Jasa PBN AC.ID Edukasi Android Belajar Trading Buzzer Cekresi Coworking cyber duniagames forex inspirasi investasi kerja komputer kredit kursus marketing motivasi pajak redaksi reksadana saham server service software sosial media umkm update vlog Website yandex nusa penida Terbaru, Ini Cara Kerja Di Jerman Untuk Warga Indonesia
Whatsapp / Hotline : ‎0811 9691 3000

Bagaimana cara kerja di Jerman? Mungkin anda sendiri masih bingung, bagaimana kita bisa kerja di Jerman sedangkan kerja di negeri sendiri saja sudah sulit, bagaimana dengan kerja di negara lain. 

Namun seiring dengan berkembangnya teknologi, tidak ada yang mustahil. Asalkan anda memiliki niat dan strategi yang tepat, impian untuk bekerja di Jerman bisa terwujud.

Saat ini ada banyak orang Indonesia yang memilih untuk kerja di luar negeri. Bahkan banyak diantara orang-orang yang mengandalkan gelar sarjana yang sudah didapatkan.

Nah salah satu negara yang dituju untuk bekerja di luar negeri sendiri adalah Jerman. Dimana negara dengan ibukota Berlin tersebut membuka banyak lowongan kerja untuk warga negara asing yang ingin bekerja.

Bahkan ada banyak warga Indonesia yang sudah bekerja di Jerman. Mulai dari magang hingga menjadi tenaga kerja profesional.

Nah untuk anda yang ingin tahu bagaimana cara kerja di Jerman, silahkan anda simak ulasan artikel ini sampai selesai.

Langkah-Langkahnya

Langkah-Langkahnya

Siapa sih yang tidak mau kerja di luar negeri? Apalagi jika bekerja di negara maju seperti di Jerman, tentu saja saja saya yakin semua orang ingin bekerja di luar negeri.

Seiring dengan berkembangnya zaman dan teknologi, sekarang ini kita bisa bekerja di luar negeri seperti Jerman. Nah untuk anda yang ingin bekerja di Jerman dengan mudah.

Mengecek Jurusan Dan Juga Universitas

Hal pertama yang harus anda persiapkan jika ingin bekerja di Jerman adalah mengecek jurusan dan juga Universitas yang sudah di akui di Jerman.

Tentu saja tidak semua Universitas di akui di Jerman, untuk itu anda harus mengeceknya dengan cara mengakses website Anabin.de.

Jika sudah, langkah awal untuk cara kerja di jerman sudah terlewati. Langkah berikutnya anda harus menerjemahkan ijazah dan juga transkrip nilai itu ke Bahasa Jerman. Dengan terjemahan yang sudah anda miliki, nantinya anda akan tahu bidang kerja apa yang akan anda pilih.

Perlu anda perhatikan bahwa satu ijazah dengan jurusan dan universitas yang sama dapat diterjemahkan ke dalam beberapa bidang pekerjaan yang berbeda.

Sementara visa kerja nantinya bisa diproses apabila pekerjaan yang dilamar sudah sesuai dengan jurusan yang anda miliki.

Melakukan Evaluasi Ijazah

Selanjutnya, setelah proses translate sudah selesai maka langkah berikutnya adalah anda harus menghubungi ZAb untuk melakukan evaluasi ijazah dengan bobot sarjana yang sudah disesuaikan di Jerman.

Proses ini akan membutuhkan legalisir ijazah dan juga transkrip dalam Bahasa Indonesia serta bahasa Jerman.

Selanjutnya anda harus menyiapkan sertifikat BAN-PT saat anda kuliah dan juga formulir pengajuan evaluasi.

Dimana untuk melakukan evaluasi ini dibutuhkan biaya berkisar antara 200 EURO atau jika dalam rupiah adalah Rp 3.4 juta.

Proses ini membutuhkan waktu 3 bulan setelah biaya masuk. Namun karena sekarang sedang ada pandemi, proses evolusi bisa lebih dari 3 bulan lamanya.

Mendaftar Pekerjaan Dan Juga Belajar Bahasa Jerman

Cara kerja di Jerman berikutnya adalah anda harus mendaftar pekerjaan dan juga belajar bahasa Jerman.

Dimana surat keterangan yang anda dapatkan saat melakukan proses evaluasi nantinya dapat anda gunakan untuk mulai melamar kerja di perusahaan Jerman.

Nah karena bekerja di Jerman, tentu saja anda harus memahami bahasa Jerman.

Syarat untuk para pelamar kerja yang ingin bekerja di Jerman sendiri adalah harus mempunyai sertifikat A1 yang akan digunakan untuk memperoleh visa kerja.

Sertifikat kecakapan bahasa Jerman ini nantinya tetap digunakan walaupun anda bekerja di lingkungan yang berbahasa Inggris.

Sebagai catatan tambahan, untuk anda yang melamar pekerjaan tertentu, mulai dari dokter, guru, arsitek, perawat dan sebagainya akan membutuhkan kualifikasi tambahan sendiri.

Hal Yang Harus Anda Ketahui tentang Regulated Profession

Ada satu hal yang harus anda ketahui ketika ingin bekerja di Jerman yakni regulated profession di jerman.

Dimana Untuk anda yang memilih regulated profession akan memakan waktu atau proses yang lebih lama lagi.

Setelah selesai melewati evaluasi nantinya anda harus menghubungi ZAV. nah sebagai informasi tambahan bahwa jika ZAB sendiri merupakan lembaga yang akan mengevaluasi ijazah mahasiswa lulusan dari universitas luar Jerman.

Sedangkan ZAV sendiri merupakan lembaga yang mengevaluasi kualifikasi kelayakan pekerja dari luar Jerman.

Untuk proses evaluasi dari ZAV ini akan memakan waktu mulai dari 1 bulan sampai 4 bulan lamanya

 Setelah anda melewati tahap ini, anda bisa menggunakan surat pernyataan dari ZAV untuk mulai melamar kerja di Jerman.

Bagaimana Jika Jurusan Tidak Tersedia Di Anabin?

Di langkah awal tadi, kita harus mengecek apakah jurusan ada di Jerman atau tidak. 

Nah jika ternyata universitas tidak tercantum atau terdaftar di Anabin, maka anda bisa langsung menghubungi anabin.

Karena bisa saja website dari Anabin belum diupdate, sehingga beberapa jurusan dan juga universitas masih belum tercantum.

Sementara untuk penerjemahan, ijazah harus diterjemahkan melalui penerjemah yang berlisensi dan terdaftar di kedutaan Jerman.

Tips Mendapatkan Pekerjaan 

Tips Mendapatkan Pekerjaan 

Nah jika diatas adalah bagaimana cara kerja di Jerman, berikut dibawah ini sudah saya tuliskan apa saja tips mendapatkan pekerjaan di Jerman agar diterima.

Semakin Besar Kota Tujuan, Semakin Banyak Pilihan Profesi Kerja

Kota yang anda pilih di Jerman tentu saja memiliki pengaruh Di kota-kota besar contohnya seperti Muenchen dan juga Berlin, tentu saja akan ada banyak sekali loker untuk mahasiswa maupun pekerja full time.

Nah untuk anda yang memilih tinggal di kota kecil, tentu saja anda harus bersiap-siap ikat pinggang. Selain peluang lowongan kerja yang sedikit, kota kecil juga akan membuat anda bersaing dengan berbagai penduduk lokal yang juga sedang mencari kerja.

Namun anda juga harus memperhatikan biaya hidup yang dibutuhkan. Dimana jika anda tinggal di kota besar, maka biaya hidup yang anda butuhkan akan semakin besar. Berbeda jika anda tinggal di kota kecil.

Jangan Terlalu Mengandalkan Internet

Selanjutnya, anda jangan terlalu mengandalkan internet. memang kita bisa mendapatkan informasi tentang lowongan kerja di website-website yang ada di internet, namun tentu saja cara seperti itu memerlukan proses yang sangat panjang dan juga ribet.

Nah cara yang paling praktis untuk anda yang ingin mendapatkan kerja dengan cepat di Jerman, cara yang paling mudah adalah dengan mendatangi pusat-pusat keramaian.

Seperti Mall, stasiun kereta api, stadion sepakbola dan juga anda bisa memasuki toko satu per satu di sana.

Karena di pusat keramaian biasa nya akan ada tempelan informasi lowongan kerja.

Dimana cara ini terbukti lebih ampuh untuk anda yang ingin cepat mendapatkan pekerjaan di Jerman.

Kuncinya adalah jangan malu dan gengsi. Karena bisa saja banyak toko yang baru ditinggal pergi oleh karyawannya dan belum sempat membuka lowongan  kerja di internet.

Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Jerman

Tentu saja kita semua setuju jika bahasa merupakan alat komunikasi. Nah untuk anda yang sudah fasih berbahasa Jerman, tentu saja proses interview juga akan berjalan dengan lancar.

Selain itu jika anda memiliki kemampuan berbahasa Jerman yang cukup fasih, tentu saja hubungan dengan rekan kerja juga akan bisa berjalan dengan baik, miskomunikasi bisa dihindari semaksimal mungkin.

Yang paling penting kenapa anda harus meningkatkan kemampuan berbahasa Jerman adalah anda bisa melakukan negosiasi dengan bos. 

Sama seperti yang terjadi di Indonesia, anda bisa melakukan tawar menawar terkait gaji dan pekerjaan dengan bos.

Orang Jerman tentu saja juga akan lebih respect dan juga menghargai kita yang merupakan pendatang jika memiliki kemampuan berbahasa Jerman baik.

Sehingga solusinya jika anda kurang mahir berbahasa Jerman maka bisa mengikuti kelas kursus bahasa Jerman terlebih dahulu di sini.

Menjalin Hubungan Dengan Orang Jerman

Terakhir tips untuk anda yang ingin dengan cepat mendapatkan pekerjaan di Jerman adalah anda harus bisa menjalin hubungan dengan orang Jerman.

Paling tidak anda harus memiliki relasi yang luas dan kuat jika ingin cepat mendapatkan kerja di Jerman.

Sebenarnya tidak hanya di Jerman saja, di Indonesia pun juga begitu. Semakin anda memiliki relasi yang luas maka semakin mudah juga urusan mencari kerja bagi anda. 

Relasi adalah kunci utama mempermudah segala urusan ada di Jerman, termasuk juga urusan mencari kerja.

Terlebih lagi jika anda memiliki kenalan orang dalam di Jerman, semua urusan yang kelihatannya sulit akan mudah anda hadapi dengan kekuatan orang dalam di Jerman. 

Untuk itu, sering-seringlah berkomunikasi dengan siapa saja orang yang anda temui di Jerman.

Mintalah nomornya dan alamat rumah, sering nongkrong untuk cepat mendapatkan kerja di Jerman.

Nah itulah bagaimana sih cara kerja di Jerman, untuk anda yang tidak mau repot-repot mencari lowongan kerja di Jerman, anda bisa menggunakan layanan dari English Bridge  yang siap membantu anda dalam mencari pekerjaan di Jerman.

Bersama Kami, anda tidak perlu repot-repot mencari kerja kesana kemari di Jerman. 

Hal ini karena Kami  sendiri sudah bekerja sama dengan sejumlah perusahaan besar di Jerman.

Sehingga proses masuk atau melamar kerja di Jerman bersama Kami akan lebih mudah.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda yang masih bingung dengan bagaimana sih cara kerja di Jerman dengan mudah.

Yang terpenting adalah anda harus mempersiapkan segala persyaratan administrasi untuk bisa mencari kerja di Jerman seperti ijazah yang diterjemahkan ke bahasa Jerman, VISA dan sebagainya.

Jangan lupa juga untuk belajar bahasa Jerman, karena anda harus memiliki sertifikat A1 jika ingin bekerja di Jerman.

×

Choose One Of Our Team Members

English Bridge Prep Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×