Jasa Backlink AC.ID Edukasi Pelatihan BIM Mudah, Ini Cara Belajar Bahasa Jerman Otodidak Untuk Pemula
Whatsapp / Hotline : ‎0811 9691 3000

Belajar bahasa Jerman tentu menjadi hal yang wajib Anda kuasai jika ingin bekerja dan menuntut ilmu di Jerman.

Karena banyak sekali hal menarik yang akan Anda dapatkan saat tinggal di negara yang sangat maju tersebut.

Tentunya sebelum memutuskan tinggal di Jerman haruslah menguasai bahasanya terlebih dahulu agar tidak mengalami kesulitan setelah tinggal di sana.

Karena bahasa adalah jembatan yang menghubungkan seseorang dengan orang lain di negara asing.

Tips Belajar dengan MudahTips Belajar

Dengan menguasai bahasa Jerman, maka saat tiba di sana pertama kali tidak akan kesulitan saat ingin membeli makanan. Termasuk juga memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari seperti membeli bahan pokok, obat-obatan dan lain sebagainya.

Karena biasanya pedagang tradisional di pasar-pasar tidak dapat menggunakan bahasa asing. Juga ketika bekerja di kantor atau perusahaan yang menggunakan bahasa Jerman saja untuk berkomunikasi. 

Bahkan rapat dengan karyawan, membuat laporan, administrasi dan lain sebagainya. Selain itu menguasai bahasa Jerman dengan baik juga akan memudahkan untuk mendapatkan teman baru. 

Berbaur dengan masyarakat sekitar dan terlibat dalam pergaulan di masyarakat dan lingkungannya.

Itulah sebabnya Anda wajib untuk mempelajarinya jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Agar saat tiba sudah cukup fasih melafalkannya.

Cara belajar bahasa Jerman sebenarnya tidaklah sulit, cukup mempelajari tips di bawah ini agar lebih mudah.

  •     Mencari Motivasi Utama Dalam Berbahasa Jerman

Cara belajar bahasa Jerman yang pertama tentu saja adalah mencari motivasi di balik keinginan mempelajari hal tersebut. Alasan apa yang ada di balik keinginan kuat yang mendasari motivasi tersebut agar menjadi penyemangat yang utama.

Ketika sudah mengetahui alasan utama yang mendasarinya maka akan sangat berpengaruh dalam proses belajar. Percaya atau tidak, ketika motivasi belajar tinggi maka proses belajar akan terasa lebih mudah dan lancar. 

Mungkin ada orang yang motivasinya untuk piawai dalam berbahasa Jerman adalah demi melanjutkan pendidikan. Ada pula yang ingin mencari nafkah di Jerman karena imbalan gaji yang cukup menggiurkan. 

Selain itu ada juga yang hanya ingin berwisata ke Jerman dan berbincang dengan penduduk aslinya. Atau bahkan tertarik dengan kebudayaan Jerman sehingga ingin mempelajari bahasanya.

  •     Mendoktrin Pikiran Bahwa Bahasa Jerman Tidak Sulit

Mungkin banyak orang yang sebelum mulai belajar bahasa Jerman sudah merasa terbebani.

Karena sudah membayangkan bahwa bahasa Jerman tidak mudah untuk Anda kuasai. Sehingga hal tersebut akan menurunkan semangat belajar Anda.

Namun sesungguhnya bahasa Jerman, bahasa adalah termasuk bahasa yang mudah Anda pelajari daripada bahasa lain. Contohnya bahasa Prancis. 

Sehingga agar dapat belajar dengan baik dan menyenangkan maka Anda dapat mendoktrin pikiran sendiri bahwa mempelajari bahasa Jerman itu sangat mudah.

Karena biasanya jika dari awal sudah mengatakan bahwa bahwa belajar bahasa Jerman pemula itu susah.

Maka dalam pelaksanaannya juga akan menjadi susah karena otak sudah terlanjur menerima sugesti yang membuat Anda sulit untuk menguasai diri.

Kenapa bahasa Jerman itu termasuk bahasa yang mudah untuk Anda pelajari. Ini karena tidak menggunakan nada seperti pada bahasa Mandarin. Ketika mempelajari bahasa Mandarin, maka harus benar-benar memperhatikan nada tersebut.

Dalam bahasa Mandarin jika salah mengaplikasikan nada dan intonasi, maka arti dari kata tersebut bisa menjadi berbeda. Sehingga kesalahan nada dalam bahasa Mandarin adalah kesalahan yang sangat fatal.

Kemudian hal lain yang membuat bahasa Jerman termasuk bahasa yang mudah adalah banyaknya huruf yang sama dengan bahasa Inggris. Sehingga saat mempelajarinya akan merasa lebih familiar dengan hurufnya.

Selain itu banyak sekali kata-kata yang ada di dalam bahasa Jerman pengucapannya sama dengan tulisannya. Hal ini tentunya mempermudah untuk menguasai pelafalannya dengan baik.

  •     Menciptakan suasana Jerman di Sekitar Anda

Agar menjadi lebih terbiasa menggunakan bahasa Jerman dengan luwes seperti sungguh-sungguh berada di antara masyarakat asli.

Maka tidak perlu terbang jauh sampai ke negara Jerman hanya untuk belajar dengan suasana aslinya.

Supaya bisa merasakan sensasi berada di lingkungan negara Jerman yang asli, maka bisa dengan mengatur semua perangkat yang akan Anda gunakan.

Seperti gadget, laptop, komputer dan handphone menjadi multi bahasa dan memilih bahasa Jerman.

Cara ini terbukti cukup ampuh untuk menghadirkan nuansa Jerman yang terasa nyata. Sekaligus belajar menghafal kosakata keseharian dalam bahasa Jerman yang lebih aktif dan intensif.

Apalagi jika Anda juga menonton televisi atau film dengan bahasa Jerman sebagai media belajar.

Melihat acara televisi atau drama dalam bahasa Jerman bukan hanya berusaha memahami kosakata dengan baik. Selain itu juga menambah perbendaharaan kata-kata yang akan Anda gunakan untuk berbicara dalam keseharian kelak.

Sementara itu kalau ingin menambah lebih banyak kosakata yang lebih formal dan baku bisa Anda lakukan dengan banyak membaca buku. Atau bisa juga dengan membaca berita lokal dalam bahasa Jerman.

  •     Bergabung Dengan Komunitas Belajar Bahasa Jerman

Mungkin hal ini tidak terpikirkan namun kenyataannya cukup efektif dalam memperlancar pembicaraan.

Menjalin hubungan dengan orang-orang yang sedang giat belajar dan berusaha untuk menguasai bahasa Jerman adalah solusi yang baik.

Karena bisa saling membantu untuk praktek bercakap-cakap dan saling  memberi masukan dalam proses pembelajaran. Bisa belajar dari yang sudah jauh lebih maju progressnya dan bisa membantu yang sedikit lambat kemajuannya.

Lebih bagus lagi kalau bisa mendapatkan teman orang-orang Jerman asli sehingga bisa sungguh-sungguh melatih kemampuan dan keberanian. 

Cara ini sangatlah efektif dan terbukti ampuh untuk praktek setelah menghafalkan kosakata, pelafalan, tata bahasa dan juga berlatih percakapan sendiri.

  •     Menentukan Target Dalam Satu Waktu Tertentu

Sama seperti mempelajari bahasa asing lainnya pastilah tidak mudah karena harus melafalkan aksen dan pengucapannya dengan benar.

Apalagi biasanya tulisan dengan pengucapan bahasa asing tidaklah sama, seperti dalam penulisan bahasa Indonesia.

Sehingga membutuhkan kerja keras dan pembelajaran yang lebih tekun dan intensif agar cepat menguasai. Tidak ada segala sesuatu yang bisa berlangsung dengan instan. Terutama bagi yang belajar bahasa Jerman pemula.

Itulah sebabnya belajar dengan menggunakan target itu sangatlah penting. Terutama jika waktu keberangkatan dengan durasi belajar yang Anda miliki sangatlah pendek. Harus mengatur waktu dengan sebaik-baiknya agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Target yang Anda tentukan bisa dalam bentuk seperti dalam waktu tertentu yang sudah Anda terapkan sudah harus lulus ujian B1 atau C1. Kemudian alangkah baiknya jika Anda juga menetapkan target untuk mendapatkan nilai yang bagus.

Atau bisa juga agar lebih menarik, bisa membuat target dalam durasi waktu tertentu dapat mengerti film berbahasa Jerman misalnya.

Bisa juga Anda ganti dengan lagu berbahasa Jerman yang dapat menambah motivasi dalam belajar.

Hal ini ternyata cukup penting, karena pada kenyataannya saat bekerja atau belajar di Jerman, kemampuan bahasa sangatlah penting.

Terutama untuk memahami percakapan dan dapat berbicara dengan baik sangatlah Anda perlukan.

  •     Banyak Berlatih dengan Berbagai Metode

Memang mempelajari bahasa Jerman tidaklah semudah yang Anda bayangkan, apalagi tulisan dan pengucapannya yang terasa sangat asing. Hal ini membuat beberapa orang merasa kesulitan saat ingin belajar dengan cepat.

Bahkan pada awal-awal mempelajari bahasa ini, banyak orang yang merasa sulit meningkatkan kemajuan belajar.

Namun hal ini sebenarnya terpengaruh oleh faktor kurangnya berlatih saja. Dan terlalu mengandalkan pembelajaran dan pelatihan dari kursus saja.

Agar dapat mengalami kemajuan yang cukup pesat, maka sebaiknya sering berlatih sendiri.

Menggunakan waktu yang ada sebaik mungkin untuk mengulang materi yang sudah Anda dapatkan dari tempat kursus. 

Terutama bagi yang masih dalam tahap belajar bahasa Jerman pemula. Berlatih dengan sungguh-sungguh dan fokus untuk mengejar target sebaik mungkin sangatlah penting untuk penguasaan cepat. 

Mengerjakan berbagai soal-soal latihan  dan menonton berbagai film pendek dalam bahasa Jerman sangatlah tepat.

Dan bisa juga melakukan percakapan sendiri dalam bahasa Jerman akan membuat semakin fasih menguasainya.

Melihat film pendek, mempelajari dialognya kemudian praktek sendiri sambil melihat cermin juga sangat efektif.

  •     Banyak Berlatih dengan Berbagai Macam Aplikasi

Berlatih dengan menggunakan berbagai macam aplikasi juga merupakan langkah yang baik.

Karena di playstore maupun app store sudah tersedia beragam aplikasi  untuk belajar bahasa Jerman. 

Belajar dengan aplikasi ini sangatlah menyenangkan karena terasa seperti sedang bermain game.

Salah satu contoh aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk berlatih adalah aplikasi Erste Schritte in Deutschland. 

Aplikasi besutan Goethe-Institut  ini dapat Anda gunakan untuk belajar bahasa jerman dengan baik. Termasuk mempelajari banyak hal mengenai tinggal dan bekerja di Jerman.

Aplikasi ini hanyalah sebagai contoh saja, masih banyak aplikasi serupa yang dapat dicoba untuk Anda gunakan. Seperti contohnya adalah seperti di bawah ini:

  •         Porolingo

Aplikasi ini dapat digunakan untuk mendengarkan dan berbicara bahasa Jerman dengan baik. Dapat diunduh di Playstore untuk berbahasa Jerman dengan mudah dan efektif. Memiliki 750 dialog perhari dan daftar pelajaran dengan berbagai topik .

Sembari mendengar percakapan asli dari native, bisa menirunya agar mendapatkan aksen yang dengan intonasi dan lafal yang pas. Sehingga aplikasi ini sangat membantu banyak pelajar untuk belajar secara mandiri.

  •         Bravolol

Aplikasi yang masih bisa diunduh di Playstore ini menawarkan banyak kosakata dan ungkapan sehari-hari. Seperti ungkapan terimakasih, berapa banyak, tolong dan lain sebagainya.

Ketika ingin mengetahui ucapan yang tepat dari satu ungkapan anda bisa dengan cara menekannya. Dan akan terdengar ucapan yang benar dari ungkapan tersebut. Sehingga sangat membantu bagi yang ingin cepat-cepat menggunakan bahasa Jerman untuk percakapan dengan benar.

Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi ini ketika saat datang ke Jerman namun belum terlalu fasih. Sehingga tidak kesulitan saat ingin membeli sesuatu di toko, atau naik kendaraan umum.

Sebenarnya masih banyak lagi aplikasi belajar bahasa Jerman yang dapat digunakan di Playstore. Anda tinggal memilih yang sesuai dengan gadget yang anda miliki untuk belajar. Sehingga hasilnya akan bermanfaat mendukung pembelajaran yang sedang dilakukan.

 Langkah Penting Untuk Cepat Menguasai 

 Langkah Penting Untuk Cepat

Belajar bahasa Jerman yang baik tentu saja mempelajari materinya terlebih dahulu kemudian mencoba mempraktekkannya dengan baik. Agar dapat mengikuti langkah-langkahnya dengan benar dan lekas fasih maka bisa mengikuti beberapa tips dibawah ini:

  •     Mempelajari Alphabet Jerman dengan Baik

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk menguasai bahasa Jerman dasar adalah dengan mengucapkan alphabet dengan benar. Cara ini harus dikuasai dengan benar terutama bagi yang belajar bahasa Jerman pemula.

Serunya lagi hampir semua pengucapan bahasa Jerman mirip dengan pengucapan bahasa Indonesia. Namun ada beberapa huruf yang membacanya berbeda seperti contohnya adalah w dibaca vhe, j dibaca yot, q dibaca ku dan lain sebagainya.

Kemudian yang perlu diperhatikan dengan baik adalah dalam alphabet Jerman terdapat 4 huruf tambahan yang tidak terdapat dalam bahasa negara lain. Yaitu ä, ö, ü dan ß. Sekilas terlihat unik dan bikin bingung cara membacanya ya, namun ternyata pengucapannya sangat mudah.

  •     Mempelajari Kosakata yang Digunakan Sehari-hari

Setelah dapat menguasai pengucapan dan pelafalan alphabet dengan baik, maka langkah selanjutnya yang dapat digunakan adalah belajar kosakata.

Dimulai dari mempelajari kosakata dasar dahulu yang fungsinya sangat bermanfaat saat kelak tinggal di Jerman.

Sementara kosakata yang sulit sebaiknya abaikan dahulu di awal-awal pembelajaran karena bisa mengurangi semangat belajar.

Apalagi kosakata yang sulit dihafalkan dan jarang digunakan, karena bisa menghabiskan waktu belajar yang efektif.

Kosakata sederhana tersebut contohnya adalah  Nein yang artinya adalah tidak, kemudian Ja yang artinya ya dan lain sebagainya.

Kemudian kosakata untuk menyapa juga perlu seperti Willkommen yang artinya selamat datang, guten morgen yang artinya selamat pagi dan danke yang berarti terimakasih.

Kosakata ini bisa dipelajari baik dari aplikasi, internet ataupun youtube yang menayangkan film berbahasa Jerman.

  •     Belajar Cara Membentuk Kalimat Dasar

Belajar cara membentuk kalimat dasar tidak kalah penting untuk dipelajari. Karena sangat bermanfaat untuk memahami bagaimana caranya membuat sebuah kalimat. Kaidahnya sendiri cukup mirip dengan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.

Kaidah yang serupa dengan kedua bahasa yang sudah familiar tersebut, mengakibatkan anda tidak akan merasa kesulitan saat memahaminya.

  •   Belajar Dengan Mendengarkan Audio

Kemudian cara ini sangat efektif digunakan untuk lebih cepat menguasai bahasa Jerman. Bahkan juga efektif untuk belajar bahasa asing yang lainnya. Yaitu dengan cara mendengarkan audio karena dirasakan lebih bermanfaat daripada visual.

Karena ketika seseorang mendengarkan audio, akan terdengar lebih jelas pelafalannya. Cara ini bisa dilakukan dengan mendengarkan siaran berita berbahasa Jerman atau dengan melihat podcast Jerman di Youtube.

Langkah ini adalah langkah yang paling efektif dan solusi paling ampuh untuk mempelajari bahasa Jerman dengan cepat.

Apalagi kalau jeda keberangkatan sangat singkat, maka belajar dengan lembaga kursus yang terpercaya adalah yang terbaik.

Biasanya tempat kursus sudah memiliki metode tersendiri yang sangat ampuh untuk membantu siswanya menguasai bahasa dalam waktu yang singkat.

Berbagai metode unggulan dengan tenaga pengajar yang berpengalaman akan membantu para siswa belajar dengan cepat.

Meskipun harus mengeluarkan biaya yang cukup lumayan, namun hasilnya akan jelas terlihat dibandingkan dengan belajar secara mandiri.

Apalagi tempat kursus biasanya memiliki cara yang asyik untuk belajar sehingga tidak membosankan.

Selain itu dengan bergabung di lembaga kursus tidak perlu repot-repot mencari teman atau komunitas. Otomatis  mempunyai teman untuk praktek bercakap-cakap secara langsung, baik dengan teman ataupun dengan guru.

Selain itu kalau ada kesalahan juga ada guru yang akan dengan cepat mengoreksi sehingga tidak berlanjut.

Jadi tidak perlu khawatir untuk mencoba dengan penuh percaya diri saat bercakap-cakap ataupun menulis kalimat.

Karena itulah sangat penting untuk mendapatkan tempat yang mengajarkan belajar bahasa Jerman yang baik dan benar.

Namun jangan khawatir, anda bisa mendaftar ke English Bridge, untuk mendapatkan pengajaran yang intensif dan sesuai dengan keinginan.

×

Choose One Of Our Team Members

English Bridge Prep Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×