fbpx
Uncategorized

GRE Test Jakarta

By May 26, 2018 March 16th, 2019 No Comments

GRE Test Jakarta – Untuk mampu bersaing di era globalisasi ini tentunya kualitas pendidikan saat mempengaruhi skil setiap pribadi masing-masing. Tak sedikit orang ingin melanjutkan sekolah pascasarjana untuk menggali ilmu dan pengetahuan lebih dalam. Tak sedikit orang pun yang ingin melanjutkan pascasarjana ke perguruan tinggi luar negeri terutama Amerika. Mereka memilih untuk melanjutkan pendidikannya ke Luar Negeri karena standar pendidikan di luar negeri sangatlah bagus.

Untuk melanjutkan sekolah pascasarjana ke perguruan tinggi luar negeri khususnya Amerika, perlu persiapan yang matang mulai dari pengumpulan berkas dan tes yang harus diikuti sebagai salah satu syarat wajib. Kita pun sudah mendengar GRE dan dibenak kita mungkin sulit untuk mengikuti serangkaian tes tersebut.

Pengertian GRE Test Jakarta

Apasih GRE itu? Kenapa perlu GRE untuk masuk perguruan tinggi luar negeri? GRE adalah kepanjangan dari Graduate Record Examination. GRE adalah tes standarisas sebelum kita masuk perguruan tinggi luar negeri. GRE merupakan tes komputerisasi yang dirancang untuk mengukur potensi seseorang dalam bidang akademik. GRE merupakan bagian dari prosedur pendaftaran tes masuk perguruan tinggi luar negeri khususnya di Amerika Serikat.

GRE Test JakartaSekitar 500.000 orang mendaftar dan mengikuti tes GRE setiap tahunnya. Nilai GRE sangat diperlukan bagi kita saat mendaftar sekolah ke luar negeri terutama jika ingin mendapatkan beasiswa. Nilai GRE sendiri valid sampai lima tahun.

Cara Mendaftar GRE

Untuk mendaftar GRE dapat dilakukan secara online di Prometric. Biaya yang akan dikenakan adalah $190 dan menggunakan metode pembayaran kartu kredit. Di Indonesia Tes GRE hanya ada di Jakarta yaitu di Indonesia International Education Foundation (IIEF). Bisa datang langsung untuk mencari informasi atau bila ingin langsung mendaftar. Kita juga bisa mengunjungi situs ETS. Dalam situs ETS kita akan mendapatkan informasi yang lengkap dan jelas.

Baca Juga  GRE Adalah - Penjelasan lengkap seputar GRE Test

Kenapa Mesti Memilih GRE ?

GRE dipilih bagi kita yang berencana melanjutkan sekolah ke luar negeri khususnya di Amerika Serikat karena sebagai salah satu persyaratan wajib sebelum masuk ke perguruan tinggi tersebut. Di Eropa pun beberapa perguruan tinggi mensyaratkan tes GRE yaitu di London. Bagi kita yang ingin mengambil perguruan tinggi dengan bidang atau jurusan yang berbeda selain bisnis, maka tes GRE sangat diperlukan. Biaya yang kita keluarkan untuk tes GRE bisa dikatakan relatif murah dibandingkan tes lainnya yang digunakan sebagai syarat masuk perguruan tinggi yaitu $190.

Komponen Tes GRE

Tes GRE berlangsung selama 3 jam 45 menit. Tes berbasis komputerisasi ini disajikan dalam bahasa inggris. Bagi kita yang menguasai kosakata dan wawasan yang luas tentang bahasa inggris,akan lebih mudah dalam pengerjaannya. Tes ini terdiri dari tiga komponen yaitu writing, verbal, dan quantitative.

  • Kuantitatif– Tes ini terbagi dalam 2 tahap yang terdiri dari 20 pertanyaan dengan selang waktu pengerjaannya 40 menit. Bagian yang berisikan soal matematika secara konseptual. Soal matematika ini sama dengan pelajaran matematika yang kita dapat dibangku SMA yaitu aljabar, deret hitung, probabilitas, statistik dan geometri. Bagi kita yang menyukai matematika maka tidaklah sulit untuk mengerjakannya, seringlah latihan untuk memperoleh hasil yang optimal. Tips untuk mengerjakan bagian ini adalah:
  1. Gunakan waktu dengan sebaik-baiknya. Jangan terlalu lama menghitung 1 soal saja.
  2. Pahami setiap pertanyaan dan jawaban yang tersedia dalam pilihan ganda
  3. Fokus dalam informasi yang tersedia dalam soal tersebut.
  • Verbal– Tes ini terbagi menjadi 3 bagian yaitu reading comprehension, critical reasoning dan vocabulalry. Tes ini memiliki 2 tahapan yang masing-masing memiliki 20 soal yang haru dikerjakan selama 40 menit. Tes ini menguji kosakata dan biasanya kosakatanya jarang kita dengar sehingga memiliki tingkat kesulitan yang tinggi.
  • Writing– Tes analisa yang terbagi menjadi 2 bagian yaitu issue task dan argument task. Tes ini kita dituntut untuk menganalisa dari suatu issue dan menuliskan hasil analisa dan pepecahan masalahnya dalam writing di komputer. Sebelum mengikutites ini perlu latihan writing karena kita dituntun untuk memiliki kemampuan writing. Saat penulisan kita tidak dibantu auto correction sehingga perlu berhati-hatilah dalam menulis. Skala penilaian tes ini yaitu 0-6. Tips untuk mengerjakan writing yaitu :
  1. Baca dan pahami semua petunjuk sebelum menjawab pertanyaan, telitilah dalam mengerjakan
  2. Bedakan setiap argumen. Identifikasikan setiap permasalahan dan kembangkan serta hubungkan dengan argumen tersebut.
  3. Telitilah dalam menjawab pilihan ganda, sebelum mengambil keputusan.
  4. Jawablah pertanyaan yang terkait dengan bacaan tersebut. Jangan keluar dari konteks bacaan.
  5. Atur waktu sebaik mungkin, gunakan waktu yang ada untuk menjawab semua soal.
  6. Koreksi setiap penulisan kita, karena sistem komputerisasi ini tidak dapat mengecek penulisan kita.
Baca Juga  Keutamaan mengikuti Kursus IELTS Jakarta

Demikianlah pembahasan artikel mengenai GRE, bagi kita yang akan mengikuti tes GRE gunakan waktu sebaik-baiknya untuk latihan, karena tes ini mengukur kemampuan akademik kita dari berbagai bidang. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

adminmanager

Author adminmanager

More posts by adminmanager

Leave a Reply