftar ujian, Anda harus menyiapkan berkas-berkas seperti:

  • KTP (Kartu Tanda Penduduk), 
  • KK (Kartu Keluarga), 
  • Ijazah, 
  • Akta Kelahiran, 
  • Kartu Pencari Kerja (AK-1)/Kartu Kuning, 
  • SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian), 
  • Surat Izin Keluarga yang diberikan stempel oleh Lurah setempat,
  • Surat Keterangan Tidak Buta Warna, dan
  • Buku Rekening Aktif

Jika Anda dinyatakan lolos, langkah selanjutnya adalah mengikuti ujian. Tahapan ujian yang harus dilalui, diantaranya ada EPS-TOPIK (Employment Permit System – Test of Proficiency in Korean) dan Ujian Keterampilan (Skill Test).

EPS-TOPIK sendiri berisi ujian membaca (pilihan ganda) dan ujian mendengar dengan masing-masing 20 soal. Ujian Keterampilan pun berupa ujian kekuatan fisik, wawancara, dan kemampuan dasar.

Nilai yang didapatkan nanti adalah hasil penggabungan antara ujian pertama dan kedua. Jika mendapatkan nilai tinggi, peserta dapat mengikuti kegiatan selanjutnya. Nilai dapat diakses melalui laman resmi BP2MI.

Baca Juga: Banyak Prospek Pekerjaan, Wujudkan Kerja di Australia

Pemberian Kontrak dan Pelatihan Kerja

Setelah dinyatakan lulus dari ujian, peserta akan diberikan kontrak kerja atau biasa disebut Standard Labour Contract (SLC). Dalam kontrak tersebut, PMI akan diberikan waktu maksimal 4 tahun 10 bulan untuk bekerja.

Peserta juga akan dilatih melalui pelatihan kerja. Latihan tersebut berisi baris berbaris, kedisiplinan, bahasa Korea, dan cek kesehatan. 

Jika sudah diberikan waktu keberangkatan serta visa, peserta siap diberangkatkan untuk bekerja di Korea Selatan.

Nah, ulasan mengenai bekerja di Korea Selatan sudah dibahas secara lengkap.

Jika Anda ingin mendaftar diri kerja di Korea Selatan, Anda dapat mengisi form di atas ini. Sampai berjumpa di Korea Selatan!

×

Choose One Of Our Team Members

English Bridge Prep Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×