Jasa PBN AC.ID Edukasi Android Belajar Trading Buzzer Cekresi Coworking cyber duniagames forex inspirasi investasi kerja komputer kredit kursus marketing motivasi pajak redaksi reksadana saham server service software sosial media umkm update vlog Website yandex nusa penida Banyak Prospek Pekerjaan, Wujudkan Kerja di Australia
Whatsapp / Hotline : ‎0811 9691 3000

Bosan bekerja di Indonesia? Memiliki minat untuk bekerja di Australia? Tenang saja! Pasalnya, negeri kangguru itu menyediakan banyak lowongan pekerjaan di berbagai prospek.

Australia menjadi salah satu negara migrasi terbaik bagi para pendatangnya. Negeri ini menawarkan kualitas hidup yang tinggi bagi masyarakat yang tinggal di sana.

Negeri itu memiliki tingkat penghasilan tinggi. Rata-rata penghasilan di Australia adalah AU$ 48.360 dalam satu tahun atau sekitar 518 juta rupiah. Jangan lupakan mengenai lingkungan negara itu; polusi udara Australia dikenal rendah.

Australia memiliki banyak lowongan pekerjaan di beberapa prospek. Sehingga, mencari pekerjaan disana seharusnya tidak begitu sulit, asalkan ingin berusaha.

Hal-Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Kerja di Australia

Hal-Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Kerja di Australia

Sebelum memutuskan untuk bekerja di Australia, Anda perlu mengetahui beberapa hal mengenai negeri kangguru ini.

  • Mengetahui Dasar Tentang Negara Australia

Menjadi imigran memang tidak mudah. Anda dituntut untuk menyesuaikan diri sesuai dengan lokasi yang Anda pijaki. Begitu juga Australia.

Disarankan untuk mengetahui hal-hal dasar mengenai Australia, seperti tempat, cuaca, kultur, dan lainnya. Ini akan membantu Anda untuk bertahan hidup di sana.

  • Memastikan Keahlian Dibutuhkan di Australia

    loker

    Image: immi.homeaffairs.gov.au

     

Untuk memastikan tidak sia-sia dalam melakukan perjalanan, Anda wajib mengetahui apakah keahlianmu dibutuhkan di sana atau tidak.

Pemerintah Australia pun mengeluarkan SOL atau Skilled Occupation List sebagai acuanmu untuk mengetahui apakah keahlian Anda dibutuhkan atau tidak.

Anda bisa mengakses ke laman https://immi.homeaffairs.gov.au/visas/working-in-australia/skill-occupation-list jika ingin mengetahui SOL.

  • Memilih Visa yang Sesuai

Anda harus mengetahui tujuan untuk pergi ke Australia. Apakah jenis pekerjaan tersebut sementara atau Anda akan melakukannya secara permanen.

Pasalnya, Australia menetapkan dua visa untuk pekerja asing, Working Holiday Visa yang berlaku selama satu tahun dan juga Skilled Migration Visa yang berlaku untuk pekerja menetap di sana.

  • Mencari Informasi Mengenai Kedutaan Besar RI

Jika Anda ingin menjadi job seeker di Australia, pastikan Anda melapor diri. Anda dapat melapor diri ke Kantor Perwakilan Republik Indonesia yang ada di Australia.

Hal ini sangat penting untuk pencatatan administrasi penduduk serta kemudahan pelayanan ataupun memberikan bantuan kepada WNI yang berada di Australia.

Syarat Kerja di Australia

Syarat Kerja di Australia

Sebagai imigran, Anda harus mengetahui apa-apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum bekerja. Australia sendiri memiliki berbagai syarat untuk dipenuhi kepada imigran:

  • Fasih Berbahasa Inggris

Negara Ini menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama atau nasional mereka. Maka dari itu, Anda harus fasih dalam berbahasa Inggris.

Kemampuan bahasa Inggris yang diperlukan pun berbeda pada setiap visa. Untuk visa kerja Australia dengan keahlian khusus, Anda perlu memiliki kemampuan bahasa Inggris pada level Advanced atau memiliki skor IELTS 8.0-9.0 dengan 20 poin/A+)

Dan untuk mempersiapkannya Anda bisa mengikuti kursus preparation IELTS di English Bridge.

  • Memiliki Sertifikat atau Mengikuti Training

Untuk mendaftarkan diri di beberapa sektor pekerjaan, para pendaftar wajib menjalankan pelatihan sebelum memulai bekerja.

Tidak perlu khawatir, karena pelatihan ini termasuk pelatihan dasar. Pelatihan dasar ini dilakukan agar peserta siap untuk bekerja.

Beberapa jenis pekerjaan di Australia mengharuskan pelamar untuk menjalani pelatihan terlebih dulu sebelum mulai bekerja.

Baca Juga: Kerja di Korea Selatan: Dari Gaji Hingga Cara Daftarnya

  • Memiliki Kartu SIM Telepon Khusus Australia

Untuk mempermudah menghubungkan antara satu dengan lain, sebaiknya untuk menggunakan provider khusus dari Australia.

Jika Anda melamar pekerjaan di sana pun akan mempermudah proses komunikasi.

  • Membuka Rekening Bank di Negara Australia

Untuk memudahkan proses transaksi maupun pembayaran lain, memiliki nomor rekening khusus bank asal Australia menjadi salah satu syarat juga.

Anda harus bersedia untuk membuka rekening baru agar segala hal yang terlibat keuangan di dalam pekerjaan lebih mudah diproses.

Prospek dan Gaji Kerja di Australia

Australia menyediakan berbagai pekerjaan, baik untuk warga negara asing ataupun warga negara Australia itu sendiri. Berikut beberapa prospek pekerjaan yang dapat Anda lamar:

  • Pelayan

Pekerjaan pelayan sangat sering dijumpai di Indonesia. Australia pun juga menyediakan lowongan kerja di bidang pelayanan, khususnya restoran.

Australia memiliki banyak restoran yang beroperasi. Tidak heran, tenaga pelayan sangat dibutuhkan di sana.

Gaji yang ditawarkan pun tidak main-main. Untuk seseorang yang memiliki pengalaman 1 hingga 4 tahun, gaji yang akan didapat sekitar AU$17,54 atau setara 187 ribu rupiah dalam satu jam.

Lebih lama pengalaman, gaji akan lebih tinggi. Bagi Anda yang memiliki pengalaman 5 hingga 9 tahun di bidang pelayanan, gaji yang akan didapat sekitar AU$20,47 atau 219 ribu rupiah dalam satu jam.

  • Resepsionis

Untuk jenis pekerjaan ini, Anda tidak perlu memiliki pengalaman, lho. Karena biasanya mereka mencari seseorang yang dapat menangani permasalahan administrasi dengan baik.

Untuk gaji yang ditawarkan adalah AU$22,95 atau 245 ribu rupiah hingga AU$24,58 atau 262 ribu rupiah dalam satu jam.

Baca Juga: Kerja di Jepang: Syarat, Gaji dan Cara Mendaftarnya

  • Barista

Untuk Anda yang memiliki ketertarikan meracik minuman, barista menjadi pilihan pekerjaan yang tepat. Pasalnya, Australia memiliki banyak gerai minuman.

Seorang barista di Australia biasa digaji sesuai dengan pengalaman mereka. Untuk yang berpengalaman 1 hingga 4 tahun, akan mendapatkan gaji sekitar AU$19,78 atau sekitar 211 ribu rupiah per satu jamnya.

Sementara itu, bagi Anda yang memiliki pengalaman 4 hingga 9 tahun, bisa mendapatkan gaji sekitar AU$22,33 atau sekitar 239 rupiah dalam satu jam.

  • AU Pair

Jika Anda suka dengan anak kecil, mungkin pekerjaan ini cocok untuk Anda. AU Pair sendiri memiliki arti membantu. Membantu di sini identik dengan membantu menjaga anak-anak.

Singkatnya, Anda akan ditugaskan untuk membantu mengurus dan menjaga anak-anak saat orang tuanya tidak ada. 

Untuk melamar pekerjaan ini, Anda wajib memiliki sertifikat Working with Children Check untuk kemampuan dalam menjaga anak.

Gaji yang ditawarkan pun cukup tinggi. Gaji AU Pair setidaknya mencapai 2 hingga 2,5 juta rupiah dalam satu minggu. 

Cara Kerja di Australia

Cara Kerja di Australia

Untuk mewujudkan impian bekerja di Australia, Anda bisa mendapatkannya dengan berbagai cara. Setelah menetapkan ingin bekerja di prospek pekerjaan mana, kini saatnya Anda melangkah ke tahap selanjutnya.

Baca Juga: Kerja di Polandia: Gaji Hingga Rincian Biaya Hidup

Ada berbagai cara agar Anda dapat bekerja di Australia. Negeri kangguru itu juga tidak sungkan untuk menerima Warga Negara Asing (WNA) sebagai pekerja di sana.

  • Mendatangi Tempat yang Membuka Lowongan

Jika Anda sudah siap untuk bekerja, tidak masalah jika berkelana untuk mengelilingi tempat di Australia, khususnya yang sedang membuka lowongan pekerjaan.

Perlu diketahui, Australia membutuhkan pekerja yang memiliki sertifikat khusus untuk bekerja di beberapa prospek. Anda wajib memilikinya jika ingin melamar di prospek-prospek tertentu.

  • Mencari Lowongan Secara Online

Kemajuan teknologi sudah menjadi teman bagi manusia. Australia sendiri memanfaatkan internet untuk jembatan mencari pekerjaan.

Anda bisa menggunakan layanan portal pencari kerja di internet seperti Indeed, Jora, Career One, dan Seek jika Anda mencari pekerjaan di Australia.

Backpacker Job Board juga bisa menjadi pilihan untuk Anda jika berlibur ke Australia dan membutuhkan pekerjaan sementara. 

  • Mengawali Dengan Magang

Jika Anda ragu untuk mendaftar pekerjaan secara full-time, Anda bisa memulai untuk magang terlebih dahulu. 

Magang di Australia pun dapat dibayar ataupun tidak sama sekali. Namun, pengalaman dapat membantu Anda untuk mendapatkan pekerjaan penuh di waktu selanjutnya.

  • Mendaftarkan Diri Ke Lembaga Rekrutmen

Lembaga rekrutmen akan membantu Anda jika kebingungan untuk mencari pekerjaan. Lembaga ini dapat mencarikan anda pekerjaan sesuai dengan keterampilan yang dimiliki.

Anda hanya perlu mengirimkan Curriculum Vitae (CV) terbaru atau jika masih bimbang mengenai penulisan CV, Anda dapat meminta tolong pihak lembaga tersebut.

Lembaga ini menerapkan sistem wawancara. Jadi, pastikan Anda mempersiapkan diri dengan melakukan latihan wawancara sebelum mendaftarkan diri ke lembaga tersebut.

Berikut ulasan lengkap mengenai hal-hal terkait kerja di Australia. Jika Anda berminat untuk bekerja di Australia, dapat mengisi form di atas ini.

Semoga beruntung untuk bekerja di sana!

×

Choose One Of Our Team Members

English Bridge Prep Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×