Jasa Backlink AC.ID Edukasi Pelatihan BIM Ini 3 Program Kerja di Jerman Gratis, Yuk Daftar
Whatsapp / Hotline : ‎0811 9691 3000

Jerman selalu menjadi negara favorit siapa saja untuk tinggal dan bekerja. Banyak yang berlomba-lomba mencari tahu bagaimana kerja di Jerman. 

Saat ini kesempatan masih terus dibuka untuk Anda yang ingin kerja di Jerman gratis. Pilihan programnya sangat beragam dan terbuka kesempatan untuk lulusan SMA. 

Apa saja programnya dan bagaimana cara Anda bisa mendapatkannya? Yuk langsung saja simak ulasannya. 

Berapa Kisaran Gajinya?

Kisaran Gajinya

Alasan utama mengapa orang tertarik bekerja di Jerman tentu karena pendapatan yang diberikan. Euro yang notabene adalah mata uang paling tinggi nilainya digunakan di negara Jerman. 

Pemerintah Jerman sendiri cukup tinggi dalam memberikan upah kepada karyawan. Di Jerman juga menetapkan peraturan yang ketat terhadap gaji. 

Pendapatan buruh di Jerman pun tertinggi di dunia yaitu 12 euro atau setara dengan Rp195.000 per jamnya. Daya tarik inilah yang sangat dilirik masyarakat negara lain. 

Belum lagi pemerintah Jerman sangat terbuka akan pekerja asing yang masuk. Mereka menekankan kemampuan jadi syarat utama yang diperlukan. 

Gaji yang didapatkan pun akan semakin tinggi sesuai dengan jenis profesi dan jabatannya. Contoh seorang resepsionis bisa mendapat gaji 20 jutaan per bulan. 

Sedangkan mereka yang bekerja di pengolahan kayu bisa mendapat gaji 28 jutaan lebih setiap bulan. Gaji tertinggi dimiliki oleh profesi rekayasa mesin yaitu 41 jutaan lebih. 

Melihat gaji yang tinggi, siapa yang tidak tergiur untuk kerja di sana? Apalagi lowongan kerja di Jerman gratis pun banyak tersedia. 

3 Informasi Lowongan Lengkap & Syaratnya 

Syarat mendaftar Ausbildung Perawat

Tidak semua profesi dan lowongan kerja Jerman tersedia hanya untuk mereka yang lulusan universitas atau pendidikan lebih tinggi. 

Pada kenyataannya banyak lowongan kerja tersedia bagi lulusan SMA atau SMK. Tentu saja hal ini membuka kesempatan luas bagi Anda yang baru lulus SMA bukan. 

Ada tiga macam program yang diadakan antar pemerintah Jerman dan Indonesia, beberapa ada juga dari swasta. 

Berikut ini tiga jenis program kerja yang bisa jadi alternatif pilihan ketika Anda sedang bingung untuk mencari kerja di luar negeri. 

Program Ausbildung 

Pilihan pertama adalah Ausbildung Jerman yang tidak jauh berbeda dengan sekolah vokasi. Peserta Ausbildung akan mendapatkan kesempatan bekerja sambil belajar langsung. 

Ada dua macam kelas lowongan kerja perawat yang disediakan, yaitu kelas teori sebanyak 30% dan kelas praktis sebesar 70%. Anda akan langsung ditempatkan di perusahaan. 

Sebelum masuk ke program ini Anda harus lulus dalam ujian masuk layaknya universitas. Jika berhasil maka bisa langsung ikut program dan tinggal di asrama. 

Jurusan yang disediakan pada program Ausbildung ini sangat banyak bahkan berjumlah puluhan karena dibuka juga untuk masyarakat Eropa. 

Tenang saja, bagi masyarakat Asia seperti Indonesia masih ada beberapa jurusan yang kerap jadi tujuan. Berikut ini beberapa jenis jurusan yang terbuka untuk Indonesia. 

  • Ausbildung Perhotelan

Pada jurusan ini Anda bisa mempelajari soal manajemen perhotelan sampai dengan pelayanannya. Anda bisa menjadi seorang hotelier setelah menyelesaikan program. 

  • Ausbildung Chef 

Berminat menjadi seorang koki? Akan lebih baik jika Anda mengikuti Ausbildung. Anda akan belajar bagaimana cara menentukan menu dan membuatnya untuk restoran. 

Pilihan selanjutnya adalah untuk jurusan keperawatan yang akan bekerja di rumah sakit atau klinik. Ada juga jurusan perawatan khusus lansia. 

  • Ausbildung Mechatroniker 

Anda yang tertarik untuk bekerja di bidang permesinan bisa memilih jurusan mekatronika. Baik itu sistem komputer dan elektro akan dipelajari. 

Ausbildung adalah program yang harus dijalani 2 sampai 3,5 tahun. Manfaatnya tentu saja sangat beragam karena Anda akan belajar sekaligus bekerja secara langsung. 

Berikut ini berbagai keuntungan dari program Ausbildung. 

  1. Memperoleh gaji yang setara dengan anak magang yaitu sekitar 650 euro per bulan sampai 1.100 tergantung dengan lama sekolah. 
  2. memperoleh sertifikat lulus Ausbildung yang bisa digunakan untuk melamar kerja di seluruh dunia. 
  3. Kesempatan untuk langsung bekerja di perusahaan penyelenggara Ausbildung langsung. 
  4. Kesempatan melanjutkan studi di Jerman karena sertifikat Ausbildung bisa digunakan untuk mendaftar kuliah. 
  5. Kesempatan mengajukan visa pekerja di Jerman. 

Banyaknya keuntungan ini siapa yang tidak akan tergiur untuk mendaftar? Program kerja di Jerman gratis ini memiliki beberapa syarat yang harus dipenuhi sebagai berikut:

  1. Keterampilan berbahasa Jerman yang dibuktikan dengan sertifikat level B1. 
  2. Memiliki usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun. 
  3. Jika berusia 26 tahun maka wajib menyertakan surat keterangan kerja atau pengalaman. 
  4. Mengumpulkan dokumen penting seperti ijazah, transkrip yang diterjemahkan ke dalam bahasa Jerman. 
  5. Sudah memiliki paspor asing dan jika diterima akan membuat visa Ausbildung. 

Sudah siap dengan semua syarat ini? Anda bisa langsung daftar, tidak perlu menunggu lama lagi. 

Program FSJ Jerman

Kurang tertarik dengan jurusan yang ditawarkan dalam program Ausbildung? Anda bisa mendaftarkan diri ke program FSJ yang merupakan program volunteer. 

Meskipun bekerja sebagai sukarelawan tapi Anda akan tetap mendapatkan gaji setiap bulannya. Disebut juga dengan program BFD, program ini diadakan langsung oleh pemerintah Jerman. 

Lama waktu program adalah 6 hingga 18 bulan, lebih pendek dari Ausbildung. Anda juga mendapatkan gaji atau tunjangan dengan besaran 300 hingga 650 euro per bulan. 

Jumlah gaji ini akan bervariasi tergantung dengan kota Anda ditempatkan. Setelah lulus maka akan mendapat sertifikasi volunteer yang bisa digunakan melamar kerja. 

Lalu apa yang akan Anda kerjakan selama program ini? Pekerjaannya adalah sebagai sukarelawan di panti jompo untuk merawat lansia atau orang berkebutuhan khusus. 

Ada juga yang bekerja sebagai guru olahraga di TK atau SD. Tergantung dengan lowongan FSJ apa yang dibuka, ada syarat yang harus dipenuhi secara umum ini. 

  1. Keterampilan bahasa Jerman yang dibuktikan dengan sertifikat bahasa Jerman level B1. 
  2. Usia minimal untuk FSJ adalah 16 tahun hingga 26 tahun, sedangkan usia untuk BSD adalah minimal 27 tahun. 
  3. Membuat resume dalam bahasa Jerman. 
  4. Memberikan dokumen yang sudah diterjemahkan ke bahasa Jerman. 
  5. Memberikan bukti pengalaman kerja sosial. 
  6. Sudah memiliki paspor dan membuat visa jika diterima. 

Anda yang suka dengan pekerjaan volunteer akan sangat cocok jika memilih program kerja di Jerman gratis. Jika sudah selesai program sertifikat bisa digunakan untuk melamar kerja. 

Tidak terbatas kerja di Indonesia atau Jerman, Anda bisa mendapat pekerjaan sejenis di negara lainnya. 

Program Aupair Jerman

Salah satu program yang bertujuan untuk pertukaran budaya, namun sayangnya masih banyak yang menganggap pekerjaan ini sebagai pekerja rumah tangga. 

Alasannya, karena peserta Aupair bertanggung jawab untuk mengasuh anak yang jadi keluarga penyelenggara Aupair. Namun keduanya berbeda. 

Dalam Aupair tidak ada tanggung jawab lain selain memberikan makan anak, mengantar sekolah dan membantu mengerjakan tugas rumah sang anak. 

Banyak keluarga di Jerman yang sangat sibuk sehingga mereka tidak memiliki waktu untuk mengasuh anak sehingga pekerjaan ini diberikan kepada orang lain. 

Peserta Aupair sendiri akan mendapatkan kontrak paling lama dua tahun.  Ditambah dengan penghasilan setiap bulannya. 

Peserta juga akan tinggal di keluarga asuh tersebut dan mendapatkan makan 3 kali sehari ditambah dengan kursus bahasa Jerman. 

Hari libur peserta pun sangat jelas yaitu hari minggu dan jika diharuskan bekerja maka akan diganti pada hari lainnya. 

Banyak yang mengikuti program kerja di Jerman gratis untuk mendapat pekerjaan lain yang lebih pasti atau justru melanjutkan kuliah. 

Jadi Aupair kerap dijadikan batu loncatan oleh banyak peserta demi memperoleh penghasilan yang lebih tinggi dan baik lagi. 

Bagaimana, apakah Anda berminat dalam program Aupair? Ada beberapa syarat yang bisa dipenuhi sebagai berikut ini:

  1. Memiliki usia 18 hingga 26 tahun. 
  2. Peserta belum menikah atau memiliki anak. 
  3. Keterampilan bahasa Jerman yang dibutuhkan adalah level A1. 
  4. Memiliki paspor dan siap membuat visa Aupair jika diterima. 
  5. Memiliki pengalaman mengasuh anak lebih baik. 

Semua syarat ini tidak sulit untuk dipenuhi. Jika sudah lengkap maka Anda tinggal membuat cv dan mendaftar melalui Aupair.com. 

Pendaftaran ini bertujuan untuk mencari orang tua asuh yang sesuai. Nanti Anda akan melewati tahapan wawancara. Jika diterima maka tinggal tanda tangan kontrak. 

Cara Mendapatkannya

Keuntungan

Bagaimana caranya agar Anda mendapatkan akses program-program ini? Contohnya seperti Aupair, Anda bisa mengunjungi situs Aupair.com. 

Namun bagaimana dengan program lainnya? Tenang saja banyak cara untuk mendapatkan program kerja di Jerman gratis ini. 

Bahkan melalui cara ini, peluang kerja lain terbaru juga bisa Anda dapatkan. Langsung saja cek caranya ini. 

  • Layanan Ketenagakerjaan Eropa 

Anda bisa mengakses website EURES atau layanan ketenagakerjaan Eropa yang merupakan situs pencari kerja. 

Di sini bukan hanya pekerjaan dari Jerman saja yang tersedia tetapi juga dari negara seperti Swiss atau jaringan uni Eropa lainnya. 

Tinggal akses situsnya, cari pekerjaan yang tepat dan lamar. 

  • Website Pekerjaan Umum di Jerman 

Selain melalui situs di atas, Anda juga bisa mengakses situs dari Jobsinfo.bp2mi.go.id. Situs ini adalah layanan pasar tenaga kerja di Jerman yang sangat besar. 

Semua lowongannya khusu untuk pekerjaan di negara Jerman. Banyak juga lowongan pekerjaan sambilan yang kerap diincar oleh mahasiswa Jerman. 

  • Website Khusus Pencari Kerja di Jerman 

Mirip dengan Indonesia, di Jerman banyak portal kerja milik swasta yang dibuka. Anda bisa mengecek situs seperti praktikum.de, kimeta.de, jobware.de, dll. 

Situs ini memudahkan Anda untuk tahu lowongan kerja di Jerman apa saja yang tersedia. Soal pendidikannya sangat bervariasi tergantung jenis pekerjaan. 

Anda bisa mendaftarkan diri langsung ke lowongan-lowongan ini. Semua portal akan menggunakan bahasa Jerman, jadi pastikan bahwa Anda sudah paham. 

Syarat paling utama dalam mengikuti program kerja di Jerman adalah menguasai bahasa Jerman dengan baik dan benar. 

Belajar bahasa ini tidak bisa langsung cepat, Anda membutuhkan setidaknya waktu satu tahun atau enam bulan belajar. 

Dalam waktu tersebut Anda juga bisa memperbanyak keterampilan atau pengalaman bekerja yang bisa mendukung dalam surat lamaran nantinya. 

Anda yang tertarik untuk kerja di Jerman gratis sebaiknya ikuti kursus bahasa Jerman terlebih dahulu. Soal kursus Anda bisa mendaftar di English Bridge. 

Caranya mudah, tinggal isi saja formulir yang sudah disediakan di atas. 

×

Choose One Of Our Team Members

English Bridge Prep Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×