Jasa Backlink AC.ID Edukasi Pelatihan BIM Mau Daftar Program Aupair Jerman? Ketahui Syarat & Prosedur
Whatsapp / Hotline : ‎0811 9691 3000

Untuk Anda yang ingin memperdalam bahasa serta budaya yang ada di negara Jerman dapat mengikuti program Aupair Jerman.

Selain bahasa dan budaya, Anda juga berkesempatan jalan-jalan di negara tersebut. 

Dalam program ini Anda berkesempatan tinggal disana selama jangka waktu tertentu tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Namun, Anda juga harus melakukan tugas sebagai aupair di rumah keluarga yang menampung. Di bawah ini adalah penjelasan lengkap dari program ini. 

Apa Itu Aupair ?

Apa Itu Aupair ?

Program Aupair Jerman merupakan sebuah program pertukaran internasional yang diberikan oleh negara Jerman.

Pemerintah Jerman memberikan kesempatan ini untuk generasi muda semua negara. Rata-rata yang ikut program ini mulai umur 18 tahun hingga 26 tahun. 

Untuk sejarah dari Aupair sendiri dimulai kurang lebih dari tahun 1970 an. Ketika itu ekonomi di negara bagian barat maju sangat cepat.

Ada banyak anak muda yang ingin merasakan hidup di negara yang diminati tapi terkendala dengan biaya. Jadi, didirikan program yang bernama Aupair ini. 

Anda yang berminat ikut program Aupair Jerman ini akan memperdalam bahasa serta budaya di Jerman secara langsung.

Caranya, Anda tinggal bersama keluarga orang Jerman selama kurang lebih 1 tahun. Selain mempelajari budaya, tujuan dari program adalah mendapatkan jaringan internasional.

Seseorang yang ikut Aupair akan dianggap sebagai bagian anggota dari keluarga asuh atau hostfam.

Namun, Aupair harus menunjukkan usahanya supaya dapat dekat dan dipercaya terlebih dahulu seperti melakukan beberapa pendekatan, sikap yang baik, serta melakukan tugas dengan baik.  

Syarat dan Dokumen yang Perlu Disiapkan

Sebelum memulai program Aupair ini, Anda harus melengkapi beberapa persyaratan Aupair serta dokumen yang diwajibkan agar proses pendaftaran berjalan lancar.

Untuk persyaratan diantaranya mempunyai kemampuan berbahasa Jerman dengan tingkat mencapai A1 atau A2. 

Syarat selanjutnya adalah batas umur maksimal 26 tahun, belum sama sekali menikah, betah dengan anak serta memiliki sifat yang ramah pada anak. 

Syarat yang lain adalah memiliki mental dan keinginan yang kuat untuk belajar bahasa, budaya, serta pola pikir orang-orang yang ada di Jerman.

Sedangkan untuk dokumen yang harus Anda siapkan jauh hari adalah sertifikat telah Lulus Ujian berbahasa Jerman dengan tingkat sudah mencapai A2.

Sertifikat ini harus dikeluarkan oleh Institut Goethe. Dokumen berikutnya yakni surat Motivation Letter yang wajib berbahasa Jerman.

Dokumen lainnya adalah surat lamaran dengan menggunakan bahasa Jerman serta ijazah pendidikan terakhir dan transkrip nilai.

Untuk ijazah terakhir dan transkrip nilai harus diterjemahkan terlebih dahulu ke dalam bahasa Jerman oleh Penerjemah terpercaya yang sudah disumpah.

Perkiraan Gaji yang Diperoleh 

gaji

Pemerintah Jerman sudah membuat peraturan khusus mengenai gaji Aupair ini. Jadi, setiap keluarga yang membutuhkan seorang Aupair wajib memberikan gaji setiap satu bulan.

Minimal jumlah gajinya harus sebanyak 260 Euro atau kurang lebih sebesar 4 jutaan di tahun 2022 ini. 

Gaji Aupair Jerman yang Anda terima ini merupakan gaji bersih. Artinya, biaya sewa rumah, makanan, hingga akomodasi telah ditanggung oleh pihak keluarga yang membutuhkan Aupair.

Jadi, gaji yang Anda terima ini digunakan untuk menikmati hidup di negara Jerman atau di simpan.

Selain mendapatkan gaji untuk uang saku, Anda juga mendapatkan asuransi kesehatan setiap bulannya.

Jadi, kebutuhan sehari-hari Anda sudah terjamin. Tidak hanya itu, Anda bisa mendapatkan uang tambahan jika membantu pekerjaan rumah dengan melakukan kesepakatan terlebih dahulu.

Namun, perlu diketahui, jika Anda sebagai Aupair sangat dilarang untuk bekerja baik paruh waktu maupun penuh waktu karena tidak mendapat izin dari pemerintah Jerman. Jika Anda keras kepala, nama akan di blacklist.

Tips Mendaftarnya

Ada beragam tips yang perlu Anda ingat ketika sudah mantap mengikuti program Aupair Jerman ini.

Tips yang pertama adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai Aupair Jerman ini. Di antaranya seperti sistem kerja, cara daftar, biaya yang dikeluarkan, serta manfaatnya. 

Tips berikutnya yakni siapkan mental dan yakinkan diri jika program ini adalah pilihan yang tepat bagi Anda.

Anda dapat menyakinkan diri dengan bergaul bergaul dengan teman-teman yang mempunyai visi serta misi yang sama supaya dapat saling menguatkan dan memotivasi. 

Tips yang ketiga adalah minta izin orang tua atau wali. Bagaimanapun, izin orang tua maupun wali sangatlah penting untuk kelancaran program yang Anda ikuti. Yakinkan dahulu orang tua atau wali Anda dengan baik.

Jabarkan hasil riset Anda sebelumnya tentang manfaat yang akan diterima jika mengikuti program supaya orang tua atau wali tidak ragu memberikan izin.

Tips lainnya adalah bawa uang yang cukup. Hal ini untuk berjaga-jaga jika dibutuhkan sewaktu-waktu. 

Prosedur-Prosedurnya

Prosedur

Ada beberapa prosedur yang harus Anda lakukan untuk menjadi Aupair Jerman. Langkah pertama adalah mendaftar di situs penyaluran Aupair.

Di situs ini, Anda diharuskan membuat profil serta isi beberapa biodata dengan data yang benar. Lalu, cari calon keluarga asuh yang sesuai. 

Di tahap ini, Anda akan melakukan wawancara dengan calon keluarga asuh. Ini bertujuan untuk memperkenalkan diri satu sama lain dan memperkenalkan calon anak yang akan Anda asuh.

Selain itu, Anda juga bertanya seputar tugas-tugas yang akan dilakukan selama di sana. 

Langkah ketiga adalah mengambil kursus bahasa Jerman. Jika Anda berhasil membuat kesepakatan dengan calon keluarga asuh, maka dapat memulai belajar bahasa Jerman dan membuat paspor. 

Langkah selanjutnya adalah melakukan ujian A1 agar mendapat sertifikat bahasa Jerman level A1.

Langkah kelima adalah mempersiapkan beberapa hal untuk apply visa seperti membuat CV serta motivation letter.

Untuk langkah keenam adalah membuat asuransi perjalanan, apply visa, serta menunggu visa disetujui. Jika visa berhasil disetujui, Anda dapat membeli tiket perjalanan untuk berangkat. 

Hak dan Kewajiban 

Anda dan calon keluarga asuh akan mengisi kontrak tertulis sebelum program ini dijalankan.

Isi kontrak ini akan mencakup hak serta kewajiban dari Aupair. Untuk hak yaitu mendapat jatah makan sebanyak 3 kali sehari, mendapat kamar sendiri, dan mendapat informasi keluarga asuh secara detail. 

Hak selanjutnya yaitu mendapat asuransi khususnya asuransi kesehatan yang dibayarkan oleh keluarga asuh, mendapat hari libur dan kursus bahasa Jerman, serta mendapat uang saku tiap bulan. 

Tidak hanya itu, hak berikutnya adalah Anda dapat mengajukan tuntutan jika ada hal-hal yang tidak diinginkan supaya keluarga asuh tidak melakukan sesuatu yang sewenang-wenang. 

Sedangkan untuk kewajibannya yaitu mengerjakan tugas di jam serta hari yang sudah disepakati dahulu.

Kewajiban yang lainnya adalah, Anda akan bekerja sebanyak 30 jam dalam tiap minggunya atau total selama 6 jam per hari. 

Kewajiban berikutnya yakni membantu mengurus anak. Salah satunya seperti menyiapkan makanan, mengajarkan bahasa Inggris, serta mengantarnya ke sekolah. 

Pekerjaan ini harus sesuai dengan kesepakatan. Kewajiban yang lain adalah mematuhi aturan yang ada di rumah.

Keuntungan Jika Mengikuti Program Ini

Ada 3 keuntungan yang Anda dapatkan jika mengikuti program Aupair ini. Keuntungan pertama yakni dapat berangkat ke negara Jerman dengan menggunakan biaya yang murah. 

Biaya yang harus Anda keluarkan hanya biaya mengurus paspor, visa, sertifikat level A1, serta membeli tiket pesawat. Bila beruntung, keluarga asuh Anda yang akan menanggung biaya untuk tiket pesawat. 

Lalu, keuntungan yang kedua adalah dapat menapaki karir di Jerman. Kesempatan akan terbuka lebar jika Anda sudah lulus menjadi Aupair. 

Ada banyak program yang dapat Anda ikuti setelah lulus. Di antaranya adalah FSJ Jerman atau relawan, kursus bahasa, hingga Ausbildung Jerman.

Ini karena Anda telah memiliki kualifikasi yang layak untuk bekerja secara penuh waktu di Jerman. 

Kemudian, keuntungan ketiga adalah dapat melanjutkan kuliah, baik S1 maupun S2 di bidang yang Anda kuasai. 

Selain 3 keuntungan tersebut, Anda juga akan mendapatkan tempat untuk tinggal dengan nyaman dan aman. 

Hal ini adalah sesuatu aturan wajib yang harus diikuti. Jadi, Anda tidak perlu memikirkan biaya untuk sewa rumah. Anda juga akan mendapatkan makanan yang dijamin oleh keluarga yang membutuhkan aupair.  

Tugas dan Kewajiban

Tugas dan Kewajiban

Adapun tugas serta kewajiban yang harus dilakukan oleh Anda yang mengikuti Aupair Jerman adalah mengerjakan tugas rumah di jam serta hari yang sebelumnya sudah disepakati bersama. 

Tugas berikutnya adalah membantu mengurus anak seperti menyiapkan sarapan hingga menidurkan anak.

Selain itu, Anda juga ditugasi mengganti popok, membangunkan anak, menyiapkan pakaian, mengantar anak ke sekolah, menjaga anak ketika bermain, serta memastikan jam istirahat mereka.

Tugas selanjutnya adalah, Anda harus mematuhi semua aturan yang di rumah keluarga asuh.

Peraturan tersebut umumnya antara lain menjaga kebersihan rumah hingga tidak pulang terlalu malam.

Sedangkan hal yang bukan menjadi kewajiban Anda adalah menyiapkan makanan serta camilan untuk orang tua, membersihkan rumah, dan melakukan pekerjaan rumah lainnya.

Tidak hanya itu, hal yang bukan kewajiban Anda berikutnya adalah menjaga dan merawat hewan peliharaan keluarga asuh serta mengganti beberapa biaya rugi ketika ada kerusakan di rumah. Ketentuan ini harus benar-benar Anda pahami dengan baik sebelumnya.

Apakah Ada Resiko Mengikuti Program Ini?

Meskipun banyak keluarga asuh yang menganggap Aupair sebagai anak, tapi ada sebagian keluarga asuh yang sengaja menyalahgunakan kontrak kerja.

Salah satu hal yang selalu terjadi yakni tuan rumah akan memerintahkan Aupair untuk bekerja seperti pembantu rumah tangga.

Oleh karena itu, sebelum mendaftar, pastikan Anda mendapat informasi sebanyak-banyaknya demi mendapat agen yang legal dan memberikan jaminan keamanan. 

Program Setelah Anda Menyelesaikannya

Setelah berhasil lulus program Aupair Jerman, Anda dapat memilih salah satu program lanjutan jika masih ingin tinggal di Jerman. 

Pilihan program yang pertama adalah FSJ atau relawan. Salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah memperpanjang visa agar Anda tidak perlu pulang ke Indonesia terlebih dahulu. 

Program  yang kedua adalah Ausbildung. Ausbildung ini adalah pelatihan profesional yang memadukan teori serta praktik. 

Untuk mengikuti program ini ada syaratnya, salah satunya adalah kemampuan bahasa Jerman sudah level B1 hingga B2.

Jadi, pastikan kemampuan bahasa Anda sudah meningkat setelah selesai menjalani program Aupair ini.

Kemudian, program yang ketiga adalah Propädeutikum. Propädeutikum adalah kelas persiapan khusus selama 3 bulan. 

Program ini untuk para calon mahasiswa asing sebelum mereka masuk ke perguruan tinggi agar lebih siap.

Pastikan kemampuan bahasa Jerman Anda sudah mencapai level minimal B2 jika ingin mengikutinya. 

Selanjutnya, ada juga pilihan program Anerkennung. Anerkennung adalah proses penyetaraan ijazah agar dapat bekerja di Jerman di bidang yang sama. Jadi, Anda tidak perlu kuliah lagi.

Salah satu persyaratannya adalah kemampuan bahasa Jerman Anda sudah mencapai tingkat minimal B2., dimana Anda dapat mengikuti kursus bahasa Jerman di sini.

Jadi, program Aupair Jerman ini akan memberikan banyak manfaat. Selain mendapat pengalaman dan uang saku, Anda bisa menikmati hidup di jerman dan mempersiapkan program lanjutan.

Jika Anda berminat untuk mengikuti program ini, silahkan mendaftar melalui Kami di English Bridge Prep dengan mengisi form di atas ini. 

×

Choose One Of Our Team Members

English Bridge Prep Would Like To Understand How We Could Help You As Best We Could

×