Jasa Backlink AC.ID Edukasi Pelatihan BIM Mau Daftar Ausbildung Koch? Ini Gaji & Syaratnya
Whatsapp / Hotline : ‎0811 9691 3000

Untuk Anda yang tertarik untuk terjun di industri kuliner, Ausbildung Koch menjadi salah satu alternatif pilihan yang dapat dicoba.

Di bawah ini merupakan penjelasan lengkapnya, mulai dari pengertian hingga jenjang pendidikan setelah lulus dari program tersebut. 

Pengertian

Ausbildung Koch adalah suatu program pelatihan kejuruan khusus masak di Jerman. Tujuannya untuk mendapatkan gelar profesional maupun tenaga ahli di bidang masak. 

Berkaitan dengan itu, seorang koki wajib memperhatikan berbagai macam kelompok orang yang akan menikmati hasil makanannya. Mulai dari memikirkan para penderita diabetes hingga seorang vegetarian. 

Jadi, selain menu yang memiliki rasa yang enak, seorang koki yang profesional juga wajib dapat menyajikan makanan sehat. 

Nah, selama melaksanakan proses pelatihan ini, Anda akan mendapatkan teori di sekolah kejuruan. Tidak hanya itu, Anda juga mendapatkan pengalaman praktis di perusahaan tempat bekerja.

Dokumen yang diperlukan

Secara umum, tidak ada persyaratan khusus bagi calon peserta Ausbildung Koch. Jadi, siapapun dapat mengikuti program ini. Tentu, para calon program ini harus melewati tahapan proses seleksi serta proses wawancara. 

Namun, ada beberapa syarat umum yang perlu dipahami sebelum mendaftar. Di antaranya adalah memiliki minat di bidang ini, dan minimal berusia 18 tahun. 

Peserta juga perlu mahir dalam bahasa Jerman. Level minimalnya adalah B1 dan untuk itu Anda perlu mengikuti kursus bahasa Jerman.

Setidaknya, ia juga harus merupakan minimal lulus SMA, SMK, serta dapat berasal dari Diploma ataupun Sarjana. Untuk jurusannya sendiri bebas. 

Untuk persyaratan dalam bentuk dokumen, tentu harus menyertakan sertifikat lulus ujian bahasa Jerman dengan level yaitu B1. Siapkan juga CV dan surat lamaran dalam bahasa Jerman. 

Selain itu, dibutuhkan juga ijazah pendidikan terakhir dan transkrip nilai. Keduanya harus diterjemahkan juga ke bahasa tersebut.

Pada langkah ini, tentunya tujuan utama adalah dapat diterima Ausbildung serta sekaligus mendapatkan kontrak Ausbildung. Kontrak ini sangatlah penting karena sebagai syarat dalam melakukan proses pengurusan visa. 

Perkiraan Gajinya

gaji

Gaji selama masih dalam program dan setelah lulus dari program ini akan berbeda. Ketika Anda mulai masuk Ausbildung, gaji pada tahun pertama pelatihan mulai dari 14 juta hingga 15 juta per bulan. Ini setara dengan 800 sampai 850 Euro.

Kemudian, pada selanjutnya, gaji kotornya  naik satu jutaan per bulan. Di tahun ketiga pun demikian, yakni di kisaran 16 juta sampai 17 juta. Di kurs Euro angka ini di kisaran 900 hingga 950 an. 

Nah, setelah Ausbildung selesai dan memilih bekerja sebagai chef profesional, gaji awalnya di kisaran 1900 Euro sampai 2100 Euro. Ini setara dengan 32 hingga 35 juta rupiah. 

Setelah bekerja dalam kurun waktu beberapa tahun gaji bisa naik ke 42 juta sampai 49 juta. Jika Anda menempuh pendidikan lagi yang lebih tinggi, dan berpengalaman secara profesional setelah beberapa tahun, gajinya bisa di kisaran angka 3100 Euro. 

Tugas-Tugasnya

Setelah Anda mengetahui definisi, syarat, beserta gaji, berikut ini 5 tugas yang perlu dipelajari selama pelatihan berlangsung.

Yang pertama adalah Speisepläne erstellen, yakni menyiapkan beragam menu yang harus tepat dan sesuai dengan permintaan dari pelanggan khusus. 

Tigas kedua adalah zutaten einkaufen. Di sini, Anda perlu mengetahui dan membeli berbagai bahan makanan yang akan dibutuhkan. 

Selanjutnya zutaten lagern, yakni menjadi juru masak yang wajib memahami bagaimana serta dimana bahan makanan itu disimpan. Tugas selanjutnya adalah gerichte zubereiten, yaitu menyiapkan peralatan untuk memasak 

Selain itu, ada juga tugas menyiapkan semua hidangan. Pada umumnya, di dapur yang besar, koki akan lebih fokus pada menyiapkan bahan-bahan makanan. 

Sedangkan karyawan yang lain membantu untuk mengurus dan menyiapkan seluruh alat masak untuk memudahkan pekerjaan para chef.  Tugas kelima yakni speisen Anrichten atau menyediakan hidangan makanan yang menarik. 

Yang terakhir adalah Arbeitsablaufplan erstellen und Personal beaufsichtigen, yakni membuat seluruh rencana proses kerja, memantau, merencanakan penempatan posisi para staf, serta membimbing karyawan bawah.

Prospek Lulusannya

Prospek Lulusannya

Sebagai seorang yang nantinya akan menjadi juru masak profesional, para peserta yang menjalani program Ausbildung Koch tentu akan bekerja di dapur restoran. Selain itu, lulusan program ini juga bisa bekerja di rumah sakit, hotel, hingga kapal pesiar. 

Tidak hanya itu, para peserta juga dapat bekerja di perusahaan katering makanan atau industri makanan yang lain, hingga menjadi seorang pengusaha bisnis kuliner. 

Jenjang Pendidikan Setelah Lulus

Ada 6 jenjang pendidikan yang dapat Anda pilih. Pertama adalah jenjang Küchenmeister. Orang-orang yang mendapat pelatihan lanjut sebagai master ini akan mempunyai tanggung jawab yang besar, seperti merencanakan menu, mengatur proses kerja yang ada di dapur, dan melatih pemagang.

Jenjang selanjutnya adalah Lebensmitteltechnik. Teknisi makanan ini akan bertanggung jawab dalam kegiatan perencanaan, pemantauan, hingga peningkatan kegiatan produksi. 

Jenjang yang ketiga yakni Diätkoch. Koki diet ini selalu akrab dengan persiapan makanan diet untuk orang-orang yang tidak dapat makan makanan tertentu. 

Pada jenjang ke empat ada Betriebswirt. Pendidikan lanjutan ini ada 2 jenis yaitu ekonom bisnis untuk katering serta katering yang dilatih dalam manajemen bisnis di industri restoran dan hotel.

Untuk yang kelima, ada Gastronom. Jenjang ini bertujuan agar Anda dapat melakukan pengaturan serta pengawasan terhadap alur kerja di restoran serta hotel.

Sedangkan yang keenam yaitu Selbstständigkeit yang mempelajari pengetahuan bisnis agar dapat memulai bisnis restoran sendiri. 

Demikianlah penjelasan mengenai Ausbildung Koch di berbagai aspeknya.

Jika ingin mendaftar, Anda bisa melakukannya melalui English Bridge Prep melalui program Ausbildung Jerman.

Untuk informasi lengkap, silahkan isi data di atas form ini.

×

Choose One Of Our Team Members

English Bridge Prep Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×