Jasa PBN AC.ID Edukasi Android Belajar Trading Buzzer Cekresi Coworking cyber duniagames forex inspirasi investasi kerja komputer kredit kursus marketing motivasi pajak redaksi reksadana saham server service software sosial media umkm update vlog Website yandex nusa penida Ausbildung Perawat Jerman: Syarat, Gaji & Cara Daftarnya
Whatsapp / Hotline : ‎0811 9691 3000

Ausbildung perawat adalah sekolah kejuruan sekaligus program profesi atau pemagangan sebagai perawat yang telah diakui secara nasional oleh negara Jerman. Sistemnya, kamu akan bersekolah selama 2 hari di sekolah kejuruan.

Sisanya, selama 3 hari selanjutnya akan ada hari dimana kamu bekerja di sebuah rumah sakit dengan tujuan mengasah kemampuan dan meningkatkan keahlian.

Program ausbildung bidang perawat menjadi salah satu yang paling diminati karena Jerman sendiri merupakan negara yang maju dalam fasilitas kesehatan, selain itu lowongan perawat terbuka lebar baik bagi pekerja domestik maupun dari luar negeri.

Apa saja yang dipelajari oleh Peserta ?

Apa saja yang dipelajari oleh peserta Ausbildung Perawat?

Selma program ausbildung berlangsung peserta akan mendapatkan pelatihan sebagai tenaga ahli keperawatan. Dan sebagai seorang perawat tugas utama yang harus dilakukan adalah merawat anak-anak dan orangtua.

Dalam pelatihan perawat sendiri, peserta akan mempelajari mengenai tubuh manusia, melakukan perawatan medis dan juga perawatan klinis, hingga mempelajari tugas organisasi hingga tugas administrasi.

Pelatihan akan berlangsung di sekolah kejuruan dan di rumah sakit atau panti jompo. Di sekolah kejuruan peserta akan belajar teori, sementara di rumah sakit atau di panti jompo akan langsung mempraktekkan teori yang didapat di kelas.

Setelah pelatihan memasuki tahun akhir, peserta akan diberi pilihan apakah ingin lulus sebagai perawat atau melanjutkan bidang spesialisasi perawatan lansia, keperawatan, atau memilih bidan perawatan anak.

Kelak dengan berakhirnya pelatihan, peserta akan dihadapkan pada ujian akhir atau ujian sertifikasi., yang terdiri dari ujian tes tertulis, ujian lisan dan praktek. Setelah dinyatakan lulus, baru akan bisa menjadi spesialis keperawatan yang sudah diakui oleh negara.

Perkiraan Gaji 

Peserta ausbildung perawat akan mendapatkan gaji kotor yang berkisar antara 1100 Euro hingga 1150 Euro atau sekitar 19 hingga 20 juta rupiah setiap bulannya, berlaku selama tahun pertama pelatihan.

Selanjutnya, saat masuk pada tahun kedua pelatihan gaji kotor yang diterima oleh peserta akan naik menjadi 1150 Euro sampai 1200 Euro atau sekitar 20 hingga 21 juta rupiah setiap bulannya.

Pada tahun terakhir atau tahun ketiga pelatihan, peserta akan menerima pendapatan kotor sejumlah 1200 Euro hingga 1300 Euro atau sekitar 21 hingga 22 juta rupiah perbulannya.

Setelah melewati ujian sertifikasi, dan telah diakui sebagai perawat profesional dengan jam kerja full time selama 5 hari , gambaran gaji pekerja full time sebagai perawat di Jerman pada awal karir akan berjumlah 1900 Euro sampai 2100 Euro.

Jika dirupiahkan, jumlah tersebut berkisar antara 32 juta hingga 35 juta rupiah setiap bulannya. Dalam beberapa tahun bekerja akan ada peningkatan pendapatan seiring dengan meningkatnya pengalaman dan kemampuan.

Peningkatan tersebut sejumlah 2500 Euro sampai 2900 Euro per bulan atau sekitar 42 hingga 49 juta rupiah. Nominal tersebut akan bertambah seiring dengan gelar lebih tinggi yang dimiliki perawat. Perkiraan gaji akan mencapai 3500 Euro atau 59 juta perbulannya.

Syarat Mendaftar 

Syarat mendaftar Ausbildung Perawat

Tentu setelah mendengar nominal gaji yang sangat fantastis, banyak orang tertarik untuk mengikuti ausbildung perawat. Untuk itu persiapkan persyaratan dibawah ini:

Syarat pendidikan

Program ausbildung sendiri merupakan program pelatihan profesi yang tidak membutuhkan spesialis profesi tertentu untuk bisa tergabung didalamnya.

Sehingga target dari peserta ausbildung sendiri adalah lulusan SMA/SMK/sederajat.

Namun bagi yang merupakan lulusan diploma atau sarjana dengan jurusan yang relevan, masih bisa mendaftar. Yang terpenting adalah minat untuk belajar dan kesungguhan dalam bekerja yang dimiliki tiap peserta.

Minimal usia

Syarat minimal usia untuk mengikuti ausbildung perawat adalah 18 tahun, usia standar bagi siswa yang baru lulus SMA/SMK. Walau tanpa pengalaman kerja, peserta yang baru lulus SMA/SMK masih bisa mendaftar.

Sementara itu, maksimal usia untuk bisa mengikuti program ausbildung perawat adalah 35 tahun. Bagi yang mengikuti ausbildung dengan usia maksimal biasanya akan diberikan persyaratan pengalaman kerja.

Baca Juga: Kerja di Jepang: Syarat, Gaji dan Cara Mendaftarnya

Nilai akademik

Nilai yang dimaksud disini adalah nilai akademik yang didapatkan peserta melalui tes dari program ausbildung perawat, sehingga untuk bisa mengikuti program ausbildung perawat peserta tidak memiliki basis pengetahuan tentang keperawatan atau berasal dari SMK keperawatan.

Kemampuan bahasa Jerman

Bukan hanya untuk program ausbildung perawat, kemampuan berbahasa Jerman ini dibutuhkan untuk seluruh keperluan imigrasi ke Jerman baik itu belajar, bekerja atau menetap dan bertempat tinggal di Jerman.

Untuk bisa mengikuti program ausbildung perawat, peserta setidaknya harus memiliki kemampuan berbahasa Jerman pada level B1 dan B2. 

Bukan tanpa alasan, dengan kemampuan berbahasa Jerman pada level ini membuktikan bahwa peserta bisa menguasai dan melakukan percakapan pada tingkat lanjutan dan dapat memahami tulisan dalam bahasa Jerman.

Hal tersebut berguna saat kedepannya jika peserta menerima pelajaran baik teori maupun praktek agar lebih mudah dipahami. Akan sangat sulit bagi peserta jika tidak bisa menguasai bahasa Jerman selama periode ausbildung berlangsung.

Mempersiapkan CV terbaik

Sebagaimana melamar pekerjaan pada umumnya, perlu bagi peserta untuk melampirkan curriculum vitae atau daftar riwayat hidup.

Di Dalam CV memuat tentang deskripsi diri, pengalaman, pendidikan, hingga ketertarikan dan kompetensi yang dimiliki peserta.

Motivation letter and recommendation letter

Selain daripada berbagai kemampuan akademiks yang dimiliki peserta, salah satu dokumen yang berperan dalam kelulusan peserta adalah surat motivasi dan surat rekomendasi. Didalamnya memuat mngenai pribadi dan ambisi serta alasan peserta mgiktui program ausbildung perawat.

Selain itu surat rekomendasi juga bisa menjadi perantara untuk menyampaikan testimoni orang lain, bisa atasan, bos atau dosen mengenai kemampuan, pengalaman hingga bagaimana attitude yang peserta miliki selama bekerja atau bersekolah.

Ijazah dan transkrip akademik

Dokumen pendidikan di jenjang sebelumnya diperlukan sebagai bukti kualifikasi bahwa calon peserta memiliki kriteria yang memungkinkan untuk mengikuti program ausbildung perawat.

Sebagai salah satu pertimbangan utama, nilai dalam ijazah dan transkrip nilai berisikan potret kemampuan peserta yang tertuang dalam bentuk angka atau penilaian secara huruf.

Tujuan pelampiran dokumen ini adalah untuk memudahkan pihak rumah sakit atau perusahaan dalam menyeleksi calon peserta untuk diambil peserta dengan kualifikasi terbaik.

Beberapa rumah sakit atau institusi keperawatan lainnya memberi persyaratan lainnya sebagai dokumen tambahan, seperti akta kelahiran sebagai bukti usia peserta mencukupi dan sesuai kriteria.

Ada Pula bukti pengalaman kerja, hingga surat yang menyatakan bahwa peserta terbebas dari penyakit HIV dan AIDS.

Tahapan Setelah Pendaftaran dan Kisaran Biayanya

Tahapan setelah pendaftaran dan biaya Ausbildung Perawat

Setelah mendaftar dan melampirkan berbagai dokumen yang dibutuhkan, peserta tinggal menunggu pengumuman kontrak kerja yang diberikan perusahaan tujuan.

Setelah dinyatakan lulus dan mendapatkan kontrak dari perusahaan, baru proses pengajuan visa dan setelah visa selesai langsung lakukan pemesanan tiket pesawat.

Biaya ausbildung perawat sebenarnya gratis, yang membuatnya mahal adalah biaya perjalanan dan dokumen, seperti biaya tiket keberangkatan ke Jerman, biaya pengajuan dan pembuatan visa, biaya asuransi kesehatan, dan lain sebagainya.

Rekomendasi pendidikan lanjutan 

Beberapa jenjang pendidikan lanjutan yang bisa diambil oleh peserta ausbildung perawat adalah:

Fachkrankenpfleger für Intensivpflege/Anästhesie

Adalah pelatihan lanjutan sebagai perawat spesialis untuk tugas sebagai perawat intensif dan anestesi. Dimana pasien dirawat di tempat unit perawatan intensif dipersiapkan untuk anestesi dan dibantu dalam pelaksanaannya.

Fachkrankenpfleger für Neurologie

Adalah perawat spesialis yang bertugas merawat pasien yang memiliki riwayat penyakit ginjal akut dan kronis, tugas utamanya adalah mendiagnosa dan terapi serta merawat pasien setelah dilakukannya transplantasi ginjal.

Fachkrankenpfleger für Psychiatrie

Adalah perawat spesialis dalam bidang psikiatri yang bertugas merawat pasien dengan riwayat penyakit mental. Ada pula tugas lainnya sebagai asisten dalam tindakan medis terapi dan terapi okupasi.

Fachwirt im Gesundheits- und Sozialwesen

Dalam profesi ini perawat bertugas sebagai spesialis dalam pekerjaan kesehatan dan pekerjaan sosial. Bertugas pula untuk mengembangkan strategi tata kelola perusahaan yang berkelanjutan, juga merencanakan pembiayaan dan akuntansi biaya.

Betriebswirt für Management im Gesundheitswesen

Adalah perawat spesialis yang bertugas sebagai manajer administrasi bisnis yang bekerja pada proyek antarmuka manajemen dan manajemen medis. Tugas lainnya seperti menganalisis persaingan dan memberi dukungan keputusan dalam manajemen.

Studium

Adalah perawat yang telah lulus program ausbildung, karena peserta tersebut memenuhi kualifikasi masuk universitas, maka bisa melanjutkan studi ke jurusan manajemen keperawatan.

Setelah dinyatakan lulus, dilakukan kontrol proses operasional serta pengembangan langkah-langkah dan penawaran untuk institusi milik biang tugas.

Apakah Keuntungan mengikuti Program Ini?

Keuntungan mengikuti Program Ausbildung 

Berbagai keuntungan yang akan diterima peserta ausbildung perawat diantaranya:

Belajar sambil bekerja

Jika biasanya Indonesia atau mayoritas pekerja di seluruh dunia mengharuskan peserta didik untuk menyelesaikan pendidikan terlebih dahulu, setelahnya baru bisa melamar pekerjaan secara praktek.

Dengan mengikuti program ausbildung peserta bisa mengikuti kelas teori selama 2 hari, sekaligus bekerja di institusi keperawatan selama 3 hari berikutnya. Sehingga teori bisa langsung dipraktekkan.

Mendapatkan gaji

Sebagaimana yang telah dijelaskan diatas mengenai gaji dan penghasilan kotor yang didapat peserta ausbildung perawat memiliki gaji dari 20 hingga hampir mencapai 50 juta rupiah.

Jumlah tersebut akan semakin meningkat setiap tahun seiring berkembangnya  pengalaman dan keahlian dari para perawat. Setelah lulus sertifikasi penghasilan akan semakin naik dan tetap.

Memiliki kesempatan melanjutkan studi

Walau sudah bisa bekerja, bukan berarti peserta ausbildung perawat tidak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Justru hal tersebut sangat dianjurkan, karena semakin tinggi tingkat pendidikan maka semakin berkembang pula keahlian yang dimiliki oleh perawat sehingga pendapatan yang diterima akan lebih besar.

Program gratis

Tidak ada baiya yang harus dikeluarkan oleh peserta untuk mengikuti program ausbildung  perawat. Selama peserta dinyatakan memenuhi syarat untuk mengikuti program ausbildung perawat.

Selama 3 tahun pelaksanaan program seluruh akomodasi biasanya ditanggung oleh perusahaan yang menjadi tempat peserta bekerja. Untuk tempat tinggal peserta bisa tinggal di asrama atas mess, dan konsumsi pun sudah ditanggung.

Tersedia waktu libur

Mekanisme work life balance sepertinya memang harus diterapkan diseluruh dunia. Bukan hanya waktu libur weekend, namun juga waktu cuti sehingga hak-hak pekerja pada umumnya juga didapatkan oleh peserta walau bukan pekerja full time.

Total cuti yang bisa didapatkan peserta adalah 24 hari selama satu tahun yang bisa diambil kapan saja dengan keperluan tertentu dan dengan alasan yang mendukung. 

Jika berminat untuk mengikuti Ausbildung di Jerman maka persiapkan dirimu dengan mengikuti kelas kursus bahasa Jerman, segera daftarkan diri kalian di English Bridge dengan mengisi form diatas ini.

×

Choose One Of Our Team Members

English Bridge Prep Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×