Jasa Backlink AC.ID Edukasi Pelatihan BIM Beasiswa S1 Jerman Full, Cara Daftar & Persyaratannya
Whatsapp / Hotline : ‎0811 9691 3000

Beasiswa S1 Jerman Full , Begini Cara Daftar & Persyaratannya – Jerman adalah negara yang bidang ilmu pengetahuan dan teknologinya oke banget, siapa sih yang nggak mau belajar di sana, apalagi belajar gratis.

Namun biasanya organisasi di Jerman jarang menawarkan beasiswa S1 Jerman Full akan tetapi perguruan tinggi Jerman juga menawarkan program beasiswanya sendiri.

Walaupun begitu, perguruan tinggi terus memperluas dan memperbaiki program beasiswa mereka, jadi tidak ada salahnya menanyakan tentang peluang bantuan dana di perguruan tinggi Jerman pilihan kalian siapa tahu peluang untuk mendapatkan beasiswa S1 Jerman full akan kalian dapatkan.

Bagaimana Cara Kuliah di Negara Jerman?

Beasiswa Jerman dapat diterima ketika kalian mengikuti program magister (S2) dan program doktoral (S3), organisasi-organisasi Jerman mengcover semua biaya yang dihabiskan selama menempuh studi disana. 

Jerman memiliki budaya dan musim yang berbeda dengan Indonesia, kalian harus prepare dengan situasi di Jerman. Orang-orang Jerman terbiasa hidup dengan mandiri dan disiplin. 

Program beasiswa S1 Jerman yang disponsori oleh pemerintah Jerman adalah:

DAAD Scholarship (Deutscher Akademischer Austauschdienst) 

Biar kalian lebih paham apa itu beasiswa S1 Jerman DAAD, maka kita baca info selengkapnya:

DAAD atau Dinas Pertukaran Akademis Jerman adalah organisasi gabungan dari institusi pendidikan tinggi dan badan kemahasiswaan Jerman. Tugas DAAD adalah mendukung kerjasama akademis di seluruh dunia, terutama dengan mempromosikan pertukaran para mahasiswa dan para akademisi.

Pusat data beasiswa DAAD adalah sarana yang mudah untuk mencari berbagai jenis beasiswa secara online. Pusat data DAAD tidak hanya menyediakan informasi tentang beasiswa yang ditawarkan DAAD saja tetapi juga beasiswa dari organisasi pemberi beasiswa lainnya.

Apa Sajakah Syarat-Syaratnya?

Sebelum kalian kuliah di perguruan tinggi di Jerman, kalian wajib memiliki kemampuan bahasa Jerman.

Umumnya kalian bisa belajar bahasa Jerman di lembaga belajar bahasa yang terdapat di universitas atau di Goethe-Institut negara asal atau bisa juga dengan cara lainnya yaitu dengan mengikuti kursus Bahasa Jerman.

Persyaratan bahasa untuk kuliah di perguruan tinggi Jerman /bergantung pada pemilihan program studi.

– Untuk program studi internasional diperlukan penguasaan bahasa Inggris

Terdapat lebih dari 1.400 program studi jenjang strata 1 (S1), strata 2 (S2) dan strata 3 (S3 atau doktor) dalam bahasa Inggris. Informasi selengkapnya Kalian bisa mengunjungi website www.daad.de/internationalprogrammes.

– Untuk program studi dalam bahasa Jerman dipersyaratkan bukti penguasaan bahasa Jerman

Terdapat berbagai ujian dan tes yang diakui sebagai bukti penguasaan bahasa Jerman, seperti TestDaF selain kemampuan bahasa calon mahasiswa yang akan kuliah di Jerman harus mengikuti kelas persiapan (foundation) atau program propaedeutic yang disediakan oleh perguruan tinggi Jerman.

Kelas-kelas persiapan ini membantu kalian sebagai calon mahasiswa asing. Kelas-kelas tersebut sering mengenalkan sistem universitas Jerman dan metode penelitian ilmiah.

Contoh lainnya adalah Studienkolleg yaitu kelas persiapan bagi calon mahasiswa strata 1 (S1) yang ijazah kelulusan sekolahnya tidak memiliki kualifikasi masuk perguruan tinggi di Jerman ‘Hochschulzugangsberechtigung’.

Program beasiswa S1 Jerman DAAD adalah sebagai berikut:

Study Visits for Groups of Foreign Students 

Study Visits untuk kelompok min. 10 hingga maks. 15 mahasiswa didampingi oleh satu dosen. Benefit yang kalian peroleh bisa 50 euro per mahasiswa per hari atau sekitar Rp Rp 766.400,- jika dirupiahkan dan biaya mobilisasi lumpsum. Durasinya bisa 7 hari sampai dengan 12 hari.

Study Seminars and Practicals for  Groups of Foreign Students

Studi Seminar dan praktek kelompok ini min. 10 hingga maks. 15 mahasiswa didampingi oleh seorang dosen. Keuntungan yang didapatkan 50 euro per mahasiswa per hari atau sekitar Rp 766.400,- tetapi tidak mendapatkan biaya mobilisasi. Waktunya sama dengan studi visits for Groups of Foreign Students.

– Hochschulsommerkurs-Stipendien für Bachelor- und Masterstudenten aller Fächer an Indonesischen Hochschulen

Program ini untuk bergelar Sarjana (S1) dan Magister (S2) dari jurusan manapun. Mahasiswa sarjana harus menyelesaikan setidaknya dua tahun akademik di awal periode beasiswa.

Besaran beasiswa S1 Jerman yang diberikan DAAD yaitu sekitar 950 euro, pemegang beasiswa dari “Least Developed Countries” menerima beasiswa sebesar 1.125 euro. Indonesia mendapatkan 875 euro pada list travel allowance, apabila dirupiahkan dengan kurs saat ini yaitu sekitar Rp 13.412.000,-.

Apakah kalian masih bingung dan ingin berkonsultasi? Maka ada baiknya kalian mempersiapkannya dengan mengikuti kursus bahasa Jerman terlebih dahulu di English Bridge Prep.

Setelah kalian telah memahami beasiswa S1 Jerman DAAD, semoga kalian berhasil mendaftar dan sukses dalam seleksinya jangan lupa berdoa dan minta restu orang tua dulu dan semoga bermanfaat.

×

Choose One Of Our Team Members

English Bridge Prep Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×