fbpx
Uncategorized

IELTS Preparation Course

By May 26, 2018 March 16th, 2019 No Comments

IELTS Preparation Course – IELTS merupakan salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengetahui kemampuan bahasa inggris seseorang. Sertifikat yag dihasikan dari test IETLS ini biasanya digunakan pendaftaran beasiswa ke luar negeri, mengurus visa dan imigrasi atau perpindahan kewarganeraan.

Jenis IELTS ini ada 2 macam yaitu academic dan general training. Adapula IELTS for UKVI yang digunakan khusus untuk pembuatan visa dan imigasi di United Kingdom. Perbedaan antara academic dan general training adalah dari penggunaannya apakah untuk akademik ataupun untuk pekerjaan.

Pada test IELTS di Jakarta tidak berbeda dengan test di wilayah lain, Sesi listening memiliki diberikan waktu 30 menit, untuk reading dan writing masing-masing 1 jam dan sesi terakhir speaking dengan waktu 12-15 menit. Rentang skorny adalah 1-9 dan terbagi atas tidak memiliki kemampuan sampai pengguna ahli. Jika sertifikat ini digunakan sebagai syarat beasiswa luar negeri, maka skor yang didapat minimal 6.5 – 7.5 untuk universitas di wilayah Inggris. Dengan nilai 6.5 – 7.5 diharapkan calon mahasiswa dapat mengikuti kelas belajar mengajar dengan baik dan menjadi salah satu kunci untuk bersosialisasi dengan lingkungan.

IELTS Preparation Course

IELTS Preparation Course

Seperti yang dijelaskan sebelumnya untuk test IELTS di Jakarta tidak berbeda jauh dengan di wilayah lain, berikut beberapa stategi untuk menghadapi soal test IELTS di Jakarta :

  1. Sesi Listening

Untuk sesi listening hal yang harus diperhatikan adalah seberapa peserta memahami aksen yang digunakan.. Perhatikan dengan seksama apa yang disampaikan, kalo diperlukan peserta bisa membuat catatan-catan kecil intisari dari hal yang disampaikan pada listening tersebut. Cara pembelajaran yang mudah untuk sesi listening ini adalah dengan banyak mendengar percakapan maupun berita dari radio ataupun siaran televisi dengan aksen british.

  1. Sesi Reading

Sesi reading ini akan berjalan selama 60 menit. Strateginya adalah dengan membaca dan memahami teks bacaan yang ada dan mengambil informasi apa saja yang tertuang dalam bacaan. Cobalah untuk memahami soal yang ada dan sambungkan dengan informasi yang kita dapat dari bacaan nantinya.

  1. Sesi Writing

Sama dengan sesi reading, sesi ini akan berjalan selama kurang lebih 60 menit. Sesi writing ini peserta kaan diberikan 2 pertanyaan dengan konteks yang berbeda. Biasanya peserta akan diminta untuk menjelaskan sebuah tabel ataupun diagram yang ada. Strateginya adalah perserta test harus banyak membaca koran ataupun majalah, kemudian cobalah untuk mendeskripsikan informasi apa yang didapat dari artikel maupun berita yang kita baca. Cek kembali apakah struktur kalimat yang digunakan sudah benar sesuai kaidah penulisan kalimat dalam bahasa inggris. Hal yang perlu diperhatikan dalam test writing ini adalah kosa kata dan kaidah penulisan atau yang lebih kita kenal dengan sentences.

  1. Sesi Speaking

Sesi ini bisa dibilang adalah sesi yang paling cepat karena hanya berjalan paling lama 15 menit. Biasanya peserta akan diminta untuk menjelaskan diri sendiri pada thap pertama. Tahap selanjutnya peserta akan diminta untuk menjelaskan topik yang dipersiapkan oleh penguji.

Baca Juga  Keutamaan mengikuti Kursus IELTS Jakarta

Untuk menghadapi ujian atau test IELTS Preparation Course ini, diperlukan persiapan yang cukup banyak. Persiapan ini dapat dilakukan otodidak atau dengan mengikuti les/kursus IELTS preparation. Sudah banyak lembaga yang mengadakan IELTS preparation dengan penawaran yang bervariasi pula. Penawaran ini berikaitan dengan jadwal, jumlah jam yang dibutuhkan serta biaya yang harus dibayar. Jumlah jam yang dibutuhkan ini biasanya disesuaikan dengan kemampuan bahasa inggris yang sudah kita punya.

Berkaitan dengan persiapan, untuk menghadapi test IELTS di Jakarta berikut beberapa persiapannya :

  1. Tujuan

Ketika kita akan mengambil test IELTS Preparation Course sebaiknya sesuaikan dengan tujuan dari penggunaan sertifikat nantinya. Tujuan yang sudah ditentukan dan dibuat menjadai acuan kapan kita harus melakukan test. Hal ini akan berkaitan dengan waktu persiapan yang dibutuhkan.

  1. Pre test awal

Sebagai bahan persiapan awal sebaiknya kita melakukan pre test awal terlebih dahulu agar dapat mengetahui kemampuan kita sejauh mana. Dengan mengetahui kemampuan awal akan mempermudah kita dalam mempersiapakan materi untuk test.

  1. Tentukan waktu

Sebaiknya apabila ingin mengikuti test IELTS, sesuaikan dengan tujuan yang sebelumnya sudah dibuat agar tidak terlalu mepet dengan deadline. Dengan jarak dan rentang yang cukup lama bisa kita gunakan untuk persiapan agar hasil test bisa sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Semakin baik persiapannya maka akan semakin baik pula hasil yang bisa didapat.

  1. Target skor

Sebelum melakukan test biasanya kita sudah mentargetkan berapa skor yang harus didapat. Semakin tinggi skor yang ingin dicapai maka persiapan materinya pun harus semakin baik. Apabila target skor yang ingin dicapai cukup tinggi, sebaiknya persiapan menggunakan kursus agar lebih maksimal. Namun apabila peserta tersebut mampu untuk belajar sendiri atau otodidak itu akan lebih menghemat biaya dan memudahkan anda dalam menyesuaikan jadwal.

Baca Juga  Penjelasan mengenai Les Privat GMAT

 

adminmanager

Author adminmanager

More posts by adminmanager

Leave a Reply