English

5 Cara Belajar Grammar dengan Mudah Untuk Para Pemula

By May 27, 2019 No Comments

Belajar Grammar – Apa itu grammar? Grammar masih dianggap sebagai misteri oleh banyak orang bahkan banyak yang membutuhkan waktu lama untuk mempelajarinya.

Pelajaran grammar dalam bahasa asing sering kali ditakuti atau bahkan tidak diperhatikan secara bersamaan. Namun, grammar penting untuk dipelajari dan untuk mempelajarinya Anda hanya membutuhkan cara yang tepat.

Pada tahapan awal, grammar khususnya dalam bahasa Inggris terasa sulit untuk pemula. Ketika Anda mulai melakukan percakapan memang bisa dipahami namun tidak memiliki grammar atau tata bahasa yang baik. Artinya kurang formal dalam berbicara.

cara belajar grammar
5 Cara Belajar Grammar dengan Mudah Untuk Para Pemula

Padahal pembicaraan formal diperlukan dalam hal pekerjaan dan di sekolah. Jika Anda ingin mempelajari bagaimana grammar bahasa Inggris yang mudah, ikuti 5 langkah berikut ini.

1. Pelajari kata sebanyak mungkin

Dasar dari belajar grammar adalah kata atau kosakata. Saatnya untuk membuka kamus atau mendownload kamus online dan pelajari sebanyak yang Anda bisa. Gunakan setiap kayu sesering mungkin sehingga Anda akan mengingatnya. Jangan khawatir, grammar dapat menunggu Anda hingga nyaman untuk menggunakan lebih banyak kata.

Baca Juga:  3 Cara Belajar IELTS Otodidak Untuk Pemula yang Bisa Dicoba

2. Berbicara dan meminta saran

Bahasa membuat Anda menjadi bagian dari sosial, cobalah untuk belajar berbicara dengan orang lain. Tanpa memulai percakapan akan sulit untuk mempelajari grammar dan kosakata dalam bahasa Inggris. Ambil semua kesempatan dimana Anda bisa berbicara dan mendengarkan orang lain.

Mintalah saran dari mereka yang melakukan percakapan dengan Anda. Bagaimana Anda melakukan pelafalan dan juga kalimat yang tepat. Lakukan percakapan dengan native speaker yang bisa memberikan saran terbaik.

3. Mengenal bagian dari kalimat

Sekarang ketika Anda sudah mengetahui banyak kata dan cara mengucapkannya bahkan telah melakukan percakapan ringan, saatnya untuk belajar lebih terperinci. Anda bisa memulai menggunakan setiap kalimat dan mencermati setiap bagiannya.

Baca Juga:  Contoh Kalimat Simple Present Tense Positif Negatif Interogatif

Apa saja yang membangun sebuah kalimat formal dan tidak. Beberapa bagian kalimat yang perlu dipelajari adalah sebagai berikut:

– Noun

Nama dari orang, benda atau suatu hal. Berbagai macam noun perlu dicermati seperti spesifik noun yang menggunakan nama atau general noun yang menyebutkan secara umum.

– Adjective

Merupakan kata sifat yang mendeskripsikan kata benda. Misalnya seperti expensive wallet, black car, tall building. Penggunaannya tepat didepan noun.

– Verb

Kata kerja yang mendeskripsikan arti dari subjek kalimat.

– Conjunction

Kata sambung yang akan menggabungkan dua kalimat misal ‘and, or, but’.

– Preposition

Menunjukan arah atau posisi yang digunakan untuk kata benda (noun).

Inilah beberapa susunan kalimat yang sering digunakan dalam sebuah kalimat yang akhirnya digunakan untuk melakukan percakapan.

Baca Juga:  Contoh Kalimat Passive Voice dan Cara Merubah Active Jadi Passive

cara belajar grammar untuk pemula

4. Memperhatikan pola kalimat

Anda pada akhirnya akan mampu mengidentifikasi pola dari sebuah kalimat. Jika belum, cobalah untuk memperhatikan. Buatlah catatan apa saja grammar yang digunakan untuk membentuk pola tersebut. Nantinya Anda akan memperhatikan penggunaan tense dalam sebuah kalimat setelah memperhatikan pola-pola tersebut.

5. Menghafalkan kata kerja

Satu yang sangat penting dalam belajar grammar bahasa Inggris adalah bagaimana Anda menghafalkan verb atau kata kerja. Penggunaan verb dalam bahasa Inggris cukup rumit karena terdapat banyak perubahan yang perlu diperhatikan.

Pertama adalah jenis verb ada tiga yaitu infinitive (verb 1), past tense (verb 2) dan past participle (verb 3). Penggunaan dari masing-masing verb tersebut tergantung dengan tense yang digunakan. Bentuk tense yang digunakan adalah past tense, present tense dan future tense.

Kedua adalah bagaimana perubahan yang terjadi pada verb. Dua jenis perubahan yang harus dihafalkan adalah reguler verb atau kata kerja yang memiliki perubahan sama yaitu akhiran -ed dan -d. Sedangkan yang banyak harus dihafalkan adalah irreguler dimana tidak ada bentuk perubahan yang sama.

Baca Juga:  3 Tips Memilih Kursus Bahasa Inggris di Jakarta Sesuai Kebutuhan

Dalam mendukung kegiatan belajar grammar dengan lima langkah di atas, berbagai macam fasilitas bisa Anda gunakan. Fasilitas pertama yaitu perbanyak menonton film. Saat ini sangat mudah menemukan film berbahasa Inggris dan jangan gunakan teks.

Cobalah untuk mendengarkan bagaimana para pemain mengucapkan bahasa Inggris menggunakan pelafalan mereka. Coba ulangi beberapa kalimat yang mudah untuk dihafalkan dalam film tersebut.

Fasilitas lain yang juga sangat membantu Anda aplikasi belajar grammar. Anda bisa mendownload salah satu aplikasi yang tersedia dan mengikuti pelajaran di dalamnya. Mulai dari kumpulan kata kerja beraturan dan tidak beraturan hingga bagaimana cara menggunakan grammar yang tepat.

adminmanager

Author adminmanager

More posts by adminmanager

Leave a Reply