English

Cara Dapatkan Beasiswa S2 Di Luar Negeri Dan Syaratnya

By February 12, 2020 No Comments

Beasiswa S2 Di Luar Negeri – Kuliah ke luar negeri adalah impian banyak orang, namun biasanya yang jadi bahan pertimbangan adalah biaya pendidikan dan juga biaya hidup di luar negeri, yang bisa dibilang jauh lebih mahal dari biaya di Indonesia.

Namun, jika Anda mau lebih berusaha, saat ini kuliah di luar negeri bukan lagi hal yang mustahil walaupun tidak punya biaya untuk kuliah. Ada beberapa jenis beasiswa S2 ke luar negeri yang bisa Anda dapatkan. Dan yang akan kita bahasa pada artikel kali ini adalah cara dapatkan beasiswa S2 luar negeri Jerman.

Jerman adalah salah satu negara yang sangat diminati oleh mahasiswa internasional, khususnya Indonesia. Ada banyak hal yang menjadi keunggulan pendidikan Jerman membuat banyak calon mahasiswa ingin kuliah di Jerman, baik dari jalur beasiswa maupun non beasiswa.

Daftar Beasiswa S2 Di Luar Negeri

syarat beasiswa s2 lpdp luar negeri
Namun jika Anda mencari jalur beasiswa S2 di Jerman, berikut adalah beasiswa yang bisa Anda coba apply :

1. Beasiswa DAAD

Beasiswa DAAD adalah beasiswa kuliah ke Jerman, yang dibiayai oleh pemerintah. Dan untuk DAAD cukup banyak diterima setiap tahunnya. Anda cukup persiapkan persyaratannya dan apply atau daftar di website DAAD.

2. Erasmus Plus

Erasmus plus adalah beasiswa oleh pemerintah Uni Eropa, tetapi Anda yang merupakan warga non Uni Eropa juga bisa menerima beasiswa tersebut, untuk syarat dan pendaftaran bisa Anda baca pada website Erasmus Plus

Baca Juga:  3 Tips Memilih Kursus Bahasa Inggris di Jakarta Sesuai Kebutuhan

3. Beasiswa Universitas

Selain dua beasiswa dari pemerintah di atas, Anda harus paham juga bahwa ada banyak universitas di Jerman yang menyediakan beasiswa, namun beasiswa untuk yang berprestasi, jadi jika nilai akademik Anda tinggi, Anda bisa coba apply.

Univesitas di Jerman yang biasanya menyediakan beasiswa untuk mahasiswa berprestasi adalah FRIAS Cofund Fellowship Programme, RWTH Aachen University, Frankfurt School of Finance and Management Doctoral Tuition Waivers, dan masih ada beberapa kampus lainnya.

Cara Dapatkan Beasiswa S2 Di Luar Negeri

syarat beasiswa s2 luar negeri

Itulah 3 jenis beasiswa S2 luar negeri Jerman yang bisa Anda apply, sekarang yang akan kita bahasa selanjutnya adalah bagaimana cara dapatkan beasiswa luar negeri tersebut, apa tahapan-tahapan yang harus kita lakukan dan persiapkan, selengkapnya simak pada cara dapatkan beasiswa luar negeri Jerman berikut ini :

1. Tentukan Program Studi

Untuk program studi S2 yang akan Anda pilih sebaiknya sesuaikan dengan program studi S1 Anda, karena akan lebih menyesuaikan ke basic Anda. Namun walaupun tidak memilih jurusan atau program studi yang linear, Anda harus pertimbangkan juga mata kuliah apa saja yang akan diambil pada jurusan tersebut, apakah lulusannya atau alumninya sangat diterima didunia kerja, dan lain sebagainya.

2. Persyaratan

Pahami terlebih dahulu persyaratan yang diminta oleh piha universitas, dan jangan sampai terlewatkan juga syarat yang dilampirkan untuk setiap program studi, yaitu program studi yang sudah Anda tentukan.

Karena bisa saja persyaratan umum dari universitas berbeda dengan syarat pada program studi, mungkin Anda tambahan lainnya, jadi Anda harus tetap periksa dan pahami apa yang diminta.

Pada umumnya yang diwajibkan adalah, izajah atau sertifikat S1, surat recomendasi dari tempat Anda bekerja atau dari universitas studi S1, sertifikat kemampuan bahasa Jerman, transkip nilai yang sudah diubah ke bahasa Jerman, esai, dan lain sebagainya.

3. Menulis Esai

Dari banyak cara mendapatkan beasiswa S2 luar negeri, satu yang paling ditekannkan adalah isi dari Esai Anda, tulisan yang terlalu tinggi ekspektasinya sebaiknya dihindari, tetapi lebih ke menulis apa yang ada pada pikiran Anda.

Apa motivasi Anda untuk mendapatkan beasiswa tersebut, apa yang Anda lakukan setelah mendapatkan dan setelah lulus dari studi S2 Anda. Dan jika beasiswa yang Anda dapatkan adalah beasiswa dari pemerintah Indonesia, tulislah apa yang Anda lakukan untuk Indonesia ketika masa studi Anda berakhir.

Selain isi dari esai Anda, grammar yang Anda gunakan juga harus benar, jadi untuk penulisan esai jangan Anda tuliskan dengan terburu-buru, karena butuh koreksi berkali-kali, esai sangat menentukan Anda berhasil atau tidaknya menerima beasiswa S2 ke luar negeri.

Atau untuk lebih memaksimalkan esai Anda, minta bantuan orang lain yang lebih paham tentang penulisan esai dengan grammar yang benar. Jika Anda merasa bahwa tulisan esai Anda sudah maksimal, esai siap untuk dilampirkan untuk apply.

Baca Juga:  5 Jenis Simple Future Tense Beserta Contoh Kalimat dan Artinya

4. Mendaftar

Sebelum mendaftar, Anda harus cek terlebih dahulu tanggal mulai dibuka pendaftaran dan masa tenggang pendaftaran, jangan sampai Anda fokus mempersiapkan syarat-syarat pendaftaran dan lupa masa tenggang pendaftaran hingga terlewat, jadi pastikan kapan pendaftaran akan dimulai dan diakhiri.

Untuk pendaftaran bisa Anda lakukan secara online dan kunjungi website beasiswa yang Anda pilih, kemudian buat account untuk pendaftaran Anda, jangan sampai lupa login email yang Anda gunakan, atau untuk lebih aman catat email dan sandi Anda, karena semua informasi terkait akan dikirimkan ke email yang Anda lampirkan.

Bayar biaya pendaftaran beasisiwa Anda, bisa menggunakan paypal, kredit card, dan debit card. Bayar sesuai jumlah yang dituliskan pada syarat pendaftaran, simpan resi pembayaran Anda. Namun memang untuk beberapa universitas, ada juga yang gratis. Sesuaikan dengan syarat yang berlaku.

Itulah 4 cara mendapatkan beasiswa S2 luar negeri yaitu beasiswa ke Jerman, dan setelah Anda sudah mendaftar atau apply, saatnya Anda menunggu hasil, biasanya pengumuman akan keluar minimal 2 minggu setelah apply, dan ada juga untuk beberapa beasiswa harus menunggu setahun.

Jadi sebaiknya Anda lebih sering cek email, kapan pun Anda dikirimi hasil dari yang Anda apply Anda bisa langsung prepare untuk tahapan selanjutnya, namun jika Anda juga tidak berhasil Anda bisa prepare juga untuk rencana studi lainnya.

Sekian untuk cara dapatkan beasiswa S2 di luar negeri dan juga jenis beasiswa kuliah S2 di Jerman, semoga beranfaat dan bisa menambah wawasan Anda. Semoga persiapan Anda untuk kuliah S2 di luar negeri dengan beasiswa bisa berjalan dengan baik dan berhasil menerima beasiswa.

adminmanager

Author adminmanager

More posts by adminmanager

Leave a Reply