Jasa Backlink AC.ID Edukasi Pelatihan BIM Ausbildung Mechatroniker: Syarat, Gaji & Cara Daftarnya
Whatsapp / Hotline : ‎0811 9691 3000

Impian agar dapat bekerja di Jerman sekarang dapat Anda wujudkan. Salah caranya adalah mengikuti program yang bernama Ausbildung Mechatroniker.

Berikut beberapa penjelasan mengenai program ini, mulai dari pengertian, syarat, gaji, dan cara daftarnya. 

Pengertian  

Ausbildung Jerman Ini adalah sebuah program pelatihan yang dibuat oleh pemerintah negara Jerman untuk mendapatkan kompetensi sebagai tenaga ahli di bidang Mekatronika. Di program ini, Anda akan diberikan pengetahuan secara teori di sekolah.

Tidak hanya itu, Anda juga akan melakukan praktik di perusahaan pelatihan. Di tahun pertama, Anda akan fokus mengatur kontrak perusahaan dengan pelanggan. Kemudian, Anda juga akan diajarkan mengenai teknik dasar seperti skema listrik, materi mesin, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Mau Daftar Ausbildung Koch? Ini Syarat dan Gajinya

Di tahun kedua, Anda akan memperdalam wawasan terkait perangkat lunak hingga perangkat keras. Anda juga mulai mengoperasikan mesin ini di bawah pengawasan instruktur. Sedangkan di tahun ketiga, akan mengenal seluruh metode pengujian, diagnosis, hingga pengukuran 

Ini untuk diterapkan pada sistem produksi. Selesainya program ini, diharapkan Anda menjadi seorang tenaga ahli di bidang mekatronik dan mendapatkan ijazah sebagai tanda bukti kemampuan dan kelulusan. 

Syarat serta Dokumen yang Diperlukan

Syarat

Adapun syarat-syarat yang harus Anda penuhi untuk mendaftar di program Ausbildung Mechatroniker  ini adalah mempunyai keinginan yang sangat tinggi terhadap program. Lalu, mempunyai motivasi serta semangat untuk terus belajar dan berkemampuan bahasa Jerman dengan minimal level B2.

Kemudian, setidaknya Anda harus merupakan lulusan SMA/SMK, Diploma, maupun sarjana segala jurusan, mempunyai usia dengan minimal 18 tahun, dan senang untuk mempelajari mata pelajaran yang relevan. Katakanlah seperti bahasa Inggris, fisika, serta matematika.

Selanjutnya, Anda harus mempunyai nilai yang bagus untuk mata pelajaran bahasa Inggris, matematika, serta fisika dalam transkrip nilai ijazah terakhir. Sedangkan untuk dokumen antara lain adalah sertifikat ujian bahasa Jerman dengan level B2.

Setelah itu, Anda juga perlu mempunyai surat motivation letter, CV, serta surat lamaran dengan menggunakan bahasa Jerman. Setelah itu, sertakan juga ijazah pendidikan terakhir beserta transkrip nilai yang juga diterjemahkan dalam bahasa Jerman.

Rincian Gajinya

gaji

Gaji di sini dibagi menjadi 2 jenis. Pertama, untuk gaji ketika Anda menjalani pendidikan Ausbildung, Anda mendapatkan gaji kotor antara 800 sampai 850 Euro setiap bulannya. Gaji ini didapat di tahun pertama pelatihan dengan kurs rupiah 14 sampai 15 jutaan.

Lalu, gaji kotor Anda menjadi 15 juta (850 Euro) sampai 16 juta (900 Euro) untuk tahun kedua. Setelah itu, Anda bisa mendapatkan gaji kotor antara 16 juta hingga 17 juta tiap bulan untuk tahun ketiga. 

Sedangkan, setelah lulus dan menjadi pekerja profesional, Anda akan bekerja 5 hari tiap minggu atau full time. 

Di jangka waktu ini, Anda akan mendapatkan 32 juta (1900 Euro) hingga 35 juta (2100 Euro) sebagai gaji awal karir. Kemudian, beberapa tahun kemudian, Anda bisa mendapatkan 42 juta (2500 Euro) hingga 59 juta (3500 Euro) per bulan. 

Untuk gaji maksimal setelah Anda mengemban pendidikan lebih tinggi dan memiliki pengalaman lebih, ada di kisaran 75 juta (4500 Euro) per bulan. 

Cara Daftarnya

Untuk Anda yang tertarik dengan program ini, langkah pertamanya adalah mulai belajar bahasa Jerman hingga mempunyai sertifikat untuk level B2. Pembelajaran ini dapat Anda lakukan minimal 1 tahun hingga 6 bulan sebelumnya. Setelah mahir, Anda dapat melakukan proses pendaftaran. 

Pada umumnya, perusahaan membuat 1 hingga 2 kali program Ausbildung Mechatroniker ini. Kemudian, pastikan Anda sudah melengkapi syarat-syarat serta dokumen yang wajib ada. Lalu, kirim ke email yang sudah disediakan sebelumnya. Selanjutnya, tunggu proses.

Jika lolos, Anda akan mengikuti tahap wawancara. Di tahap ini, Anda akan ditanya tentang minat serta keyakinan untuk berangkat ke Jerman. Jika lolos, Anda akan mendapatkan surat resmi. Setelahnya, ajukan visa yang dapat dilakukan sendiri di kedutaan Jerman di Indonesia. 

Selama proses pembuatan visa, Anda dapat mencari tiket pesawat serta beberapa akomodasi sementara di Jerman. Ketika visa telah selesai dibuat, Anda dapat langsung berangkat serta mengikuti program ini.

Tugas Selama Pelatihan

Tugas

Tugas pertama dalam pelatihan ini adalah melakukan perbaikan pada mesin serta mengerjakan service. Sistem serta mesin wajib untuk sering diperiksa oleh para insinyur mekatronik. 

Hal ini untuk memastikan operasi yang digunakan oleh pelanggan aman dalam jangka yang panjang dengan mengerjakannya sesingkat mungkin. 

Tugas yang kedua adalah membongkar serta merakit bagian-bagian yang ada di mesin. Insinyur mekatronika bertanggung jawab dalam memisahkan maupun menyatukan sistem serta mesin. 

Di dalam prosesnya, para insinyur tersebut harus melakukan pekerjaan secara tepat. Jika tidak, seluruh teknologi tersebut dapat gagal di dalam keadaan tertentu. Tugas selanjutnya adalah memasang kontrol serta memprogramkan sistem yang rumit. 

Di sini, para Insinyur memiliki tanggung jawab mengatur perangkat lunak operasi pada mesin yang digerakkan robot. Selain itu, ia juga bertugas juga mengatur jaringan agar proses kerja bisa bekerja dengan lancar.

Jenjang Pelatihan Setelah Lulus

Ada 3 jenjang pelatihan yang dapat Anda pilih setelah lulus dari program ini. Pertama, ada Techniker-Mechatronik. Di sini, Anda akan mendapat tugas manajemen perencanaan, dan melatih para trainee yang berada di departemen lain seperti departemen pengembangan, produksi, serta penjualan.

Jenjang kedua adalah Industriemeister-Mechatronik. Pelatihan ini sangat diperlukan jika Anda ingin dipercaya oleh para atasan karena dapat mengemban tanggung jawab yang besar di perusahaan. Contohnya seperti menjadi Industry Supervisor. 

Selain itu, Anda juga bisa mendapat prospek lain seperti mampu membangun bisnis sendiri serta mendidik generasi yang selanjutnya. 

Lalu, untuk yang ketiga adalah Studium di jurusan teknik mesin. Di sini, Anda dapat lanjut dengan masuk kuliah di jurusan teknik mesin. 

Pelatihan ini dapat Anda pilih jika ingin menambah kompetensi untuk mendesain perangkat serta belajar lebih jauh tentang komponen elektronik pada mesin. 

Harapan Setelah Menyelesaikan Program Ini

Harapan setelah Anda berhasil menyelesaikan program ini adalah dapat mencari, mengidentifikasi, hingga membetulkan masalah maupun kecacatan dari kualitas yang ada pada mesin secara sistematis. 

Diharapkan juga Anda dapat membetulkan sistem mesin mekatronika, tanpa menghentikan proses kerjanya. Selain itu, harapan lainnya adalah mampu membuat sirkuit listrik serta sirkuit cair yang sesuai dengan fungsi yang diperlukan oleh pengguna dan melakukan manufaktur subsistem mekanik. 

Anda juga diharapkan mampu mengetahui keamanan serta cara menghindari masalah seperti kecelakaan kerja. Tidak hanya itu, Anda juga harus dapat memeriksa mulai dari panjang, luas, hingga sudut dengan menggunakan alat ukur yang sesuai.

Itulah penjelasan mengenai Ausbildung Mechatroniker, mulai dari pengertian hingga harapan setelah Anda berhasil menyelesaikan program tersebut. Untuk Anda yang ingin daftar di program ini bisa ke English Bridge Prep lewat program Ausbildung ke Jerman. Untuk info lengkapnya, isi form di atas ini. 

×

Choose One Of Our Team Members

English Bridge Prep Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×