Jasa Backlink AC.ID Edukasi Pelatihan BIM Panduan Lengkap Cara Kuliah di Jerman Untuk Pelajar
Whatsapp / Hotline : ‎0811 9691 3000

Jerman termasuk negara yang paling diminati untuk melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi.

Negara di benua Eropa ini, dikenal memiliki Universitas unggulan yang tak kalah dengan Universitas ternama di luar negeri lainnya. Cara kuliah di Jerman sebenarnya tidak sulit, asalkan ada kemauan yang kuat.

Untuk dapat kuliah di luar negeri, Anda bisa menempuhnya dengan banyak cara. Mulai dari jalur tes, mandiri, bahkan hanya bermodal mahir berbahasa asing.

Tidak percaya? Yuk simak pembahasan di bawah ini agar dapat lebih memahaminya.

Alasan Perlu Mempertimbangkan Jerman Sebagai Tujuan Studi Lanjutan

Alasan

Ada banyak alasan mengapa Anda harus melanjutkan studi S1 atau S2 di Jerman. Kualitas kampus, mahasiswa, dan alumninya sudah tidak perlu diragukan lagi.

Di bawah ini adalah beberapa poin yang bisa Anda jadikan pertimbangan sebelum menetapkan untuk berkuliah di Jerman. 

  • Kualitas Pendidikan Sudah Diakui Dunia

Berdasarkan data, sebanyak 300 lebih Universitas negeri ternama di dunia ini hampir setengahnya berada di negara Jerman. Itulah mengapa negara ini terkenal dengan keintelektualannya yang tinggi. Jerman merupakan negara yang banyak menghasilkan para penemu, peneliti, dan penyair dunia. 

Seperti yang sudah diketahui, bahwa ada beberapa ilmuan yang berasal dari Jerman. Sebut saja Albert Einstein, Robert Koch, dan masih banyak para penerima Nobel lainnya. Kemungkinan, ada sekitar lebih dari 60 orang Jerman yang pernah menerima Nobel. 

Hal itu membuktikan dari banyak gagasan dan inovasi luar biasa yang lahir di lembaga-lembaga pendidikan di Jerman. Ada beberapa Universitas di Jerman yang sudah terakreditasi Internasional dengan program studi yang beragam. 

  • Menawarkan Berbagai Program Studi

Seperti yang sudah disebutkan, bahwa jurusan atau program studi di Perguruan Tinggi yang ada di Jerman sangatlah banyak. Total 1000 program studi dari 16.000 program studi yang ditawarkan adalah program Internasional. 

Program studi yang ada mencakup macam-macam bidang ilmu. Misalnya saja bidang sains dan pengetahuan, teknologi, kesenian, perfilman, dan masih banyak lagi. Wah, jika memiliki kesempatan, pasti Anda bisa memilih jurusan yang sesuai dengan passion tentunya. 

Belum lagi para tenaga pengajar dan pendidik yang handal dan memiliki kredibilitas tinggi. Para dosen akan membantu semua mahasiswanya dengan sangat kooperatif. Dengan demikian, hasil studi yang dicapai dijamin memuaskan. 

  • Biaya Hidup Relatif Terjangkau

Ada satu alasan lagi yang bisa Anda pertimbangkan, yaitu biaya hidup yang cukup murah. Pasti Anda tidak percaya jika hidup di negara maju seperti Jerman bisa hemat biaya. Bagaimana tidak, beberapa Universitas di Jerman memiliki banyak program untuk mahasiswanya. 

Salah satunya adalah iuran per semester bagi setiap mahasiswa sekitar 2 juta rupiah saja. Iuran tersebut nantinya bisa dimanfaatkan untuk mahasiswa itu sendiri, misalnya untuk naik transportasi umum secara gratis. 

Menurut statistik, setidaknya tiap mahasiswa di Jerman membutuhkan dana sekitar 13 juta rupiah tiap bulannya. Tak perlu khawatir, karena banyak kampus yang menyediakan beasiswa untuk mahasiswa berprestasi. Jadi teruslah semangat belajar dengan giat agar Anda bisa mendapatkan beasiswa. 

  • Suasana Aman dan Kondusif

Kelebihan hidup di lingkungan kampus di Jerman adalah lingkungan yang aman dan kondusif. Hampir sama sekali tidak pernah ditemui kasus kriminal di sekitar kampus. Dengan demikian, Anda bisa bebas beraktivitas di siang maupun malam hari tanpa takut ada hal-hal yang tidak diinginkan.

Suasananya juga tidak terlalu ramai, tidak banyak terdengar lalu lalang motor atau mobil. Lingkungan belajar yang seperti ini pasti memberikan kenyamanan bagi semua warga kampus. Proses pembelajaran pun akan berjalan efektif. 

  • Asuransi Kesehatan

Selanjutnya, Anda dapat menerima asuransi kesehatan. Perlindungan kesehatan ini bisa diterima dari kegiatan iuran tiap mahasiswa yang sudah dijelaskan di atas. Kesehatan sangat penting dijaga apalagi hidup jauh dari keluarga. 

  • Lulusan dan Alumninya Luar Biasa

Kelebihan kuliah di Jerman yang terakhir adalah para lulusan atau alumninya patut diacungi jempol. Banyak sekali alumni yang berhasil dalam karirnya. Perusahaan-perusahaan internasional terbukti banyak yang mencari lulusan terbaik dari kampus-kampus di Jerman. 

Langkah-Langkah Untuk Mendaftar 

Langkah-Langkah

Cara daftar kuliah di Jerman terdiri dari beberapa tahap. Sebelum Anda memutuskan berkuliah di Jerman, maka harus menyiapkan beberapa hal penting. Berikut ini adalah rincian persiapan yang mungkin bisa dijadikan acuan untuk Anda yang ingin kuliah di Jerman. 

  • Belajar Bahasa Jerman

Cara kuliah di Jerman yang pertama adalah belajar bahasa Jerman. Suatu hal yang mustahil apabila Anda hidup di sana tetapi tidak mengerti bahasa asli Jerman sama sekali. Solusinya adalah, Anda harus mengikuti kursus intensif sebelum berangkat ke Jerman. 

Saat ini, sudah banyak tempat kursus bahasa Jerman yang bisa ditemui di berbagai kota besar di Indonesia. Silakan melakukan survey dan pilih menurut Anda yang terbaik. Tentunya ada banyak hal yang harus dinilai untuk menentukan bagus tidaknya tempat kursus. 

Selain itu, program pendidikan S1 dan S2 di Jerman saat ini lebih banyak menggunakan bahasa Jerman daripada bahasa Inggris. Interaksi sehari-hari juga mengharuskan Anda untuk berkomunikasi dalam bahasa asli warga setempat. 

  • Pilih Universitas dan Program Studi

Perlu Anda ketahui bahwa Universitas di Jerman menyediakan jurusan satu bahasa (Inggris) dan dwibahasa (Inggris dan Jerman). Kuota program studi yang berbahasa Inggris sangat terbatas. Jadi, Anda harus memikirkan secara matang. 

Pilih Universitas yang terbaik untuk akreditasi jurusan yang dipilih. Hal ini tentu akan memakan banyak waktu. Jika salah pilih, dikhawatirkan mengganggu proses belajar di kemudian hari. Untuk membantu, silakan membuka situs resmi DAAD (German Academic Exchange Service). 

Situs tersebut berfungsi untuk membantu dalam mencari informasi mengenai beberapa Universitas dan program studi di Jerman. Setelah membuka halaman web, silakan membaca tiap-tiap informasi dengan seksama hingga mendapatkan keputusan yang bulat. 

  • Pelajari Ketentuannya

Setelah berhasil memilih 1 kampus dan 1 jurusan sesuai kemampuan, langkah selanjutnya yaitu pelajari semua hal yang terkait seperti ketentuan yang ada. Jika memilih jurusan yang ada bahasa Jerman, maka level bahasa yang dibutuhkan  adalah setara sertifikasi Goethe atau C2. 

Jika Anda memilih program studi dalam bahasa Inggris, maka nantinya Anda harus menyertakan sertifikat TOEFL atau IELTS sebagai bukti. Untuk mendapatkan sertifikat tersebut, tentunya Anda harus menjalani kursus bahasa hingga lancar. 

Biasanya sebagian kecil kampus akan memberikan syarat wawancara dengan mahasiswa sebagai proses aplikasi. Oleh karena, itu persiapan yang matang harus dipikirkan agar semuanya berjalan lancar.

  • Siapkan Dana Kuliah dan Biaya Hidup

Menyiapkan dana adalah hal yang sangat penting, meskipun Anda bisa menempuh kuliah dengan biaya gratis dari beasiswa. Hal itu dikarenakan, ada kebutuhan lain di kampus seperti iuran untuk kantin, asrama, dan fasilitas lainnya. 

Selain itu, juga untuk biaya tambahan jajan atau belanja Anda selama disana. Sebaiknya, mulai pikirkan bagaimana cara Anda mendapat uang sambil kuliah. Anda bisa mengikuti banyak beasiswa yang ada, mengajukan pinjaman, atau bisa sambil bekerja paruh waktu. 

Jika ingin kuliah sambil bekerja, maka Anda harus pandai mengatur waktu. Beberapa kampus disana memperbolehkan mahasiswanya untuk bekerja paruh waktu, setidaknya jika ditotal adalah 20 jam per minggu.

  • Buat Motivation Letter

Cara kuliah di Jerman selanjutnya adalah membuat motivation letter. Surat motivasi ini dibuat dalam rangka persyaratan yang diberikan oleh mayoritas kampus. Surat tersebut berisi ringkasan tentang pribadi dan motivasi mengambil suatu program studi beserta rencana Anda ke depannya. 

Usahakan buat motivation letter yang menarik, sehingga berbeda dengan mahasiswa lain. Tunjukkan apa saja kelebihan dan keunikan Anda. Dengan begitu, pihak kampus bisa mempertimbangkan pendaftaran kuliah yang akan dilakukan. 

  • Minta Juga Recommendation Letter

Ada lagi persyaratan lain yang sering diberikan, yaitu recommendation letter. Surat rekomendasi ini bisa Anda dapatkan dari pihak sekolah, kampus (dosen), atau atasan yang mengajukan Anda karena patut untuk kuliah di universitas yang bersangkutan. 

  • Melamar Visa

Nah sesudah menyiapkan syarat dan melakukan pendaftaran, langkah berikutnya yaitu silakan membuat visa luar negeri. Anda harus datang ke Jakarta untuk membuat dokumen-dokumen resmi tersebut. Setidaknya, akan membutuhkan beberapa waktu untuk mendapatkannya. 

  • Cari Akomodasi

Apabila sudah yakin lolos, mulailah cari akomodasi yang dibutuhkan selama disana. Misalnya tempat tinggal, transportasi pendukung, dan sebagainya. Jika merasa bingung, Anda bisa bertanya ke Kantor Departemen Internasional yang ada di suatu kampus. 

Informasi terkait cara kuliah di Jerman di atas bisa Anda pelajari. Sebelum mendaftar, sebaiknya pastikan Anda melakukan kursus bahasa Jerman terlebih dahulu di lembaga terpercaya.

Anda bisa melakukannya di English Bridge  untuk mendapatkan pembelajaran terbaik.

×

Choose One Of Our Team Members

English Bridge Prep Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×