Jasa Backlink AC.ID Edukasi Pelatihan BIM Mau Daftar FSJ Jerman? Ketahui Hal-Hal Penting Ini
Whatsapp / Hotline : ‎0811 9691 3000

FSJ Jerman sebenarnya adalah sebuah program khusus yang memberi kesempatan kepada pemuda dari luar Jerman untuk mencari pengalaman di bidang sosial

Freiwilliges Soziales Jahr atau FSJ, kini cukup populer di kalangan pencari kerja, khususnya yang ingin meniti karir di Jerman.

FSJ Jerman sebenarnya adalah sebuah program khusus yang memberi kesempatan kepada pemuda dari luar Jerman untuk mencari pengalaman di bidang sosial. 

Selama ini banyak yang beranggapan bahwa lembaga sosial tersebut seperti sebuah tempat pelatihan tenaga kerja. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar, maupun sebaliknya.

Lalu, apa sebenarnya FSJ ini, dan bagaimana sistem kerjanya? berikut ini pembahasan lengkapnya. 

FSJ Adalah Freiwilliges Soziales Jahr

Apa itu FSJ? ternyata FSJ yang memiliki kepanjangan Freiwilliges Soziales Jahr adalah sebuah program kerja sosial yang didirikan oleh lembaga sosial di Jerman.

FSJ memberikan kesempatan kepada pemuda-pemuda di luar Jerman yang ingin merasakan kehidupan sosial dan lingkungan kerja di sana. 

Istilah FSJ sendiri sering diartikan sebagai tenaga sukarelawan. Hal ini karena tenaga yang bergabung di FSJ sebenarnya bukanlah pekerja, melainkan tenaga sukarelawan yang bekerja di bidang sosial. Lebih tepatnya, FSJ seperti program volunteer yang bekerja untuk kepentingan sosial. 

Di FSJ, tenaga sukarelawan ini dididik dengan mengikuti lokakarya yang mendukung pengembangan kepribadian mereka. Para peserta juga diberikan kesempatan untuk mendapatkan wawasan yang intensif mengenai berbagai bidang profesi sosial. 

Baca Juga: Mau Daftar Program Ausbildung di Jerman? Ketahui Hal Ini

Dengan mengikuti program FSJ, peserta bisa meningkatkan keterampilan mereka dalam kritik komunikasi, dan wawasan sosial budaya. Dengan mengikuti program FSJ ini, peserta juga bisa menentukan karir yang tepat untuk masa depannya.

Para peserta FSJ di Jerman ini akan diikutkan pada kegiatan sosial di panti jompo, rumah sakit, atau fasilitas untuk orang cacat.

Selama mengikuti program ini, peserta diberikan uang saku sekitar 700-800 euro dengan jam kerja sesuai peraturan yang berlaku di tempat penugasan. 

Keuntungan Bergabung di FSJ 

Keuntungan daftar

Meskipun peserta FSJ hanya merupakan tenaga sukarelawan, tetapi bergabung di program sosial ini bisa memberikan banyak keuntungan.

Apa saja keuntungan dengan bergabung di FSJ? Beberapa di antaranya ada di bawah ini. 

Mendapatkan Pelatihan 

Sesuai dengan peraturan dalam FSJ, peserta program sosial ini mendapatkan fasilitas berupa pelatihan atau lokakarya.

Pelatihan yang diberikan akan memberikan manfaat yang cukup tinggi untuk memgembangkan potensi Anda. 

Pelatihan yang diberikan FSJ ini harus diikuti oleh peserta selama 12 bulan dan dianggap sebagai masa kerja.

Selama bergabung dengan FSJ, peserta wajib mengikuti lokakarya sebanyak 5 hari dalam seminggu, atau setidaknya selama 25 hari dalam satu tahun. 

Peserta program FSJ yang sudah mengikuti pelatihan, bisa mengikuti pelatihan lanjutan sesuai dengan bidang penugasan yang diikuti.

Untuk pelatihan lanjutan ini, keseluruhan biaya menjadi tanggung jawab lembaga pendukung. 

Mendapatkan Uang Saku

Keuntungan lainnya yang bisa didapatkan dengan bergabung di FSJ Jerman adalah, peserta mendapatkan uang saku atau yang biasa disebut dengan remunerasi.

Besar uang saku tergantung kebijakan dari lembaga penugasan yang diikuti, tetapi umumnya di kisaran angka 700-800 euro. 

Selain mendapatkan uang saku, peserta pelatihan juga akan dicukupi kebutuhannya mulai dari makan, akomodasi, serta biaya transport atau biaya perjalanan perjalanan.

Bagi lembaga yang tidak memberikan fasilitas akomodasi dan sejenisnya, biasanya akan dikompensasikan atau diganti dalam bentuk uang. 

Terdapat Jam Kerja 

Meskipun peserta FSJ merupakan tenaga sukarelawan, tetapi program ini memiliki jam kerja sesuai kesepakatan antara lembaga penugasan dan peserta.

Apabila tidak ada penentuan jam kerja khusus, maka diberlakukan jam kerja sesuai peraturan yang berlaku. 

Mendapatkan Jaminan Asuransi Sosial

Seluruh peserta FSJ mendapatkan jaminan asuransi kesehatan dan asuransi perawatan jangka panjang.

Selain asuransi kesehatan dan jaminan perawatan, peserta FSJ juga mendapatkan tunjangan untuk anak serta potongan pajak untuk anak-anak mereka. 

Potongan pajak untuk anak-anak ini diberikan kepada peserta FSJ yang memiliki pendapatan di bawah pendapatan sebenarnya sesuai ketentuan pemerintah. Potongan pajak ini ditanggung oleh lembaga penugasan yang ditempatinya. 

Selain jaminan asuransi kesehatan, asuransi perawatan, dan tunjangan anak, peserta FSJ Jerman ini juga mendapatkan asuransi pensiun. Untuk asuransi pensiun ini dihitung sesuai dengan waktu yang sudah diikuti dalam program sosial ini. 

Bisa Melanjutkan Pendidikan Setelah Selesai Mengikuti Program 

Batas usia maksimal peserta FSJ adalah 27 tahun. Di usia ini, peserta masih bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, setelah selesai mengikuti program FSJ.

Apabila ingin melanjutkan pendidikan di Ausbildung, maka peserta tidak perlu membayar deposit lagi. 

Bagi peserta yang ingin memperdalam keahliannya sesuai dengan yang didapatkan selama mengikuti pelatihan di FSJ, bisa juga melanjutkan pendidikan untuk meraih gelar sarjana. Untuk program ini, peserta diwajibkan membayar sebesar 10.200 euro sebagai deposit. 

Mengikuti Program Secara Gratis

Keuntungan yang paling menggiurkan adalah, saat mengikuti program FSJ, peserta tidak dipungut biaya sepeserpun, alias gratis.

Meskipun demikian, peserta juga perlu menyiapkan dana yang digunakan untuk persiapan sebelum mengikuti program ini. 

Biaya ini dibutuhkan untuk mengikuti kursus bahasa Jerman, biaya mengurus visa, paspor, biaya dokumen, serta tiket pesawat. Sedangkan untuk mengikuti program FSJ, peserta sama sekali tidak dipungut biaya. 

Syarat Mendaftar 

Syarat Mendaftar 

Lalu, apa saja yang harus disiapkan apabila ingin mengikuti program FSJ ini? Meskipun peserta FSJ merupakan tenaga sukarelawan, tetapi untuk bisa mengikuti program ini ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Berikut cara daftar FSJ di Jerman:

Usia Maksimal 27 Tahun

Syarat pertama untuk bisa mengikuti program FSJ adalah usia tidak lebih dari 27 tahun. 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, FSJ ditujukan untuk pemuda di luar Jerman yang ingin merasakan kehidupan sosial di Jerman dengan usia maksimal 27 tahun. 

Lulus Kursus Bahasa Jerman pada level B1

Karena program FSJ ini merupakan  program yang diselenggarakan oleh dinas sosial di Jerman, dan diadakan di sana, maka peserta program ini wajib menguasai bahasa Jerman. 

Kemampuan berbahasa Jerman ini dibuktikan dengan sertifikat kursus dengan level B1 dan unuk itu Kamu wajib mengikuti kelas kursus bahasa Jerman di English Bridge.

Dokumen Motivation Letter dalam bahasa Jerman

Syarat lainnya, peserta juga harus melengkapi dokumen berupa motivation letter. 

Motivation letter ini berbentuk surat yang dibuat oleh calon peserta dan berisi motivasi atau alasan untuk mengikuti program FSJ ini. Motivation letter harus ditulis dengan menggunakan bahasa Jerman. 

Menyetorkan Curriculum Vitae dalam bahasa Jerman

Dokumen lainnya, calon peserta juga harus membuat curriculum vitae. Curriculum vitae yang merupakan biodata calon peserta serta riwayat pendidikan ini juga harus ditulis atau dibuat dengan menggunakan bahasa Jerman. 

Membuat Surat Lamaran dalam Bahasa Jerman

Calon peserta FSJ juga diharuskan membuat surat lamaran untuk mengikuti program yang diselenggarakan.

Surat lamaran yang dibuat harus menggunakan bahasa Jerman, dan akan ikut menentukan apakah peserta akan diterima serta mendapatkan kontrak di FSJ atau tidak. 

Menyertakan Ijazah pendidikan terakhir dan transkrip nilai

Syarat terakhir yang harus disiapkan oleh calon peserta adalah ijazah pendidikan terakhir beserta transkrip nilainya. Ijazah dan transkrip nilai ini juga harus diterjemahkan dalam bahasa Jerman oleh jasa Penerjemah yang sudah disumpah. 

Cara Mendaftar 

Setelah semua persyaratan dan dokumen dipenuhi, maka calon peserta bisa langsung melakukan pendaftaran untuk bisa menjadi peserta di FSJ.

Langkah-langkah untuk mendaftar di FSJ Jerman adalah sebagai berikut. 

Langkah pertama, buka website FSJ dan cari informasi mengenai cara mendaftar di FSJ ini. Anda kemudian bisa melakukan pendaftaran sesuai ketentuan yang diminta, dan langkah yang dijelaskan.

Setelah melakukan pendaftaran dan menyelesaikan semua persyaratan termasuk mengirimkan dokumen yang diperlukan, peserta bisa menunggu hingga mendapatkan kontrak dengan FSJ.

Apabila pendaftaran diterima, maka peserta bisa langsung mendapatkan kontrak dari FSJ. 

Setelah mendapatkan kontrak dari FSJ, maka calon peserta bisa mulai melakukan pengurusan paspor dan visa untuk keberangkatan ke Jerman. Visa dibutuhkan sebagai syarat perjalanan ke luar negeri, dan pengurusannya bisa dilakukan di kantor imigrasi. 

Visa untuk keberangkatan ke Jerman dalam program FSJ merupakan visa bekerja dan hanya berlaku selama satu tahun.

Setelah visa keluar, maka peserta baru bisa melakukan pembelian tiket pesawat untuk berangkat ke Jerman.

Untuk memudahkan calon peserta dalam melakukan pendaftaran di FSJ, maka peserta bisa mendaftar melalui English Bridge.

English Bridge akan mengawal peserta mulai dari pendaftaran, hingga peserta bisa mendapatkan kontrak FSJ dan siap berangkat ke Jerman. 

Dan untuk informasi lebih lengkapnya bisa mengisi biodata Kamu diatas form ini.

×

Choose One Of Our Team Members

English Bridge Prep Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×